Ideologi Adalah

Diposting pada

Halo sobat pengajar.co.id kali ini kita ingin membagikan artikel loh tentang apa? yaitu tentang Ideologi! Langsung Saja kita simak Dibawah ini ya.

Ideologi Adalah


Pengertian Ideologi Adalah

Ideologi adalah sebuah dari ide-ide dasar, gagasan, keyakinan serta kepercayaan bersifat  sistematis sesuai dengan arah serta tujuan yang mau digapai dalam kehidupan nasional sebuah bangsa dan negara.

Ada yang berpendapat ideologi adalah visi yang komprehensif, sebagai cara pandang pada semua hal secara umum serta beberapa arah filosofi yang ditujukan pada kelas dominan pada semua anggota masyarakat.


Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

1. Francis Bacon

Francis Bacon Berpendapat Ideologi adalah proses pemikiran mendasar dari sebuah konsep hidup.

2. Alfian

Alfian Berpendapat Ideologi adalah sudut pandang atau sistem dalam menilai semuanya secara terperinci tentang bagaimana cara yang baik secara moral dikira benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam macam-macam segi dan bidang kehidupan.

3. Gunawan Setiardjo

Gunawan Setiardjo Berpendapat Ideologi adalah kumpulan ide,gagasan serta aqidah ‘aqliyyah (akidah yang sampai lewat proses berpikir) lalu melahirkan aturan-aturan pada kehidupan.

4. C. C. Rodee

C. Rodee Berpendapat Ideologi adalah kumpulan ide yang secara logis berhubungan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi kebebasan untuk institusi.

5. Ali Syariati

Ali Syariati Berpendapat Ideologi adalah sebuah keyakinan dan gagasan yang diikuti oleh sebuah kelompok, sebuah kelas sosial, sebuah bangsa maupun ras tertentu.

Lihat Juga:   √Rantai Makanan

6. Drs. Moerdiono

Drs. Moerdiono Berpendapat Ideologi adalah system ide yang akan mensistematisasikan semua pemikiran tentang  kehidupan serta melengkapinya dengan sarana, kebijakan dan strategi yang tujuannya menyesuaikan keadaan nyata pada nilai-nilai yang ada dalam filsafat yang menjadi induknya.


Jenis-jenis Ideologi

1. Ideologi Kapitalisme

Kapitalisme adalah kebebasan individu untuk melaksanakan akumulasi kapital individual. Dalam ideologi tersebut, negara tak diperbolehkan untuk ikut campur dalam usaha memperkaya diri yang dikerjakan oleh seseorang.

2. Ideologi Liberalisme

Liberalisme adalah kebebasan individu serta menjunjung tinggi kesetaraan di dalam masyarakat sebuah negara. Hak-hak dasar setiap orang wajib dilindungi oleh negara.

3. Ideologi Marxisme

Ideologi Marxisme adalah hasil pemikiran dari Karl Marx. Karl Marx menyusun sebuah teori besar yang berhubungan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.

4. Ideologi Sosialisme

Sosialisme  adalah sebuah system kesetaraan sosial pada posisi pemerintah mempunyai peran utama mengatur individu. Dalam ideologi sosialisme, tak ada yang namanya pengakuan hak milik pribadi.

5. Ideologi Nasionalisme

Nasionalisme adalah kesadaran serta semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditujukan lewat sikap individu dan masyarakat.

6. Ideologi Feminisme

Feminisme adalah perjuangan kesetaraan hak dan tanggungjawab untuk perempuan dalam politik, ekonomi, budaya, ruang pribadi serta ruang publik.


Fungsi Ideologi

  1. Sebagai pemandu tindakan sosial individu pada masyarakat.
  2. Sebagai sumber inspirasi norma serta nilai sosial.
  3. Sebagai panduan untuk individu dalam menemukan identitas dirinya.
  4. Memberikan motivasi untuk individu dalam meraih tujuan hidupnya.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Ideologi Tetap baca terus ya artikel dari pengajar.co.id terima kasih guys