√ Karangan Eksposisi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Karangan Eksposisi yang mana mengulas mengenai pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Contoh.Karangan-Eksposisi-Adalah


Pengertian Karangan Eksposisi

Karangan Eksposisi adalah salah satu jenis karangan yang memberikan informasi tentang sesuatu dan disampaikan sejelas mungkin kepada pembaca. Tujuan penulisan karangan eksposisi adalah untuk menyampaikan informasi atau wawasan baru kepada pembaca. Nama lain untuk karangan eksposisi adalah karangan faktual. Hal seperti ini dikarenakan dalam karangan ini dibahasa mengenai sesuatu yang konkret berdasarkan penelitian. Fakta-fakta yang disajikan dalam karangan eksposisi dapat dipertanggung jawabkan.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Berikut dibawah ini merupakan Ciri-ciri teks eksposisi

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  • Berusaha menjelaskan tentang sesuatu
  • Gaya informasi yang mengajak
  • Singkat, Padat, Akurat
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana
  • Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca
  • Gaya bersifat informatif
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi
  • Berusaha menjelaskan sesuatu
  • Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku
  • Fakta juga dipakai sebagai alat konkritasi
  • Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega

Struktur Teks Eksposisi

Berikut dibawah ini tiga struktur teks eksposisi :

  1. Tesis

    Tesis atau dikenal juga sebagai bagian dari pernyataan pendapat adalah bagian dari teks pameran yang berisi pernyataan pendapat dan pendapat penulis yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas. Bagian ini biasanya ditemukan dalam pembukaan teks pameran di awal paragraf.

  2. Argumen

    Argumentasi menjadi salah satu struktur teks presentasi yang berisi alasan untuk memperkuat argumen penulis ketika ia menyetujui atau menolak ide yang disajikan di atas dan menjadi subjek diskusi teks presentasi.

    Pada bagian argumentasi, penulis menulis fakta dan pernyataan yang memperkuat pendapat pribadinya dan yang umumnya menyertakan sumber-sumber ahli dan pakar yang sah dan dapat dipercaya di bidangnya masing-masing.

  3. Penegasan kembali

    Bagian terakhir dari struktur teks pameran adalah pengulangan. Penegasan ini biasanya ditempatkan di akhir teks pada akhir paragraf. Konten menunjukkan bahwa penegasan kembali pernyataan sebelumnya menyerupai kesimpulan sehingga pembaca dapat lebih memahami konten teks.


Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Berikit dibawah ini merupakan jenis-jenis teks eksposisi :

  • Deskripsi
  • Narasi
  • Argumentasi
  • Eksposisi
  • Persuasi.

Tujuan Karangan Eksposisi

Adalah untuk memaparkan atau menjelaskan sesuatu supaya bisa menambah pengetahuan pembaca. Oleh karena itu, topik yang dikembangkan dalam paragraf eksposisi berkaitan dengan penyampaian suatu informasi.


Cara Membuat Karangan Eksposisi

  1. Menentukan temanya
  2. Memilih data pendukung sesuai dengan tema khusus
  3. Membuat kerangka karangan
  4. Mengembangkan kerangka sehingga menjadi karangan yang utuh.

Saat melakukan karangan eksposisi, penulis harus mengetahui detail tentang topik yang akan dibahas dan kemudian membaginya dalam urutan kronologis. Urutan kronologis dalam membuat karangan eksposisi adalah penjelasan tentang proses terjadinya atau masalah yang muncul dalam topok, urutan fungsional, analisis sebab akibat dan analisi perbandingannya.


Contoh Karangan Eksposisi

Berikut dibawah ini 11 contoh karangan eksposisi :

  1. Contoh Karangan Eksposisi Tentang Makanan

Nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia. Makanan ini adalah salah satu makanan paling enak kedua di dunia versi global CNN. Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga dapat ditemukan di mana-mana dengan varian yang berbeda. Proses pembuatan nasi goreng itu sendiri sebenarnya cukup sederhana, proses pembuatannya sebagai berikut.

