Plakat Adalah

Diposting pada

pengajar.co.id kali ini ingin membagikan artikel tentang Plakat,Apa itu plakat? ayo simak dibawah ini!

Plakat Adalah


Pengertian Plakat Adalah

Plakat adalah suatu tulisan  yang dipasang  biasanya pada tempat umum yaitu kartu kecil, rambu, serta pelang.Plakat sering digantung pada suatu kendaraan dan bangunan bertujuan untuk mengasih informasi terkait kendaraan itu dari isi kendaraan ataupun bangunan itu.


Fungsi Plakat

  1. Biasa dipakai sebagai ucapan ulang tahun.
  2. Biasa dipakai sebagai bentuk ucapan pernikahan.
  3. Biasa dipakai sebagai bentuk ucapan terima kasih.
  4. Biasa dipakai sebagai bentuk piala penghargaan, trofi wisuda serta trofi perlombaan.

Jenis – Jenis Plakat

1. Plakat Akrilik

Plakat Akrilik adalah salah satu kerajinan modern yang banyak disukai oleh konsumen.

Selain karena proses pembuatanya yang mudah, plakat ini mempunyai daya tahan bagus baik pada benturan ataupun cuaca. Harga plakat ini sangat terjangkau serta recomended kalau anda mempunyai dana yang terbatas.

2. Plakat Kayu

Plakat Kayu yaitu sebuah kerajinan yang terbuat dari kayu pilihan untuk menjaga kualitas plakat yang dihasilkan agar lebih awet, kuat dan tahan lama.

Namun disebabkan proses pembuatanya sedikit rumit serta susah dalam pengukiranya ,tak heran kalau harga plakat kayu termasuk mahal.

3. Plakat Fiber

Plakat Fiber adalah sebuah kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan yang diracik lalu dicetak memakai sebuah cetakan yang sesuai dengan apa yang di pesan.

Lihat Juga:   Seni Rupa Murni Adalah

Desain dari Plakat Fiber pula terkesan Kekinian serta dapat dibentuk menjadi miniatur, trophy, ataupun bentuk yang lebih simpel.

Plakat fiber yang berkualitas serta elegan pastinya ditentukan dengan pemilihan bahanya.

4. Plakat Resin

Plakat Resin adalah berbagai kerajinan yang terlihat elegan serta sangat indah, bahan yang jernih tapi tak mirip kaca, sifat bening crystal namun gampang dibentuk.

Proses pembuatan dari plakat resin mirip dengan plakat fiber yakni dengan cara dicetak memakai cetakan yang sudah dipersiapkan.

5. Plakat Logam

Plakat Logam adalah Kerajinan yang bahan-bahanya dari kuningan, almunium, stainlis, serta macam-macam bahan dari logam lainnya.

Biasanya kerajinan logam ini dipakai sebagai ornamen untuk menghiasi sebuah tempat atau dapat dipakai untuk menghiasi sebuah ruangan karna dengan warna logam yang mewah serta mempunyai kesan yang elegan dan lebih tahan lama.

Teknik plakat yaitu dengan cara membuat tampilan suatu warna supaya terlihat mencolok , tegas serta tebal dengan memakai media cat air, cat minyak dan lain lain.


Teknik Melukis Plakat

1. Teknik Seni Lukis Cat Minyak

  • Teknik Basah

Teknik basah adalah sebuah teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan memakai linseed oil atau minyak cat.

Sesudah cat diencerkan dalam kekentalan tertentu, kemudian di poleskan di atas permukaan kanvas. Kuas yang biasa dipakai dalam teknik ini ialah kuas dengan bulu panjang.

  • Teknik Kering

Kebalikan dengan teknik basah, teknik kering adalah melukis tanpa memakai linseed oil atau minyak cat.

Kuas yang dipakai pada teknik kering wajib dalam keadaan kering serta tak berminyak. Untuk teknik ini direkomendasikan memakai cat yang baru keluar dari dalam tube.

Teknik kering cocok dipakai untuk melukis dengan kesan volume dan keruangan, contohnya naturalism, realism serta surelism.

  • Teknik Campuran
Lihat Juga:   √ Pancasila Sebagai Sumber Nilai : Pengertian, Ciri dan Macamnya

Teknik campuran adalah sebuah kombinasi antara teknik basah serta teknik kering. Dengan teknik campuran kita mampu saling menutupi kekurangan dari teknik basah serta teknik kering.

Teknik ini biasanya memakai teknik kering terlebih dahulu baru lalu ditambah teknik basah, dengan cara memblok warna digabungkan intensitas minyak cat secara perlahan sampai tahap akhir lukisan.

2. Teknik Seni Lukis Aquarel

Teknik aqurel adalah salah satu teknik melukis dengan memakai cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis, sampai lukisan yang dihasilkan bernuansa transparan.

Supaya menghasilkan sapuan yang tipis serta ringan, Lebih baiknya kamu memakai cat yang sedikit encer.

3. Teknik Seni Lukis Spray

Teknik spray adalah sebuah teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis.

Tujuan memakai teknik ini adalah untuk menghasilkan lukisan yang lebih halus serta tampak lebih visual.

4. Teknik Seni Lukis Pointilis

Pointilis, teknik pointilis atau titik-titik adalah suatu cara melukis dengan cara membuat gelap terangnya gambar atau pencampuran warna digabungkan membuat titik-titik untuk menghasilkan lukisan yang bagus.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id semoga bermanfaat