WhatsApp Web

Diposting pada

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat yang populer di belahan penjuru dunia. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android, iPhone hingga desktop. Versi desktop sendiri terdiri atas aplikasi yang perlu diinstall dan WA Web.

whatsapp-web

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang lebih memilih WhatsApp web dibandingkan menginstall aplikasinya. Disisi lain, penggunaan versi web juga memiliki kekurangan tersendiri. Beberapa orang ada yang mempermasalahkannya, sedangnya lainnya mengabaikan hal tersebut.

 

Kelebihan WhatsApp Web

 

  1. Lebih Praktis Dalam Mengirim File

Lebih-Praktis-dalam-Mengirim-File

Keunggulan pertama yang dimiliki berkaitan dengan kepraktisan penggunaannya. Ketika sudah dihubungkan ke versi web, maka akan memudahkan dalam berbagi file penting. User tinggal drag and drop file yang perlu dikirimkan melalui PC atau laptop masing-masing.

Hal seperti ini sangat praktis dan mempersingkat waktu. Bayangkan saja ketika pengguna hendak mengirimkan file dengan jumlah banyak. Pengguna perlu mencarinya dan melakukan seleksi satu per satu terlebih dahulu, baru kemudian dikirim melalui aplikasi WA.

 

Dengan versi web, pengguna bisa langsung seleksi dengan mudah menggunakan mouse atau jika seluruhnya bisa menggunakan shortcut Ctrl+A. Selanjutnya tinggal drag file tersebut ke tab WhatsApp Web dan Enter. Pastikan memiliki koneksi yang memadai untuk mengirim file sekaligus.

 

  1. Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan-Produktivitas

Sebagian besar pekerja di Indonesia masih mengandalkan WhatsApp sebagai aplikasi chat utama untuk berkomunikasi, tidak terkecuali ketika bekerja. Dengan terhubung ke web, maka tidak perlu repot-repot mengecek ulang ponsel.

Lihat Juga:   √Difusi Adalah

Apalagi jika user merupakan orang yang sangat produktif dan sering berkomunikasi via WA. User bisa membalas pesan atau mengirimkan file lebih cepat dan bisa meningkatkan produktivitas kerja. Disisi lain juga hemat waktu dan bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas lainnya.

 

  1. Tidak Perlu Install Aplikasi Tambahan

Tidak-Perlu-Install-Aplikasi-Tambahan

Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa WhatsApp juga tersedia versi desktop, namun harus mengunduh dan menginstalnya. Kelebihan dari WA web ini adalah pengguna tidak perlu repot-repot menginstallnya, hanya perlu mengunjungi situs resminya saja.

Hanya dengan scan barcode, user sudah bisa menghubungkan antara WA di ponsel dan di web. Kemudahan inilah yang disukai oleh banyak orang karena membantu meningkatkan produktivitas. Selain itu juga tidak perlu menyiapkan ruang kosong untuk penginstalan.

 

  1. Bisa Logout Jarak Jauh

Bisa-Logout-Jarak-Jauh

Kelebihan selanjutnya adalah versi web ini bisa dikontrol melalui genggaman. Ini berkaitan dengan log out atau keluar dari versi web. Ketika menyambungkan ke versi web, user diminta untuk melakukan scan barcode. Setelah berhasil login, maka akan terekam di ponsel.

Data rekaman inilah yang memungkinkan pengguna untuk bisa log out dari jarak jauh. Ini sangat penting dilakukan agar orang-orang tidak menyalahgunakan akun WA. Cara melakukan log out dari WhatsApp website melalui ponsel sangat mudah, yaitu :

 

  • Buka aplikasi WA di ponsel yang tadi dihubungkan.
  • Klik ikon titik tiga di ujung kanan atas, kemudian pilih menu WhatsApp Web.
  • Halaman baru akan terbuka dan menampilkan history login WhatsApp web yang belum dikeluarkan.
  • Sekarang tinggal klik menu Log Out di bawah dan konfirmasi dengan memilih Yes/Ok.

 

  1. Cocok Untuk Mengirim Pesan Panjang

Cocok-untuk-Mengirim-Pesan-Panjang

WhatsApp versi web sangat cocok untuk mengirimkan pesan yang panjang. Bayangkan saja user ingin menjelaskan sesuatu secara rinci tapi diketik melalui ponsel, pastinya akan lama dan bisa terjadi typo. Memang ada alternatif menjelaskan melalui voice call, namun terkadang masih belum mengerti.

Lihat Juga:   Pengertian Olahraga

Jika dihubungkan ke versi web, user bisa mengetik lebih cepat dan meminimalisir typo. Terlebih jika ingin melihat tulisan yang sudah diketik juga lebih mudah dan tampilannya lebih luas. Berbeda lagi jika mengetik di ponsel, maka harus scroll secara perlahan.