  • Siapkan sepiring nasi putih, bawang merah dan putih satu siung, sebutir telur, garam dan gula secukupnya, kecap sesuai selera dan siapkan juga mentega atau minyak goring secukupnya.
  • Siapkan juga alat-alat seperti, wajan, piring, kompor, pisau, sendok dan spatula.
  • Potong hingga halus bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu.
  • Panaskan minyak atau mentega dalam wajan di atas api kompor dengan panas yang sedang.
  • Masukan bawang merah dan putih yang sudah di iris halus, lalu tambahkan telur yang sudah disiapkan dengan cara di pecahkan terlebih dahulu. Campur telur dengan bawang merah dan putih dengan menggunakan spatula.
  • Tambahkan bahan lain seperti nasi, garam, gula, dan kecap. Setelah itu, aduk kembali sampai rata dengan spatula.
  • Setelah aroma wangi tercium, matikan api dan pindahkan nasi goreng ke piring.
  • Tiriskan sebentar, dan nasi goreng siap dimakan.

Seiring waktu, bahan dan proses pembuatan nasi goreng menjadi semakin banyak dan lebih rumit. Hasilnya, masih ada lebih banyak varian nasi goreng seperti nasi goring pedas, nasi goring kambing, nasi goring seafood, dan lain-lain. Varian tersebut dapat ditemukan di warung makan atau restoran pinggiran jalan.

  1. Contoh Karangan Eksposisi Tentang Pendidikan

Sudah dari beberapa waktu yang lalu sistem pendidikan di Indonesia berubah dengan signifikan. Perubahan-perubahan ini terkait dengan kurikulum pendidikan yang digunakan sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang berjalan sudah sejak lama digantikan dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum 2016.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa kurikulum 2013 adalah prioritas untuk sekolah terakreditasi atau sekolah yang memenuhi standar internasional.

Salah satu syarat penerapan kurikulum 2013 adalah harus terjangkau melalui distribusi buku. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa kurikulum 2013 lebih terfokus pada pembangunan karakter, sikap, pengetahuan dan keterampilan berlandaskan pendekatan ilmiah.

Kurikulum 2013 juga lebih memfokuskan hubungan pembelajaran dengan rasa syukur kepada Tuhan melalui pengamatan, percobaan atau penciptaan suatu karya.

Musliar Kasim (perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) juga beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih berfokus pada praktik daripada menghafal. Karena sejauh ini, banyak siswa yang dituduh menghafal tetapi merasa ini tidak efektif dalam meningkatkan kreativitas.

Meutia Hatta, anggota Dewan pertimbangan Presiden, menuturkan bahwa kurikulum 2013 bertujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta tanah air dan bangsa.

Kurikulum 2013 mengharuskan siswa untuk memainkan peran aktif dalam proses pembelajaran, sehingga harus membentuk generasi yang berkualitas.

Tetapi ada juga banyak orang yang menolak untuk menerapkan kurikulum tahun 2013. Mereka menganggap kurikulum ini berubah sangat tiba-tiba dan dengan memaksa.

Ada juga yang berpendapat bahwa kurtilas (kurikulum tiga belas) kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang mempunyai sustansi pokok yang sangat berbeda.

Meskipun ini menyederhanakan mata pelajaran, tetapi tingkat pemahaman dan pengetahuan siswa menurun karena materi tidak dipelajari secara keseluruhan tetapi terpisah, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa siswa akan kebingung.

  1. Contoh Karangan Eksposisi Bahasa Sunda

Témpé mangrupikeun salah sahiji kaemaman khas ti indonésia. Témpd dijieun tina ngamanfaatkeun prosés férméntasi dina siki kedelé. Bahan laina nu digunakeun nyaéta ragi atawa Rhizopus oligosporus. Fermentasi kacang kedelé jeung ragi ieu bakal ngahasilkeun témpé.

