Pesawat Sederhana

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pesawat Sederhana yang akan membahas mengenai : Pengertian, Rumus, jenis dan Contoh, mari sama-sama kita bahas dibawah ini. Pesawat-Sederhana


Pengertian Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana adalah alat serbaguna yang disusun dengan cara sederhana yang dapat meringankan atau memudahkan pekerjaan manusia. Pesawat sederhana dapat memberikan banyak manfaat, seperti mengubah bentuk energi, meningkatkan kecepatan, mengurangi gaya, dan mengubah arah.

Di Wikipedia, disebutkan bahwa pesawat sederhana adalah alat mekanis yang dapat mengubah arah atau besarnya gaya.


Rumus Pesawat Sederhana

jenis-pesawat-sederhana

F = K = w / KM

informasi:

  • F atau K adalah gaya/kuasa yang kita keluarkan (N)
  • W adalah berat benda yang kita angkat (N)
  • KM adalah keuntungan mekanis

Dalam usaha/kerja yang kita lakukan hal ini tentu sangat berkaitan sekali. Pesawat sederhana tidak mengurangi total usaha / kerja yang dikeluarkan untuk mengangkat beban. Namun, jumlah gaya yang diperlukan untuk mencapai hal ini dapat dikurangi dengan menerapkan lebih sedikit gaya pada jarak yang lebih jauh.


Jenis dan Contoh Pesawat Sederhana

Berikut dibawah ini jenis jenis dan contoh beserja penjelasannya pesawat sederhana :

  • Pengungkit atau Tuas gambar-Tuas-pesawat-sederhana

    Pengungkit atau tuas adalah jenis pesawat sederhana yang digunakan untuk mengungkit, memindahkan atau menggeser kedudukan benda yang berat atau berukuran besar.
    Yang termasuk jenis-jenis pengungkit adalah : gunting, pembuka kaleng, pembuka botol minuman.

  • Bidang Miring Bidang-Miring-pesawat-sederhana

    Bidang miring berguna untuk membantu memindahkan benda-benda yang terlalu berat dari bawah ke atas atau sebaliknya. contoh pesawat ssederhana yang bekerja dengan prinsip bidang miring adalah tangga, pisau, obeng dan sebagainya.

  • Katrol Katrol-pesawat-sederhana

    Katrol adalah benda berupa kerekan yang digunakan untuk mengangkat benda atau menarik benda. Contoh benda yang bekerja berdasarkan prinsip katrol adalah kerekan timba dan sebagainya.

  • Roda Berporos Roda-Berporos-pesawat-sederhana

    Roda dibuat dengan diberi poros. Saat bergerak roda berputar pada porosnya. Dengan roda memungkinkan manusia bergerak lebih cepat. Contoh roda berporos adalah kursi roda dan roda mobil.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pesawat Sederhana : Pengertian, Rumus, Jenis dan Contoh, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   √Bagian Telinga : Pengertian, Bagian Telinga, Penyakit dan Fungsinya