 

Kekurangan WA Web

 

  1. Kedua Device Harus Online

Kedua-Device-Harus-Online

Salah satu syarat agar keduanya saling terhubung adalah keduanya harus online atau terkoneksi dengan jaringan internet. Apabila di ponsel tidak memiliki jaringan, maka pesan tidak bisa tersinkronisasi dengan baik. Kondisi ini juga berlaku sebaliknya.

Oleh karena itu, pastikan WA di ponsel maupun web terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil. Ada beberapa kasus dimana keduanya memiliki jaringan stabil, namun seringkali melakukan re-connect otomatis. Solusi atas permasalahan ini adalah :

 

  • Log out terlebih dahulu.
  • Bersihkan data & cache browser masing-masing.
  • Lakukan pembersihan cache pada ponsel.
  • Hubungkan kembali WA ponsel ke web.

 

  1. Belum Mendukung Video/Audio Call

Belum-Mendukung-Video_Audio-Call

WA versi ponsel memang sudah mendukung untuk melakukan video atau audio call. Namun kedua fitur ini ternyata belum mendukung untuk versi web sekalipun laptop atau PC sudah memiliki webcam. Artinya adalah apabila ada telepon atau video call masuk, maka harus diangkat melalui ponsel.

Beberapa orang ada yang tidak terlalu mempermasalahkannya karena jika kedua fitur ini dimunculkan pada versi web, maka bisa mempengaruhi kinerja. Sebaliknya, sebagian orang justru terbantu jika kedua fitur ini dihadirkan pada versi web.

 

  1. Tidak Bisa Mengubah Pengaturan Web

Tidak-Bisa-Mengubah-Peraturan-Web

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki WA web adalah tidak bisa mengatur pengaturan unduh media. Artinya adalah media umum seperti gambar dan video biasanya akan langsung terunduh secara otomatis. Namun pada beberapa file media lain seperti video dan gambar tidak bisa diubah.

 

  1. Hanya Bisa Digunakan Pada 1 Tab Browser

Hanya-Bisa-Digunakan-Pada-1-Tab-Browser

Pada dasarnya WhatsApp website ini hanya bisa melakukan login ke satu tab browser saja. Apabila user melakukan login ke browser atau tab baru, maka WA di tab sebelumnya akan otomatis keluar. Namun sebelumnya akan muncul pilihan, apakah WA ingin dibuka di tab baru atau tab sebelumnya.

Lihat Juga:   Proses Pembentukan Tulang

Jika memilih ingin digunakan di tab sebelumnya, maka tab baru tidak akan menampilkan halaman WhatsApp. Begitu juga sebaliknya, apabila ingin dibuka di tab baru, maka di tab lama akan ditutup otomatis. Hal-hal seperti ini biasa terjadi pada pengguna yang menggunakan WA untuk jualan.

 

  1. Konsumsi Baterai Tinggi

Konsumsi-Baterai-Tinggi

Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumsi daya untuk WhatsApp cukup besar, terlebih jika koneksi di ponsel menggunakan data dan versi web dibuka menggunakan laptop. Kedua device yang harus selalu online inilah yang membuatnya mengkonsumsi daya lebih tinggi.

Namun kondisi ini tidak berlaku jika user menghubungkannya ke komputer. Hanya saja konsumsi baterai di ponsel cukup boros. Salah satu solusinya adalah mengganti konektivitas di ponsel ke WiFi dan meminimalisir penggunaan data.

 

  1. Belum Mendukung Semua Browser

Belum-Mendukung-Semua-Browser

Terakhir dan mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah versi web ini ternyata belum mendukung seluruh browser. Artinya adalah hanya browser tertentu yang bisa mengaksesnya. Hingga detik ini browser yang bisa mengakses yaitu Opera, Mozilla, Chrome hingga Safari.

Jika pengguna menggunakan browser selain yang disebutkan tadi, maka tidak akan bisa mengakses WhatsApp web ini. Browser yang digunakan juga setidaknya sudah versi yang baru atau minimal lima versi dibawah versi terbaru agar stabil.

 

Mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki WA Web, pada akhirnya tidak menurunkan penggunanya. Sebaliknya, masih banyak orang yang bergantung pada aplikasi WA maupun versi web ini untuk membantu banyak pekerjaan. Utamanya adalah yang menggunakan WA untuk bisnis.

 

Referensi :

  1. https://officialjimbreuer.com/wa-web/
  2. https://www.gurupendidikan.co.id/wa-web/
  3. https://officialjimbreuer.com/gb-whatsapp/
  4. https://officialjimbreuer.com/kinemaster-pro/
  5. https://officialjimbreuer.com/whatsapp-mod/
  6. https://memphisthemusical.com/fmwhatsapp/
  7. https://officialjimbreuer.com/ukuran-kertas-f4/
  8. https://memphisthemusical.com/gb-whatsapp/
  9. https://www.rentalmobillampung.co.id/
  10. https://officialjimbreuer.com/psiphon-pro/