Ilaharna, prosés nyieun témpé dimimitian ku tahap direbus, mimiti ti ngabersihkeun kulit kedeléna, dikeueum, dibersihkeun, dicampur ku ragi, dibungkus, jeung di fermentasi.

Bungkus anu digunakeun biasana daun cau, tapi henteu jarang diganti ku palastik, daun waru, atawa daun jati. Tahap férméntasi bisa lumangsung dina suhu 20-37 °C salila 18-36 jam.

Prosés nyeiun témpé kawilang gampang, tapi lain hartina moal pernah gagal. Sabab, gagalna nyieun témpé biasana disababkeun ku suhu rohangan anu salah, bahan kedelé jeung kualitas ragina nu kurang alus.

Ayeuna di Indonesia ogé narékahan ngembangkeun Rizopus anu unggul, pikeun ngahasilkeun témpé anu leuwih téréh, kualitas témpé jadi alus, jeung ningkatkeun eusi gizi dina témpé.

  1. Contoh Karangan Eksposisi Buah Naga

Buah naga merupakan tanaman primadona petani di Banyuwangi. Sebagian besar penduduk di Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, menggantungkan hidupnya dari tanaman tersebut. Tapi, kali ini banyak petani merugi, sehingga sebagian petani membuang buah naga miliknya, sebagai bentuk protes harga buah naga yang anjlok.

Kegiatan membuang buah naga itu dilakukannya tidak hanya sekali. Hal ini disebabkan sebagai bentuk protes karena buah naga dari Banyuwangi tidak laku dipasarkan. Pembuangan pertama sebanyak 100 kg dan yang kedua hampir 200 kilogram.

Selain itu, tidak ada pengepul yang datang untuk membeli buah naga yang ditanam oleh warga. Dibandingkan dengan ongkos petik, buah naga seperti tidak memiliki arti dan harga karena ongkos memetik buah naga sebesar Rp75.000,- per orang dan membutuhkan 3 orang. Tentu saja harga buah naga yang anjlok sangat tidak berarti dibandingkan ongkos untuk memetiknya.

Dalam meningkatkan harga jual buah naga yang merupakan penghidupan penduduk Banyuwangi diperlukan metode penjualan yang lebih baik baik lagi. Apabila penduduk menggunakan sistem panen bergilir, hasil panen buah naga tidak akan terlalu melimpah sehingga harga buah naga stabil.

  1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan

Pemanasan global adalah suatu kondisi di mana suhu di Bumi menjadi lebih panas. Adanya pemanasan global menyebabkan berbagai dampak negatif, seperti lapisan ozon menjadi lebih tipis, sehingga sinar ultraviolet dapat menembus langsung ke dalam tanah tanpa halangan. Selain itu, pemanasan global juga menyebabkan kenaikan permukaan laut karena mencairnya es di kutub.

Pemanasan golobal itu sendiri terjadi karena ada banyaknya gas karbondioksida yang terjadi pada atmosfer bumi dan hal itu menjadikan lapisan ozon semakin menipis. Kadar gas karbondioksida yang terdapat di bumi tidak sebanding jumlahnya dengan keseluruhan pohon yang terdapat di bumi. Padahal dengan adanya pohon-pohon tersebut bisa sangat membantu untuk menyerap karbondioksia.

Bukan hanya itu saja, dengan adanya lahan pertanian, perkebunan, idustri tentunya sebagian besar hutan-hutan banyak yang dibuka untuk dijadikan lahan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kenaikan suhu di dunia sangatlah parah. Pemanasan global seperti ini terjadi karena banyaknya jumlah gas karbondioksida yang ada pada atmosfer bumi. Gas karbondioksida berasal dari asap pabrik dan asap dari kendaraan bermotor. Jika kita lihat sekarang, ada banyak sekali pabrik-pabrik yang beroperasi sehingga kadar karbondioksida naik bertambah parah.

