Momen Inersia : Cara Menghitung, Rumus, Penerapan dan Contohnya

Diposting pada

√Cara Menghitung Momen Inersia : Pengertian, Rumus, Penerapan dan Contohnya

Pengertian Momen Inersia

Inersia merupakan kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaannya. Benda yang sukar bergerak dinyatakan mempunyai inersia yang besar. Begitu juga bumi yang selalu berotasi mempunyai inersia rotasi. Jadi Momen Inersia ialah ukuran dari besarnya kecenderungan berotasi yang ditentukan oleh keadaaan benda atau partikel penyusunnya.

Kecenderungan suatu benda untuk mempertahankan keadaannya yang diam atau bergerak lurus beraturan disebut inersia. Inersia dikenal juga lembam. Keadaan alami benda tersebut berkaitan erat dengan hukum I Newton. Oleh sebab itu, hukum I Newton dikenal juga hukum inersia.

Rumus Momen Inersia

dan cara Menghitungnya

Dibawah ini terdapat beberapa momen inersia pada titik partikel. Dalam titik partikel tersebut ada massa (m) yang melakukan gerak rotasi pada sumbu jari jari (R). Untuk mengamati mengenai rumus inersia, kamu bisa melihat gambar dibawah ini.

Cara Menghitung Momen inersia

Berdasarkan gambar diatas bisa kita simpulkan bahwa momen inersia yang ditunjukkan dengan perkalian massa partikel dengan jarak partikel kuadrat menuju sumbu putar (jari jari/R). Dengan begitu didapatkan rumus momen inersia pada titik partikel yaitu:

I = m x R²

Keterangan rumus momen inersia di atas:
I = Momen Inersia (kg.m²)
m = massa partikel (kg)
R = jari jari rotasi (m)

benda yang terdiri atas susunan partikel (titik), apabila melakukan gerak rotasi mempunyai momen inersia sama dengan hasil jumlah dari momen inersia partikel penyusunnya.

 Momen inersia

1). menghitung momen inersia jika benda berotasi

jika benda yang berotasi ialah benda tegar yang mempunyai susunan masa yang berlanjut atau tidak bisa uraikan maka momen inersia bisa dihitung dengan metode integrel sebagai berikut dibawah ini.

√Cara Menghitung Momen inersia : Pengertian, Rumus, Penerapan dan Contohnya

2). menghitung momen inersia apabila sumbu putarnya tidak berada pada pusat masa

momen inersia benda yang sumbunya berada pada pusat masa disebut momen nersia pusat masa. apabila sumbu putarnya tidak berada pada pusat masa, untuk mencari momen inersianya, bisa memakai persamaan berikut.

√Cara Menghitung Momen inersia : Pengertian, Rumus, Penerapan dan Contohnya

Selain rumus momen inersia diatas, ada juga tabel momen inersia untuk benda-benda yang bentuknya teratur dan berotasi pada sumbu tertentu. Berikut penjelasan beserta rumusnya:

√Cara Menghitung Momen inersia : Pengertian, Rumus, Penerapan dan Contohnya

√Cara Menghitung Momen inersia : Pengertian, Rumus, Penerapan dan Contohnya

Pengertian momen inersia dan rumus momen inersia bisa kita semua terapkan dalam kehidupan sehari-hari. seperti ada sebuah mobil yang melaju dengan kecepatan penuh lalu mengerem secara tiba-tiba. Mobil tersebut mempunyai kecenderungan untuk mempertahankan gerakannya. lalu ada contoh inersia lain yakni kecenderungan pada benda diam.

Contoh Momen Inersia Dalam Kehidupan Sehari-hari

ada beberapa Contoh Momen Inersi Kehidupan Sehari-hari, berikut dibawah ini

1). contoh momen inersia menggunakan sepeda motor

pernahkan kamu menaiki sepeda motor dengan kecepatan tinggi, lalu mengerem secara tiba-tiba Nah, ketika motor yang kamu naiki melaju dengan kencang, kemudian direm dengan tiba-tiba, maka pada saat itu adanya kecenderungan sepeda motor mempertahankan geraknya.

2). contoh momen inersia pada benda diam

Apakah kecenderungan tersebut juga berlaku untuk benda diam? contoh, letakanlah selembar kertas HVS di atas meja, lalu taruh sebuah penghapus di atas kertas HVS tersebut. Tarik kertas HVS dengan cepat. Apa yang terjadi? penghapus tetap tinggal di atas meja. Artinya sifat alami benda yang cenderung mempertahankan keadaanya yang diam.

Penerapan Momen Inersia

terdapat beberapa contoh penerapan momen inersia,berikut penjelasannya

1). Momen Inersia Pada Pemain Ski Es

Momen Inersia adalah sifat yang dimiliki oleh suatu benda untuk mempertahankan letaknya dari gerak berotasi. Momen inersia ialah ukuran resistansi atau kelembaman suatu benda terhadap perubahan dalam gerak rotasi. Momen inersia bergantung pada distribusi massa benda relatif dengan sumbu rotasi benda.

sebab torsi yang dikerjakan oleh es ialah kecil, momentum anguler pemain ski ialah mendekati konstan. pada saat ia menarik tangannya ke dalam ke arah badannya, momen inersia badannya terhadap sumbu vertikal melalui badannya berkurang. sebab momentum angularnya L = I? harus tetap konstan, bila I berkurang, kecepatan angularnya ? bertambah; artinya, ia berputar dengan laju yang lebih cepat.

2). Aplikasi Momen Inersia Pada jaw crusher

Jaw Crusher sendiri digunakan secara luas pada industri pertambangan, industri metal, konstruksi, pembangun jalan tol, pembangunan rel kereta serta industri kimia.

cara Kerja Mesin Jaw Crusher adalah Jaw Crusher bekerja mengandalkan kekuatan motor. dengan roda motor, poros eksentrik dikendalikan oleh sabuk segitiga dan slot wheel untuk membuat jaw plate bergerak seirama.

Demikialah artikel mengenai √Cara Menghitung Momen inersia : Pengertian, Rumus, Penerapan dan Contohnya dari pengajar.co.id smeoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh Analisis Wacana : Pengertian, Jenis, Teori, Manfaat dan Tujuannya
Lihat Juga:   √Contoh Moral : Pengertian dan Jenisnya
Lihat Juga:   √ Manajemen Persediaan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Alat Optik : Pengertian, Macam dan Fungsi