Teks Diskusi Adalah

Diposting pada

Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Teks Diskusi Penasaran Guys ? Yuk cek dibawah !

Teks Diskusi Adalah


Pengertian Teks Diskusi Adalah

Teks diskusi adalah teks yang berisi 2 pendapat yang berbeda tentang sebuah isu atau permasalahan tertentu yang menjadi kontroversi pada masyarakat.

Teks diskusi umumnya di temukan di surat kabar atau bisa jadi di media lainnya. Teks Diskusi Dibuat dengan tujuan bisa mencari Solusi Dari permasalahkan Antara Individu dengan Individu Maupun Kelompok dengan Kelompok.


Struktur Teks Diskusi

1. Isu

Isu adalah unsur dalam teks diskusi yang isinya gambaran atau fenomena tentang permasalahan yang mau dibahas dalam kegiatan diskusi.

2. Argumen

Argumen dalam teks diskusi adalah berbagai opini yang ada tentang permasalahan yang dibahas dalam diskusi. Opini itu bisa berupa opini yang menetang atau opini yang mendukung.

3. Simpulan atau saran

Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil ahir, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi tentang permasalahan yang dibahas. Hasil diskusi wajib berisi rekomendasi untuk mencari solusi tentang permasalahan yang terjadi. Rekomendasi yang dihasilkan sebaiknya adalh solusi untuk berbagai pihak.


Jenis-jenis Teks Diskusi

1.Seminar

Seminar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas sebuah masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan banyak sebagainya).

2. Sarasehan

Sarasehan adalah pertemuan yang dilaksanakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli tentang sebuah masalah dalam bidang tertentu.

Lihat Juga:   Suku Dayak

3. Simposium

Simposium adalah pertemuan dengan beberapa pembicara yang mengemukakan pidato singkat mengenai topik tertentu atau mengeenai beberapa aspek dari topik yang sama.

4. Diskusi Panel

Disekusi Panel adalah diskusi yang dilaksanakan oleh sekelompok orang (yang disebut panel) yang membahas sebuah topik yang menjadi hangat di masyarakat, pendengar (radio), atau penonton (siaran televisi), masyarakat diberi kesempatan untuk bertanya maupun memberikan pendapat.

5. Kongres

Kongres adalah pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) guna mendiskusikan serta mengambil keputusan tentang permasalah yang melanda.

6. Muktamar

Muktamar merupakan sebuah konferensi, kongres, rapat perundingan serta pertemuan.

7. Lokakarya

Lokakarya adalah sebuah pertemuan antara para ahli tujuannya untuk membahas masalah dialami atau yang berhubungan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya.


Unsur atau Kaidah Kebahasaan

Berikut adalah beberapa unsur atau kaidah kebahasan dalam Teks Diskusi yaitu:

1. Penggunaan Konjungsi Perlawanan

Konjungsi perlawanan ini memakai kata hubung Contohnya : tetapi, sedangkan, namun, sebaliknya.

2. Penggunaan Kohesi Leksikal serta Kohesi Gramatikal

  • Kohesi leksikal ini adalah kepaduan yang digapai dengan lewat pemilihan kata.
  • Kohesi gramatikal ini adalah kepaduan yang digapai dengan memakai elemen serta juga aturan gramatikal.

3. Penggunaan Modalitas

Modalitas ini adalah sebuah kata yang memiliki atau mempunyai arti kemungkinan, kenyataan, serta  sebagainya yang dipastikan di dalam kalimat. Umumnya dinyatakan dengan kata-kata Contohnya harus, akan, ingin, mungkin.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id semoga bermanfaat