Ini berdasarkan pabrik-pabrik yang kita lihat di Negara Indonesia saja, belum lagi yang ada di Negara industri. Di Negara industri tentu saja mempunyai pabrik dengan jemlah yang sangat banyak. Bisa kita bayangkan seberapa banyak karbondioksida yang dihasilkan dari aktifitas-aktifitas tersebut. Negara industri tersebut sudah seharusnya bisa mengatasi karbondioksida yang dikeluarkan berdasarkan aktifitas pabriknya.

Sedangkan hal yang lebih parah lagi adalah hutan di dunia ini yang seharusnya mampu untuk mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak mampu untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Hal ini terjadi karena banyaknya pohon yang ditebang.

Contohnya seperti yang ada di Indonesia pengalihan fungsi hutan yang pada dasarnya berfungsi sebagai hutan lindung berubah fungsi menjadi hutan konservasi. Dengan adanya kegiatan seperti itu sudah pasti menjadikan kondisi bumi semakin buruk.

Pemanasan global yang sedang terjadi di bumi beberapa tahun belakangan ini menjadi semakin parah hal ini terjadi karena semakin banyaknya pabrik yang beroperasi sehingga banyak terjadinya asap dari kendaraan bermotor. Keadaan seperti inilah yang membuat semakin parah karena hutan yang berfungsi untuk mengurangi pemanasan global dengan cara mengurangi emisi gas justru sangat banyak sekali di tebang.

  1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Alam telah rusak dan eksploitasi di Indonesia telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Penambangan paling banyak yang merusak alam. Penambangan tentu saja terkait dengan perusahaan pertambangan dan izin penambangan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini, pemerintah daerah menentukan apakah itu boleh atau tidak lokasi tambang tersebut.

Alam adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Makan, minum, bernafas, dan menyangkut kehidupan kita yang berasal dari alam. Namun, di Indonesia, lingkungan mengalami banyak kerusakan. Kegiatan penambangan adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Kegiatan penambangan dapat dilakukan dengan perusahaan pertambangan dan izin pemerintah daerah. Sebagian besar kasus izin pertambangan dilakukan dengan kongkalikong perusahaan pertambangan dan pejabat daerah. Kongkalikong biasanya terjadi ketika seorang maju untuk pencalonan sebagai kepala daerah. Penunjukan kepala daerah tentu saja akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Perusahaan pertambangan umumnya memberikan bantuan keuangan untuk kampanye, tetapi dengan syarat bahwa, jika calon kepala daerah yang ditunjuk bisa jadi kepala daerah, maka perusahaan harus diizinkan untuk melakukan kegiatan penambangan di daerah yang ditargetkan sebelumnya. Ini tentu bukan lagi rahasia.

Jadi lebih baik memilih kepala daerah yang ramah terhadap alam. Karena di samping itu, karena alam kita akan tetap terjaga, calon kepala daerah  di masa depan tidak akan menerima suap dari beberapa perusahaan pertambangan.

  1. Contoh Teks Eksposisi Berita

Musim hujan akan mencapai puncaknya pada Februari 2016. Namun, ternyata beberapa daerah di Jakarta saat ini dilanda hujan deras. Untuk alasan ini, warga harus selalu siap menghadapi kemungkinan banjir dan genangan air, terutama warga yang berada di lingkungan sungai. Menurut data dari petugas penanggulangan bencana daerah (BPBD) DKI, 134 RW perlu mewaspadai jika terjadi banjir. Wilayah ini tersebar di 34 Kelurahan di Jakarta, yang paling luas terletak di jakarta timur dan Jakarta selatan, seperti Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan kampung Melayu, Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Cawang, Kelurahan Pondok Labu, Kelurahan Rajawati, kelurahan Bukit Duri dan Kelurahan Srengseng Sawah. diketahui bahwa daerah ini tenggelam oleh air hujan dengan ketinggian mencapai 10 – 50 cm selama hujan lebat hari Minggu, 14 Februari 2016.

