√ Paragraf Ineratif Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas mengenai Paragraf Ineratif yang mana dalam hal ini meliputi diantaranya Pengertian Paragraf Ineratif, Ciri-ciri dan Contoh Paragraf Ineratif, baiklah langsung saja kita bahas di bawah ini.paragraf-ineratif-adalah


Daftar Isi Artikel Ini :

Pengertian Paragraf Ineratif

Paragraf Ineratif atau inerasi adalah jenis paragraf yang tersusun dari kalimat utama yang berada di tengah-tengah paragraph. Pada umumnya paragraph ineratif mempunyai pola yaitu khusus-umum-khusus atau kalimat penjelas-kalimat utama-kalimat penjelas.

Kalimat penjelasan pada awal paragraph interatif mempunyai fungsi sebagai pengantar atau sebagai pembuka paragraph. Sementara kalimat utama yang terdapat di tengah paragraph berfungsi sebagai gagasan utama dari paragraph ineratif tersebut.

Sedangkan kalimat penjelasan yang ada di akhir paragraph, berfungsi untuk penegasan atau kesimpulan dari paragraph ineratif tersebut. Paragraph ineratif termasuk kedalam satu dari beberapa jenis paragraph berdasarkan posisi kalimatnya, terdapat juga paragraph induktif, deduktif dan campuran.


Ciri-Ciri Paragraf Ineratif

Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri paragraph ineratif

  1. Gagasan utama terdapat di kalimat utama di tengah-tengah paragraf
  2. Di awali dari hal-hal khusus terlebih dahulu sebagai pengantar gagasan utama
  3. Diakhiri juga dengan hal-hal khusus sebagai penguat gagasan utama

Contoh Paragraf Ineratif

Berikut di bawah ini adalah contoh paragraf ineratif :

1. Rotan biasanya dijadikan sebagai bahan baku mebel misalnya dijadikan meja, kursi, dan rak buku. Rotan yang dijadikan bahan baku mebel tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Rotan mempunyai beberapa keunggulan dari pada kayu, karena rotan ringan, kuat, murah dan mudah di bentuk sedangkan kelemahan dari rotan adalah gampang sekali terkena kutu bubuk.

Lihat Juga:   √ Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya

2. Buahnya bulat mirip seperti bola. Kultnya keras seperti batu. Inilah buah kawis yang daging buahnya warna hitam. Jika diseduh menggunakan air, maka rasanya mirip sekali seperti minuman bersoda rasa kola.

3. Udara yang ada di kebun teh  kemuning sangat segar sekali. Dilengkapi dengan pemandangan hijau yang terhampar luas kebun teh kemuning sangat menarik hati. Pemandangan disana sangat pas sekali jika dijadikan latar untuk berfoto. Ada banyak sekali objek wisata yang ada disekitar tempat itu.

4. Terdapat sebuah telaga yang menjadi tempat wisata di magetan, jawa timur. Tempat ini sering dikunjungi oleh orang-orang karena mempunyai hawa yang sangat sejuk. Telaga ini berada tepat di lereng gunung lawu. Telaga ini lebih dikenal dengan nama telaga sarangan. Disekitar telaga ada banyak sekali hotel dan penginapan, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah. Kita juga bisa mengelilingi telaga dengan kendaraan atau bisa juga dengan berjalan kaki karena ada jalan yang mengelilingi seluruh area telaga.

5. Terkadang tingkah laku kucing bisa membuat banyak orang tertawa. Kadang kucing menari-nari saat mengajak orang untuk bermain dengannya. Kucing memang masuk dalam kategori hewan lucu. Akan semakin lucu jika kucing tersebut sedang tertidur dengan lelap di sofa.

6. Dengan kita membaca buku, maka kita dapat menguasai ilmu pengetahuan. Buku memang gudangnya ilmu pengetahuan. Kita bisa mengetahui banyak informasi dari bidang apapun dari membaca buku. Orang yang tidak sekolahpun bisa pandai jika banyak membaca buku. Karena ia mampu untuk menyerap informasi yang lebih banyak lagi dibandingkan dengan orang-orang yang sekolah tapi malas untuk membaca buku.

7. Air buah kelapa mempunyai kandungan elektrolit yang dengan cepat bisa menyegarkan badan yang sedang lelah atau dehidrasi. Jika sudah mengkonsumsi air kelapa maka tubuh kita akan lebih terasa segar. Terutama lagi Jika air kelapa mudah memang berguna bagi tubuh manusia. Air kelapa juga terkadang bisa dijadikan obat penawar bagi orang yang mengalami keracunan makanan.

Lihat Juga:   Gelombang Mekanik

8. Amoeba tidak membutuhkan perkawinan karena amoeba dapat berkembang biak dengan cara membelah diri. Hewan ini mempunyai sebuah sel yang bisa disebut dengan inti sel. Sel inilah yang akan membelah dan menjadi dua bagian. Sel tersebut akan saling memisahkan dan membentuk menjadi dua kutub yang saling menjauh.

9. Setiap hari kita pasti selalu menghasilkan sampah. Jika kita tidak mengelola sampah tersebut dengan baik, maka sampah tersebut bisa mengancam kehidupan manusia. Secara umum sampah terbagi menjadi dua bagian yaitu sampah oraganik dan sampah anorganik. Sampah organic adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, contoh seperti daun, sampah dapur dan lain-lain. Jenis sampah seperti ini dpat diuraikan secara alami. Sedangkan sampah anorganik adalah jenis sampah yang sangat sulit untuk di hancurkan secara alami. Contoh sampah anorganik adalah, plastic, kertas, kaleng, dan lain-lain.

10 .Ular berbisa biasanya akan membunuh mangasanya dengan cara menyebarkan bisanya tersebut. Sedangkan ular yang tidak berbisa biasanya akan membunuh mangasnya dengan cara melilit. Jenis ular memang terdapat dua jenis yaitu berbisa dan tidak berbisa. Contoh ular berbisa adalah ular kobra dan welang. Sedangkan ular yang tidak berbisa adalah piton, boa dan anaconda. Beberapa jenis ular juga mempunyai kebiasaan berjemur di bawah terik matahari hal ini dilakukan untuk membantu mencerna makanan.

11. Pada pagi hari tubuh sangat penting mempunyai asupan makanan. Hal ini dikarenan dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi, sehingga kita dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sangat optimal. Oleh karena itulah sarapan pada pagi hari sangat penting bagi tubuh kita. Sarapan pagi hari juga haruslah makanan yang sehat dan bergizi dan cukup untuk mengenyangkan perut kita.