Rantai Makanan Adalah

Diposting pada

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Rantai Makanan Berikut Adalah Penjelasnnya:

Rantai Makanan


Pengertian Rantai Makanan Adalah

Rantai Makanan adalah sebuah proses makan dan dimakan anatara makhluk hidup dimana makhluk tersebut ada yang berperan sebagai produsen, konsumen, serta dekomposer. Hal tersebut bertujuan guna mempertahankan kelangsungan hidup masing – masing makhluk hidup itu.


Komponen Rantai Makanan

1. Konsumen Primer

Konsumen pertama yang mana dia mendapat energi langsung dari produsen. Contohnya ialah makhluk hidup yang termasuk herbivora contohnya sapi, kerbau, kelinci dsb.

2. Konsumen Sekunder

Konsumen kedua yang mendapatkan sumber energi serta makanan dari konsumen pertama. Contohnya ialah hewan pemakan daging atau sering disebut sebagai karnivora. Contohnya ialajh kucing, anjing, ular dsb.

3. Konsumen Tersier

Konsumen yang mendapatkan sumber energi dengan memangsa konsumen kedua. Contohnya adalah burung elang, alap – alap, harimau, singa dsb.


Jenis Tempat Rantai Makanan Dan Contohnya Lengkap

1. Di Sawah

Ekosistem di sawah adalah masuk kedalam dalam ekosistem buatan dengan keanekaragaman hayati yang rendah. Di sawah banyak ada tumbuhan yang di dominasi oleh tanaman padi menjadi salah satunya. Oleh sebab itu, di sana banyak ditemukan organisme pemakan padi contohnya jangkrik, burung emprit dsb.

Padi adalah salah satu tanaman pangan yang banyak di tanam oleh sebagian besar petani. Hal tersebut disebabkan padi adalah makanan pokok di Indonesia. Dalam ekosistem sawah padi berperan untuk produsen. Selain padi, produsen yang ada di sawah antara lain adalah rumput.

Lihat Juga:   √Algoritma Adalah

Contoh Rantai Kakanan di sawah :

  1. Padi – Burung – Ular – Elang – Pengurai.
  2. Rumput – Serangga – Tikus – Ular – Pengurai.
  3. Padi – Serangga – Katak – Ular – Elang – Pengurai.

2. Dilaut

Di dalam ekosistem laut bisa kita jumpai bermacam keanekaragaman hayati yang tinggi. Hal tersebut senada dengan ukuran laut yang sangat luas. Malah, semua isi di bumi ini yang paling banyak adalah air.

  • Laut adalah salah satu ekosistem alami yang sangat luas. Terdapat  rantai makanan di laut bisa kita temukan sebagai proses makan serta di makan pada makhluk hidup yang ada di laut. Makhluk hidup yang terdapat di laut antara lain ialah fitoplankton, zooplankton, predator serta dekomposer.
  • Fitoplankton adalah makhluk hidup bersel satu dengan ukuran kecil serta melayang – layang di tengah laut. Fitoplankton dalam ekosistem laut mempunyai peran sebagai produsen. Fitoplankton bisa membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari. Hal tersebut disebabkan fitoplankton mempunyai klorofil untuk fotosintesis.
  • Zooplankton adalah sebuah hewan dengan ukuran kecil serta hidupnya melayang – layang di air.
  • Predator adalah salah satu hewan yang menempati posisi tertinggi dalam piramida rantai makanan dalam ekosistem laut. Salah satu contohnya ialah ikan paus. Ikan itu memakan ikan – ikan besar serta ikan – ikan kecil sebagai sarana untuk mendapatkan energi karena dia tidak bisa membuat makanan sendiri.
  • Dekomposer adalah berperan guna menguraikan makhluk hidup yang sudah mati menjadi lebih kecil – kecil supaya bisa dipakai oleh fitoplankton sebagai bahan untuk membuat makanan untuk sumber energi. Salah satu contohnya ialah bentos yang tinggal di dasar laut.
Lihat Juga:   6 Perbedaan Haji dan Umroh juga Pengertiannya Lengkap

Bentos Mempunyai peran penting dalam memelihara keseimbangan serta kestabilan rantai makanan di dalam ekosistem laut.

Contoh rantai makanan di laut:

  1. Energi matahari- Alga – Ikan kecil – Hiu – pengurai.
  2. Energi matahari – Fitoplankton – udang – ikan – singa laut – hiu – pengurai.
  3. Energi matahari – Fitoplankton – zooplankton – udang – Gurita – Manusia.
  4. Plankton – ikan kecil – ikan tuna – manusia – decomposer.

3. Di Sungai

Ekosistem sungai adalah salah satu ekosistem yang di dalamnya ada tumbuhan serta hewan yang bisa hidup pada air yang mengalir. Di sana juga ada interaksi antara makhluk hidup di sana yang saling memangsa antar komponen dalam sebuah rantai makanan.

Di dalam ekosistem sungai bisa kita jumpai bermacam organisme hidup contohnya alga dan fitoplankton yang berperan sebagai produsen. Hal tersebut disebabkan kedua organisme itu bisa membuat makanan sendiri atau yang sering dikenal sebagai organisme autotrof.

Contoh rantai makanan di sungai:

  1. Matahari – alga – ikan sepat – burung bangau – buaya –  pengurai.
  2. Matahari – alga- ikan salmon – beruang pengurai.
  3. Matahari- Fitoplankton – yuyu- burung bangau – pengurai.

4. Di Hutan

Hutan adalah salah satu bentuk contoh ekosistem alami. Banyak sekali keanekaragam hayati yang bisa kamu temukan di sana. Oleh sebab itu, di dalamnya pasti akan terjadi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan. Pastinya mereka saling menguntungkan satu sama lain.

Contoh rantai makanan di hutan:

  1. Matahari – rumput – kelinci – ular – elang – pengurai.
  2. Matahari- tanaman- tikus – ular – elang – pengurai.
  3. Matahari – rumput – kambing – harimau- pengurai.
Lihat Juga:   Pakaian Adat Jawa Barat

5. Di Kebun

Kebun adalah salah satu contoh ekosistem buatan yang sengaja dibuat oleh manusia. Biasanya kebun banyak ditanami tanaman budidaya seperti sayuran dan buah.

Ukuran kebun menyesuaikan terhadap selera masing – masing pemilik yang akan membuatnya. Di dalam kebun tentu ada bermacam macam interaksi antara faktor biotik dengan lingkungan. Di dalamnya ada proses makan memakan dalam satu rantai makanan.

Dalam hal tersebut, tanaman berperan sebagai produsen yang bisa membuat makanan sendiri atau sering dikenal sebagai organisme autotrof dengan bantuan sinar matahari. Energi itu akan ditransfer ke makhluk hidup yang lain dalam satu rantai makanan di kebun.

Contoh rantai makanan di kebun:

  1. Energi matahari – tanaman budidaya – serangga – katak – Ular – decomposer.
  2. Energi matahari – tanaman – ayam – musang- dekomposer.
  3. Energi matahari – tanaman – ulat – belalang  – burung  – ular  – dekomposer

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Rantai Makanan Semoga Bermanfaat!