Strategi Pemasaran

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Strategi Pemasaran, yuk disimak ulasannya dibawah ini : Strategi Pemasaran


Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan produk, entah itu barang atau jasa. Menggunakan pola tertentu rencana dan taktik sehingga jumlah penjualan semakin tinggi.

Strategi pemasaran juga dapat ditafsirkan sebagai serangkaian upaya oleh perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang diketahuinya.

Strategi pemasaran memiliki peran penting dalam bisnis atau bisnis. Karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik harga barang dan jasa. Ada tiga faktor yang menentukan nilai barang dan jasa, yaitu:

  1. Produksi
  2. Pemasaran
  3. Konsumsi

Dalam hal ini, pemasaran menjadi komponen yang menghubungkan kegiatan produksi dan konsumsi.


Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini beberapa pengertian strategi pemasaran menurut para ahli :

  • Tjiptono

Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang memang dirancang atau sengaja direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan melakukan pengembangan keunggulan kompetitif yang sedang berlangsung melalui pasar yang dimasukkan dan program yang digunakan. Untuk melayani di pasar sasaran.

  • Guiltinan dan Paul

Strategi pemasaran adalah pernyataan mendasar mengenai akibat atau dampak yang diharapkan untuk mencapai permintaan pada pasar sasaran tertentu.

  • Philip Kotler

Strategi pemasaran adalah pola pikir yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam bisnis. Bisa tentang strategi khusus untuk target audiens, Positioning, pemasaran campuran, dan luasnya pengeluaran pemasaran.

  • Stanton

Strategi pemasaran adalah satu hal yang berhubungan dengan keseluruhan sistem yang berhubungan dengan tujuan perencanaan dan penetapan. Harga suatu produk di pasar dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan pembeli dan potensi yang sebenarnya.


Langkah-langkah Penerapan Strategi Pemasaran

Berikut dibawah ini langkah-langkah penerapan strategi pemasaran :

  • Segmentasi Pasar

Tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda. Mungkin memerlukan produk atau campuran pemasaran yang berbeda;

  • Menentukan Target Pasar

Artinya, proses penilaian daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen yang perlu dioperasikan. Menyiapkan target pasar terdiri dari merancang strategi untuk membangun hubungan yang tepat dengan pelanggan yang tepat. Apakah perusahaan besar dapat memutuskan untuk menawarkan rangkaian lengkap produk untuk melayani semua segmen pasar.

Lihat Juga:   Rumah Adat Jawa Tengah

Sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan mengoperasikan satu segmen, dan jika berhasil, mereka menambahkan segmen.

  • Diferensiasi & Posisi Pasar (diferensiasi & Positioning)

Perusahaan perlu memutuskan bagaimana membedakan Penawaran pasar mereka untuk setiap segmen target dan posisi apa yang ingin mereka duduki disegmen. Posisi produk adalah produk yang diduduki relatif terhadap para pesaingnya dalam semangat konsumen. Pemasar ingin mengembangkan posisi pasar yang unik untuk produk mereka.

Jika produk dianggap persis sama dengan produk lain di pasar, konsumen tidak memiliki alasan untuk membelinya.


Jenis Strategi Pemasaran

Berikut dibawah ini jenis jenis strategi pemasaran :

  • Penjualan Langsung

Penjualan langsung adalah semacam strategi pemasaran di mana penjual akan menjual produk langsung ke konsumen. Meskipun langsung, tetapi umumnya penjual tidak dilakukan di toko. Cara Anda melakukannya dengan Door-to-Door atau berkenalan langsung dengan konsumen.

Pendekatan Anda sebagai pemasar konsumen ke perumahan. Pasokan barang dibuat di sana atas dasar keterampilan meyakinkan. Keuntungan strategi ini adalah bahwa modal tidak harus besar, sehingga sangat cocok untuk perusahaan yang tidak memiliki modal yang besar.

Namun, kekurangannya ialah bahwa marketer atau pemasar akan mendapatkan cepat lelah atau lebih jika mereka terus berjalan. Selain itu, beberapa masyarakat atau konsumen juga tidak nyaman dengan cara ini karena menjengkelkan dan suka dipaksa untuk membeli.

  • Melalui Media

Produk kedua strategi pemasaran yang diperoleh media. Tidak seperti penjualan langsung, strategi semacam ini dilakukan persis. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan untuk mengimplementasikan strategi ini adalah membangun hubungan dan kepercayaan dengan masyarakat.

Jadi, Anda harus membangun sebuah merek dan membentuk citra yang bagus melalui media sosial.

  • Titik Pembelian

Point of Purchase (POP) adalah strategi pemasaran dengan menempatkan materi pemasaran atau iklan di dekat produk yang dipromosikan. Strategi ini cocok untuk diaplikasikan pada toko yang menjual berbagai macam produk.

Lihat Juga:   Talak Adalah

Menurut penelitian, sekitar 64% dari orang yang datang ke toko masih tidak persis membeli produk. Kondisi ini dapat digunakan dengan mengirimkan mereka untuk membeli produk Anda. Pada semua pengetahuan dan keterampilan komunikasi, sehingga konsumen tertarik dan sulit untuk menolak.

Ini titik pembelian produk strategi pemasaran dapat dilakukan dengan menciptakan desain khusus yang menarik dan menempatkannya di tempat yang strategis, seperti di dekat pintu masuk dan keluar.

  • Internet Marketing

Anda sudah terbiasa dengan strategi pemasaran ini, kan? Internet Marketing adalah strategi pemasaran yang terkenal dan dilakukan oleh banyak perusahaan sekarang. Sangat mudah dan cepat untuk memiliki strategi ini banyak untuk memilih dari.