Kemudian, kondisi seperti ini langsung di respon cepat oleh jajaran (Muspikot) Jakarta Timur. Untuk mengantisipasi puncak musim hujan tahun ini, dilakukan apel siaga banjir Jakarta di tempat parkir PGJ Jatinegara. Muspikot juga mengerahkan setidaknya 347 orang untuk mengatasi banjir dari aparat kepolisian Jakarta Timur, Kodim 0505, Satpol PP Jakarta Timur dan BPDB DKI Jakarta yang juga hadir. Sejumlah peralatan perlengkapan banjir juga ditampilkan di apel. Ada 2 perahu karet, 2 kano, 2 kayak, dan beberapa perahu yang dirakit dengan jerigen dan peralatan pendukung lainnya.

  1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Aksi mogok nasional buruh tidak hanya menimbulkan kerugian pada perusahaan, tetapi juga membuat investor asing tidak nyaman. Beberapa investor bahkan menyatakan akan meninggalkan Indonesia. Dalam wacana dan diskusi, ada investor yang mengeluh dan berniat meninggalkan Indonesia.

Aksi  mogok buruh nasional telah merugikan banyak pihak. Pekerja itu sendiri, pengusaha, investor, pemerintah dan masyarakat, karena situasi yang tidak nyaman. Bagi para pekerja, tindakan yang mereka ambil membuat sejumlah perusahaan gulung tikar. Bagi pemerintah, kerugian yang diderita adalah masalah stabilitas, sehingga investor mungkin merasa trauma.

  1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan

Sirih merah adalah jenis tanaman rumahan yang kerap digunakan masyarakat sebagai obat tradisional. Jenis tanaman ini juga dapat ditanam oleh masyarakat itu sendiri, untuk menyediakan tanaman obat tradisional.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa tanaman ini sering digunakan untuk mengobati diabetes, bisul, kanker dan juga obat-obatan untuk mengatasi masalah ketombe. Selain itu, beberapa wanita menggunakan jenis tanaman ini untuk mengobati keputihan.

Masyarakat biasanya menggunakan sirih merah dengan cara mengambil dan menggunakan daun, kemudian daunnya diolah dengan cara direbus. kemampuan Sirih Merah sebagai tanaman obat tradisional karena mengandung senyawa aktif.

Kandungan polifenol, minyak atsiri, euganol, dll. Dengan demikian, hal tersebut dapat dipahami bahwa Sirih Merah dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit secara tradisional.

  1. Contoh Karangan Eksposisi Ilustrasi

Cengkeh, pohon yang tetap hijau. Sysygium aromaticum (eugenia-carllophulinta), yang berasal dari pulau Maluku. kuncup bunganya yang belum mekar adalah rempahnya yang sangat penting. Selain penggunaan yang paling penting sebagai rempah-rempah, kuncup bunga dalam bentuk puku.

Jika yang sudah kering, cengkeh ini juga digunakan di pulau Jawa sebagai campuran tembakau, terutama setelah 1915 dengan pertumbuhan yang pesat dalam jumlah pembuat rokok kretek di tempat kudus dan juga di tempat-tempat selain itu. Kadang-kadang, setelah ditumbuk, digunakan untuk membumbui kue, itu juga menghasilkan minyak uap yang digunakan sebagai bahan dalam obat-obatan dan parfum.

  1. Contoh Karangan Eksposisi Proses

Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.

Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.

Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari polatempat tinggal, bekerja dan bersekolah. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang mengulas tentang Karangan Eksposisi Adalah : Pengertian, 11 Contoh, Ciri & Jenis semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah waasan anda.

Lihat Juga:   √ Unsur Pembentuk Negara : Pengertian, Pengakuan dan Pemerintahan