Pengertian Seni Budaya Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Seni Budaya Adalah: Fungsi, Macam, Contoh, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Pengertian-Seni-Budaya-Adalah


Pengertian Seni Budaya

Seni budaya adalah semua hal yang dibuatan oleh manusia yang terkait dengan gaya hidup dan berkembang bersama dalam kelompok yang memiliki unsur keindahan (estetika) dari generasi ke generasi.

Ini didasarkan pada makna setiap kata sebagaimana disebutkan di atas, jika kata “seni” dan “budaya” digabungkan dalam “seni budaya”, itu dapat diartikan sebagai karya seni apa pun yang diciptakan dengan sengaja. Pembuatannya didasarkan pada akal atau budi yang dimiliki oleh bermacam-macam contoh kelompok sosial masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi.


Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

  1. Menurut Andreas Eppink

    Budaya adalah sebuah pernyataan artistik dan intelektual yang harus menjadi ciri khas masyarakat.

  2. Menurut Edward Burnett Tylor

    Budaya berarti keseluruhan kompleks yang mengandung berbagai aspek tentang masyarakat.

  3. Menurut Ida Bagus Putu Perwita

    Seni budaya adalah pendukung sebuah sarana upacara tradisional.


Macam-Macam Seni Budaya

Berikut dibawah ini merupakan macam macam seni budaya, yaitu :

  1. Seni Tari Seni-Tari

    Salah satu seni budaya yang masih berkembang di masyarakat hingga sekarang ini adalah seni tari. Tentu saja, beberapa orang sering menghadiri pertunjukan seni tari, dan terkadang tidak jarang ada yang ikut memperagakan gerakan seni tari tersebut.

  2. Seni Rupa Seni-Rupa

    Pengertian seni rupa adalah sebuah contoh seni yang dibuat melalui media yang dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan sentuhan. Penciptaan karya-karya seni pada konsep titik, bidang, bentuk, garis, warna, volume dan lain-lain dengan referensi estetika.

  3. Seni Musik Seni-Musik

    Seni musik adalah sebuah contoh seni budaya yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Arti seni musik adalah cabang seni yang berfokus pada penggunaan melodi, tempo, ritme, harmoni dan instrumen lainnya. Seni musik bertindak sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan penciptanya dan dapat meningkat dan berubah seiring waktu.

  4. Seni Teater Seni-Teater

    Seni teater adalah sebuah seni pertunjukan yang ditampilkan di atas panggung. Secara lengkap, seni teater adalah seni yang menunjukkan gerakan manusia yang disajikan dengan dialog dan akting dari para pemainnya.

  5. Seni Kriya Seni-Kriya

    Seni Kriya dapat diartikan sebagai seni yang dibuat menggunakan tangan dan memperhatikan berbagai aspek seni dan fungsional. Perkembangan zaman, seni kriya itu sendiri identik dengan seni kerajinan. kerajinan ini telah ada sejak Zaman Kuno.


Fungsi Seni Budaya

Berikut dibawah ini merupakan fungsi seni budaya, yaitu :

  1. Praktis

    Ini berarti bahwa fungsi karya seni berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan manusia secara fungsional. Misalnya kursi dan meja yang dibuat oleh penduduk Jepara. Tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi karya seni budaya ini juga dapat berguna dalam kehidupan masyarakat.

  2. Estetika

    Ini berarti bahwa fungsi karya seni terkait dengan memenuhi kebutuhan manusia dalam hal dekorasi. Misalnya, patung,  lukisan, arca dan sejenisnya. Terkadang karya seni budaya ini juga digunakan untuk ritual keagamaan.


Contoh Seni Budaya

Berikut dibawah ini merupakan contoh seni budaya, yaitu :

  1. Batik Batik

    Batik Indonesia ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya oleh UNESCO tepatnya pada 2 Oktober 2009, yang selanjutnya diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia internasional oleh mantan Presiden Indonesia Soeharto, yang mengenakannya selama konferensi PBB. Hingga saat ini, batik terus mengalami perkembangan pada motif atau teknik pembuatan.

  2. Alat Musik Angklung Alat-Musik-Angklung

    Angklung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat. Angklung terbuat dari bambu, bersuara jika ada benturan antara badan pipa dan bambu, sehingga menghasilkan suara yang bergetar dengan susunan nada 2, 3, hingga 4 nada disetiap masing-masing ukuran, besar dan kecil.

  3. Kesenian Wayang Kulit Kesenian-Wayang-Kulit

    Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang berkembang terutama di pulau Jawa. Kata wayang berasal dari “Ma Hyang” yang berarti menuju ke arah roh spiritual, dewa atau Tuhan Yang Mahakuasa.

  4. Reog Ponorogo Reog-Ponorogo

    Reog Ponorogo adalah salah satu seni budaya yang berasal dari bagian barat laut Jawa Timur dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Di gerbang kota Ponorogo, ada hiasan berupa sosok warok dan gemblak, dua sosok tersebut juga muncul ketika Reog ditampilkan.

  5. Keris Keris

    Keris adalah senjata tikam yang juga termasuk dalam kelompok belati (yang memiliki titik tajam dan kedua sisi tajam). Keris memiliki banyak fungsi budaya yang terkenal di wilayah nusatara bagian barat dan tengah Nusantara.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Seni Budaya Adalah: Fungsi, Macam, Contoh, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Agen Sosialisasi Politik : Pengertian, Macam dan Contohnya