Selain itu, media sosial juga banyak pilihan seperti Instagram, Facebook, website, Email Marketing dan banyak lagi. Jenis strategi pemasaran berjalan lancar ketika Anda membuat konten yang menarik pelanggan.

Terutama jika Anda membuat merek Anda sendiri di media sosial, itu keuntungan yang sangat baik. Oh ya semua jenis konten yang Anda buat juga aset hak cipta, jangan membuat konten dengan acak.


Konsep Strategi Pemasaran

Berikut dibawah ini beberapa konsep strategi pemasaran yang harus dilakukan guna meningkatkan penjualan di pasar :

  • Segmentasi Pasar

Para konsumen dari berbagai jenis kalangan, pastinya mempunyai kebiasaan dan juga kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu sebuah perusahaan haruslah bisa melakukan klasifikasi pasar dengan sifat yang heterogen dirubah menjadi pasar yang sifatnya homogen.


  • Market Positioning

Setiap perusahaan tidak akan mampu untuk menguasai semua pasar. Oleh karena itu kenapa suatu perusahaan harus bisa mempunyai pola yang spesifik demi mendapat posisi yang sangat kuat di pasaran. Cara tersebut ialah dengan cara memilih suatu segmen yang sangat menguntungkan.


  • Market Entry Strategy

Strategi ini merupakan cara perusahaan demi bisa masuk dalam segmen pasar tertentu. Berikut adalah beberapa cara yang sangat sering dilakukan oleh perusahaan ialah :

  1. Mengakuisisi perusahaan yang sudah berjalan
  2. Internal Development
  3. Melakukan kerjasama diantara perusahaan lain.

  • Marketing Mix Strategy

Marketing mix merupakan sebuah kumpulan dari beberapa variabel yang sudah banyak diterapkan oleh perusahaan demi mempengaruhi respon dari para konsumen. Berikut adalah beberapa variabel diantaranya :

  1. Product
  2. Place
  3. Price
  4. Promotion
  5. Process
  6. Participant
  7. People Physical Evidence

  • Timing Strategy

Memilih waktu yang tepat dalam pemasaran sangat penting sekali. Perusahaan harus bisa melakukan bermacam langkah yang baik pada bidang produksinya. Serta bisa menentukan waktu yang sangat tepat dalam mendistribusikan produk-produk di pasar.

Lihat Juga:   Pengertian Flowchart Adalah

Tujuan Strategi Pemasaran

Berikut dibawah ini merupakan tujuan dari strategi pemasaran, diantaranya :

  1. Untuk bisa meningkatkan kualitas koordinasi terhadap tim pemasaran
  2. Untuk mengukur hasil hasil dari pemasaran sesuai dengan stndard prestasi yang sudah berlaku
  3. Mampu meningkatkan dasar yang sangat masuk akal disaat mengambil sebuah keputusan
  4. Bisa meningkatkan dalam hal kemampuan untuk beradaptasi jika terjadi sebuah perubahan pada pemasaran

Fungsi Strategi Pemasaran

Berikut dibawah ini fungsi dari strategi pemasaran, diantaranya :

  1. Untuk meningkatkan motivasi untuk berpikir jernih kedepannya
  2. Koordinasi dalam pemasaran harus yang sangat efektif dan juga terarah
  3. Bisa merumuskan sebuah tujuan dalam perusahaan
  4. Untuk pengawasan dalam kegiatan dalam pemarasan bisa lebih efektif sesuai dengan standar prestasi kerjanya

Contoh Strategi Pemasaran

Berikut dibawah ini beberapa contoh strategi pemasaran, diantaranya :

  • SEM (Search Engine Marketing)

Sem adalah sebuah strategi pemasaran melalui internet marketing terbaik yang ada di era digitasl seperti sekarang ini.

  • SEO (Search Engine Optimization)

Seo adalah sebuah strategi sistematis yang dapat digunakan dalam meningkatkan website hingga berada di halaman utama pencarian baik itu di google ataupun sejenisnya.

  • Email Marketing

Email Marketing adalah sebuah aktivitas yang langsung mengirimkal email ke orang melalui email dan menarakan produk atau sebuah informasi tentang produk.

  • Sosial Media Marketing

Sosial Media Marketing adalah suatu kegiatan dalam pemasaran atau untuk menawarkan produk, barang dan jasa dengan medsos.

  • Content Marketing

Dengan Content Marketing anda bisa membuat sebuah rencana, dalam pemasaran produk kepada para audiens. Tujuan ini ialah supaya dapat menarik minat dari para audiens.

  • Inbound Marketing

Adalah sebuah cara yang dilakukan seperti langsung menelepon, mendatangi custumer, dan juga aktivitas lain yang terkadang sangat menggangu mereka.

  • Cause Marketing

Adalah sebuah jenis dalam pemasaran yang langsung dilakukan dari perusahaan sebagai tanggung jawab mengenai isu sosial. Yang tujuannya untuk mendapat peningkatan keuntungan dan bisa juga untuk membantu masyarakat.

  • Influencer Marketing

Ialah seorang yang daoat mempengaruhi sangat kuat dan juga mempunyai banyak sekali follower. Hal ini bisa melalui selebgram, vlogger, youtuber, public figur atau sejenisnya.


Demikianlah pembahasan dari pengajar.co.id mengenai Strategi Pemasaran, semoga bisa bermanfaat untuk anda.