Proposal Adalah

Diposting pada

Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Proposal berikut Penjelasannya:

Proposal Adalah


Pengertian Proposal Adalah

Proposal adalah sebuah rencana yang dibuat dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan serta dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal biasanya dijadikan pedoman kerja serta acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Secara etimologis kata proposal asalnya dari bahasa Inggris, yakni Propose yang artinya pengajuan atau mengajukan atau permohonan. Sebuah pihak memberikan proposal guna menawarkan ide, gagasan, serta rencana kepada pihak lain supaya mendapatkan dukungan. Dukungan itu bisa yaitu ijin, persetujuan, serta dana.


Tujuan Proposal Adalah

Tujuan Dibuatnya Proposal adalah untuk mendapatkan ijin serta persetujuan dari sebuah pihak tentang rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal juga sering dibuat guna permohonan dana atau sponsorship lewat kerjasama dengan pihak lain.

Selain penjelasan tentang rincian kegiatan yang akan dilaksanakan, biasanya di dalam proposal juga tertera tentang dana yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Jadi, secara keseluruhan isi dari proposal itu mesti bisa dimengerti oleh pihak lain yang mau dimintai ijin,persetujuan serta dana.


Fungsi Proposal Adalah

  1. Di bidang penelitian umum, proposal berguna sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, serta bidang lainnya.
  2. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berguna sebagai gambaran serta proyeksi dalam mendirikan sebuah usaha.
  3. Proposal berfungsi guna memberikan informasi mendetail mengenai sebuah kegiatan saat mengajukan dana guna pelaksanaan kegiatan, Contohnya perayaan, seminar, pelatihan, dsb.
  4. Dalam sebuah proyek, proposal berguna sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah ataupun swasta.
Lihat Juga:   DNA Adalah

Jenis-jenis Proposal

1. Proposal Kegiatan

Proposal untuk melakukan sebuah kegiatan. Isi proposal kegiatan adalah pengajuan rencana kegiatan, baik yang bersifat individu ataupun kelompok, contohnya pentas seni dan budaya.

Biasanya proposal kegiatan ini sekaligus guna pengajuan permohonan dana dari pihak tertentu. Dan sebagai kompensasi, penyelenggaran kegiatan akan menawarkan sesuatu yang beguna untuk donatur, contohnya space iklan.

2. Proposal Bisnis

Proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis, baik perseorangan ataupun kelompok. Contohnya adalah proposal pendirian sebuah usaha, proposal kerjasama antar perusahaan, dsb.

3. Proposal Penelitian

Jenis proposal ini biasanya dipakai pada bidang akademisi. Contohnya proposal penelitian guna membuat skripsi, tesis, dsb. Proposal tersebut dibuat sebagai pengajuan kegiatan penelitian.

4. Proposal Proyek

Jenis proposal ini biasanya digunakan pada dunia bisnis yang mana isi proposal itu mengenai rangkaian rencana kegiatan. Contohnya adalah proposal sebuah proyek pembangunan.


Bentuk-bentuk Proposal

1. Proposal Formal

Proposal formal Terdapat 3 bagian utama yaitu:

  • Pendahuluan (sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, serta lembar pengesahan)
  • Isi proposal (latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, susunan panitia, waktu, serta biaya)
  • Data pelengkap proposal (lampiran, tabel, daftar pusaka, dsb)

2. Proposal Semi Formal

Proposal Semi formal biasanya tidak selengkap proposal formal tapi masih berbentuk baku. Di dalam proposal semi formal biasanya ada informasi tentang masalah, saran, pemecahan, serta permohonan.

3. Proposal Non Formal

Proposal Non formal biasanya hampir mirip dengan proposal semi formal serta disampaikan dalam bentuk surat atau memorandum. Di dalam proposal non formal ada beberapa hal contohnya masalah, saran, pemecahan, serta permohonan.


Unsur-unsur Proposal

  1. Latar belakang masalah
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Hipotesis
  5. Asumsi penelitian
  6. Manfaat penelitian
  7. Ruang lingkup penelitian
  8. Kajian pustaka
  9. Definisi operasional
Lihat Juga:   E-book Adalah

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Proposal Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!