√Jurnal Pembalik Adalah

Diposting pada

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang √Jurnal Pembalik Adalah Berikut Adalah pembahasannya:


√ Jurnal Pembalik : Pengerian, Fungsi, Tujuan dan Cara Membuatnya


Pengertian Jurnal Pembalik

Pengertian Jurnal Pembalik (Reversing Entry) adalah dimana jurnal tersebut yang akan dilakukan membalik jurnal penyesuaian.pada tahap ini Dilakukan pada awal periode. Setelah penutupan buku besar serta akan membuat neraca saldo setelah penutupan di periode pada sebelumnya.

Sebelum memulai pencatatan suatu transaksi pada periode akuntansi yang baru ataupun tahun buku baru dimana terkadang perusahaan butuh untuk dapat menyesuaikan lagi rekening akun akun yang sudah dibuat jurnal penyesuaian tersebut.

Dan ayat jurnal yang akan diperlukan untuk melakukan hal tersebut adalah ” Jurnal Pembalik “

Bisa kita dapat artikan jurnal pembalik merupakan ayat jurnal yang akan disusun saat awal periode akuntansi yang baru untuk dapat membalik suatu akun jurnal penyesuaian tertentu.

Tidak seluruh jurnal penyesuaian juga perlu di buatkan jurnal pembalik tersebut.

Ayat jurnal ini banyak dibutuhkan agar tidak akan terhindar dari kesalahan pencatatan ketika awal periode akuntansi yang baru.


Fungsi Jurnal Pembalik

Adapun fungsi jurnal pembalik atau tujuan dibuat jurnal pembalik antara lain untuk yakni :

  1. Dapat Mempermudah pencatatan transaksi pada awal periode akuntansi yang baru, terutama yang akan berhubungan dengan ayat jurnal penyesuaian.
  2. Menyederhanakan penyusunan jurnal pada periode akuntansi pada berikutnya. jurnal pembalik ini uga dapat memberikan manfaat bila perusahaan membuat ayat jurnal yang diamana jumlahnya banyak.
  3. Meminimalisir kesalahan maupu sajan kekeliruan yang mungkin bisa terjadi, seperti cara menghindari pengakuan biaya maupun pendapatan yang double karena penyusunan ayat jurnal penyesuaian. untuk dapat transaksi yang akrual ataupun juga transaksi yang deferral tertentu.
Lihat Juga:   √ Sejarah BPUPKI : Pengertian, Sejarah, Tugas, Tujuan dan Sidang

sekali lagi perlu untuk diingat,SUATU jurnal pembalik TIDAKLAH SUATU KEWAJIBAN !

Tergantung dari sistem pencatatan akuntansi yang telah ditetapkan perusahaan dalam pengakuan harta maupun juga beban maupun kewajiban.


Tujuan penyusunan jurnal pembalik

  1. Dimana Mempermudah pencatatan transaksi diawal periode akuntansi yang baru terutama yang akan berhubungan langsung dengan ayat jurnal penyesuaian tertentu.
  2. Gunanya untuk dapat menghindari kemungkinan dimana akan terjadinya kesalahan pencatatan 2 kali ke dalam akun pada periode pada selanjutnya.
  3. Dapat Mempermudah suatu pengawasan maupun juga konsistensi pencatatan.

Cara Membuat Jurnal Pembalik

Materi lain yang akan berhubungan dengan Akuntansi dimenu yang akan tersedia.Jurnal pembalik merupkan suatu jurnal yang akan dibuat pada awal periode akuntansi untuk membalik jurnal penyesuaian tertentu yang akan dibuat pada periode pada sebelumnya. Jurnal pembalik bukan merupakan jurnal yang sangat harus dibuat oleh suatu perusahaan tertentu.tetapi juga, jurnal ini perlu akan dibuat agar pencatatan dalam periode berikutnya dapat tetap konsisten saat penggunaan rekeningnya.Transaksi-transaksi yang akan terjadi dalam suatu perusahaan yang dimana memerlukan jurnal pembalik antara lain yakni sebagai berikut.
1. Beban yang masih wajib dibayar.
2. Beban yang dibayar di muka apabila beban tersebut pada saat transaksi akan dicatat dalam rekening beban
3. Pendapatan yang masih harus diterima.Pendapatan ini dapat diterima di muka apabila pendapatan tersebut pada saat transaksi akan juga dicatat dalam rekening pendapatan .misalnya:Pada jurnal penyesuaian tentang bunga atas utang Bank yang masih harus dibayar oleh Toko Rejeki sebesar Rp 75.000,00.


Akun Yang Membutuhkan Jurnal Pembalik

Tidak semua akun dalam jurnal penyesuaian membutuhkan jurnal pembalik. Tanda tanda suatu akun jurnal penyesuaian membutuhkan jurnal pembalik adalah apabila suatu akun jurnal penyesuaian memunculkan akun riil yang baru atau belum terlihat di neraca saldo. Beberapa akun jurnal penyesuaian yang membutuhkan jurnal pembalik antara lain:

Lihat Juga:   Media Komunikasi Adalah

1. Beban yang masih harus dibayar

Beban yang masih harus dikeluarkan/dibayar oleh perusahaan pada akhir periode akuntansi, sehingga beban tersebut masih akan berlanjut pada periode akuntansi berikutnya.

2. Beban yang dibayar di muka (jika tercatat sebagai beban)

Beban dibayar di muka adalah beban yang sudah dibayarkan namun belum dicatat sebagai beban pada periode tersebut. Beban dibayar di muka ini biasanya terjadi jika perusahaan membayar biaya transaksi dari pengeluaran perusahaan untuk periode tertentu.

3. Pendapatan yang masih akan diterima

Pendapatan yang masih akan diterima adalah pendapatan yang sudah terjadi namun karena beberapa alasan belum diakui sebagai pendapatan perusahaan.

4. Pendapatan yang diterima di muka (jika tercatat sebagai pendapatan)

Pendapatan diterima di muka adalah pendapatan yang diterima oleh perusahaan pada awal transaksi yang belum dilakukan kepada pelanggan.

5. Pemakaian atas perlengkapan (bila tercatat sebagai beban)

Perlengkapan yang digunakan secara terus-menerus oleh perusahaan kemudian dicatat sebagai beban dalam ayat jurnal penyesuaian.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Jurnal Pembalik Adalah: Pengerian, Fungsi, Tujuan dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat.