Merchandise : Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, Contoh, Perbedaan Souvenir

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Merchandise, yuk disimak ulasan dibawah ini : Merchandise


Pengertian Merchandise

Merchandise merupakan bentuk media promosi yang berbentuk sebuah produk atau pernak-pernik yang bisa ditemukan di gerai atau toko-toko retail. Dalam produk tersebut biasanya ditampilkan sebuah logo atau merek dari perusahaan yang sedang di promosikan.

Merhadise biasanya dapat dijumpai pada event-event tertentu, khususnya pada event perusahaan. Desain yang terdapat di merchandise berfungsi untuk menyampaikan pesan ke penerimanya dan membantu konsumen atau calon konsumen untuk mengingat produk tersebut.

Jenis merchandise sendiri sifatnya beragam. Mulai itu dari barang pecah belah, kaos, tas, buku catatan serta beberapa barang yang mempunyai kaitan langsung dengan bisnis yang dipromosikan.


Perbedaan Souvenir dan Merchandise

Terdapat 3 perbedaan antara souvenir dan merchandise, yaitu sebagai berikut :

  • Fungsi

Pada umumnya, fungsi merchandise dan souvenir sebenarnya punya banyak persamaan serta manfaat. Adapun fungsi dari keduanya yaitu sebagai marketing produk. Letak perbedaannya yaitu, souvenir lebih bersifat personal daripada merchandise. Karena pembeli souvenir umumnya bisa memilih barang sesuai preferensinya sendiri. Keterikatan emosi konsumen pada barang souvenir jauh lebih besar beberapa orang bahkan saling berkompetisi untuk mengumpulkan souvenir sebanyak mungkin.

  • Perwujudan Barang

Produk souvenir dan merchandise biasanya ditentukan berdasarkan tujuan kegiatan yang dilakukan penyelenggara acara. Namun souvenir tidak terbatas hanya pada acara tertentu, sehingga memiliki perwujudan barang yang jauh lebih beragam. Sebab di setiap tempat atau daerah pasti memiliki souvenir yang berbeda-beda, sedangkan jika kamu menghadiri konser musik, merchandise yang ditawarkan selalu sama meski konser sedang diselenggarakan di Jepang atau China.

  • Uang yang Dikeluarkan

Untuk mendapatkan souvenir memerlukan dana yang jauh lebih besar daripada mendapatkan produk merchandise. Semakin banyak souvenir yang ingin didapatkan atau dikoleksi maka semakin banyak pula budget yang dibutuhkan. Sementara, dana yang dikeluarkan untuk memperoleh merchandise adalah dana masuk ke suatu acara.

Lihat Juga:   Sudut Pandang Adalah

Jenis Jenis Merchandise

Terdapat beragam jenis dan model dari produk merchandise yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jenisnya bisa dalam bentuk kaos, cangkir, jam dinding, jam meja, bolpoin, totebag, payung, flashdisk, kipas, handuk, jaket, topi, mug/gelas, pin, gantungan kunci, buku catatan dan masih banyak lainnya.


Tujuan Merchandise

Adapun tujuan merchandise antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
  3. Untuk menarik perhatian para konsumen dan menjaga kesetiaan konsumen lama
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan saat terjadinya lesu pasar
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  6. Sebagai bentuk citra produk di mata konsumen.
  7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Fungsi Merchandising

Adapun fungsi merchandise antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai sebuah branding atau merek dari suatu perusahaan atau produk / jasa perusahaan tertentu. Misalnya pulpen yang disablon dengan logo perusahaan dan pada saat itu digunakan oleh client, alhasil membuat client ingat kepada perusahaan pemberi pulpen tersebut.
  • Sebagai rasa terima kasih atas kehadiran dalam suatu event tertentu, atau bentuk cendera mata saat client memasuki acara atau undangan dari sebuah perusahaan.
  • Sebagai alat marketing dari satu client ke calon client baru lainnya. Misalnya saat membuat agenda tahunan, agenda tersebut dicetak offset pada logonya atau pada tulisan dan bisa juga pada ringkasan produk supaya bisa mengingatkan client pada jasa atau produk dari perusahaan.
  • Sebagai alat penarik minat supaya banyak yang mampir ke stand pamaran (boot) yang sedang dibuka di pusat keramaian baik itu mall, seminar, pameran dan lain sebagainya.
  • Sebagai ciri khas yang membedakan dengan perusahaan lainnya, pada zaman yang persaingan semakin sulit ini maka suatu perusahaan akan cenderung berbeda, baik itu dalam hal promosi atau pemberian ke dalam benak para konsumen.
Lihat Juga:   Rumah Adat Padang

Contoh Merchandise

Terdapat banyak sekali contoh merchandise pada umumnya, seperti pulpen, notes, mug, kaos dan sebagainya. Namun kebanyakan orang lebih senang mendapatkan merchandise yang berupa produk tertentu, seperti misalnya dibawah ini :

  • Kaos
  • Mug
  • Gantungan kunci
  • Power bank
  • Payung
  • Jam dinding
  • Dan lain-lain

Pada umumnya produk merchandise desain dengan mencantumkan nama atau logo dari perusahaan yang bersangkutan, tampilan nya yang menarik serta memiliki fungsi yang sangat berguna bagi masyarakat. Sebuah merchandise tidak harus bernilai mahal, yang penting merchandise memiliki keunikan dari bentuk yang dihasilkan sehingga akan menjadi daya tarik bagi masyarakat yang menginginkannya.


Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id yang membahas mengenai Merchandise, semoga bisa bermanfaat untuk anda.