Kompetensi Adalah

Diposting pada

Kali ini pengajar.co.id ingi membahas tentang Kompetensi apa itu? yuk langsung saja simak dibawah:

Kompetensi Adalah


Pengertian Kompetensi Adalah

Secara umum, pengertian kompetensi adalah sebuah kemampuan atau kecakapan yang dipunyai oleh seseorang dalam melakukan sebuah pekerjaan atau tugas terhadap bidang tertentu, sesuai pada jabatan yang diambilnya.

Ada Pendapat lain bilang kompentesi adalah sebuah keterampilan, pengetahuan, sikap dasar, serta nilai yang ada dalam diri seseorang yang tergambar dari kemampuan berpikir serta bertindak secara konsisten. Oleh karena itu kompetensi tak hanya mengenai pengetahuan atau kemampuan seseorang, tapi kemauan melakukan apa yang diketahui sampai mendapatkan hasil.

Secara etimologis kata “kompetensi” diambil dari bahasa Inggris, yakni “competence”  atau “competency” berarti kecakapan, kemampuan, serta wewenang. Sehingga pengertian kompetensi adalah gabungan antara pengetahuan, keterampilan serta atribut kepribadian seseorang sampai meningkatkan kinerjanya serta memberikan kontribusi untuk keberhasilan organisasinya.


Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

1.Stephen Robbin

Menurut Stephen Robbin Kompetensi adalah sebuah kemampuan (ability) seseorang untuk melaksanakan banyak tugas dalam sebuah pekerjaan, dimana kemampuan itu  berfokus pada faktor intelektual dan fisik.

2.Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel

Menurut Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel Kompetensi adalah sebuah ciri-ciri manusia yang berhubungan pada efektivitas performa, yang bisa dilihat dari dia perilaku, cara berpikir, serta gayanya bertindak.

Lihat Juga:   Teks Eksplanasi

3. Sedarmayanti

Menurut Sedarmayanti, pengertian kompetensi adalah sebuah karakteristik yang mendasari seseorang serta berkaitan dengan efektivitas kinerja individu dalam melaksankan pekerjaannya.

4. A.A. Anwar Prabu Mangkunegar

Menurut Mangkunegara, pengertian kompetensi adalah sebuah faktor mendasar yang ada pada seseorang yang mempunyai kemampuan lebih serta membuatnya berbeda terhadap orang lain dengan kemampuan rata-rata.

5. UU No. 13 Tahun 2003

Menurut UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, kompetensi adalah kemampuan yang ada di semua individu yang termasuk aspek pengetahuan, keterampilan, serta sikap kerja yang sesuai terhadap standar yang ditetapkan.


Jenis-jenis dari Kompetensi

1. Kompetensi Dasar (Threshold Competency)

Karakteristik utama yang mesti dimiliki oleh seseorang supaya bisa melakukan tugas-tugas dalam pekerjaannya. Contohnya kemampuan membaca, menulis, dan lain-lain.

2. Kompetensi Pembeda (Differentiating Competency)

Faktor yang membedakan akan individu yang kinerjanya tinggi terhadap individu yang kinerjanya rendah.

3. Personal Competency

Kemampuan individu dalam hal-hal yang berkaitan pada perkembangan kepribadian seseorang.

4. Profesional Competency

Kemampuan individu dalam hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan serta penyelesaian tugas-tugas tertentu dalam pekerjaan.

5. Social Competency

Kemampuan individu dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan serta kepentingan sosial.

6. Kompetensi Intelektual

Perangkat pengetahuan yang dipunyai individu yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaannya.

7. Kompetensi Fisik

Kemampuan fisik individu yang dibutuhkan guna melakukan tugas-tugas dalam pekerjaannya.

8. Kompetensi Pribadi

Perangkat perilaku yang berkaitan dengan kemampuan individu dalam memahami diri, mewujudkan diri, identitas diri, serta transformasi diri.

9. Kompetensi Sosial

Perangkat perilaku tertentu yang jadi dasar pemahaman diri untuk lingkungan sosial.

10. Kompetensi Spiritual

Kemampuan individu dalam memahami, menghayati, serta membagikan kaidah-kaidah keagamaan.


Manfaat Kompetensi

  1. Memperjelas standar kerja serta harapan yang mau digapai oleh perusahaan.
  2. Kompetensi individu bisa dipakai sebagai alat seleksi tenaga kerja yang potensial.
  3. Kecakapan tenaga kerja untuk memaksimalkan produktivitas perusahaan.
  4. Kecakapan atau kompetensi tenaga kerja bisa menjadi dasar dalam mengembangkan sistem remunerasi.
  5. Kompentensi bisa membantu perusahaan untuk bisa beradaptasi pada perubahaan yang terjadi.
  6. Kompetensi bisa memudahkan perusahaan dalam menyatukan perilaku kerja dengan nilai-nilai organisasi.
Lihat Juga:   Metode Penelitian Kualitatif

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id semoga bermanfaat terima kasih