Surat Pembaca Adalah

Diposting pada

Halo guys kembali lagi bersama pengajar.co.id kali ini kita ingin membagikan artikel tentang Surat Pembaca Apa itu? ayo kita simak Dibawah ini.

Surat Pembaca Adalah


Pengertian Surat Pembaca Adalah

Surat pembaca adalah surat yang ditulis pembaca yang dimuat pada surat kabar ,Koran serta majalah yang isinya berupa tanggapan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, serta ucapan terima kasih.

Surat pembaca umumnya surat yang isinya dapat dibaca oleh siapapun serta ditujukan terhadap lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, individu, kelompok, maupun organisasi.


Ciri-ciri Surat Pembaca

  1. Surat pembaca adalah surat yang isinya pesan berupa keluhan, pujian, himbauan, undangan, dan sebagainya terhadap instansi atau orang tertentu. Selain dari itu, surat pembaca dapat berupa surat balasan yang dikirimkan guna menjawab keluhan surat pembaca yang sebelumnya.
  2. Sifatnya umum yang berarti surat yang dapat dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yang disampaikan bisa mempengaruhi hajat hidup orang banyak
  3. Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca berisi atas 1-4 paragraf. Isi yang disampaikan dalam surat pembaca langsung ke dalam pokok pembicaraan.
  4. Memakai bahasa yang baku, sopan dan komunikatif.

Tujuan Membuat Surat Pembaca

  1. Sebagai alat guna melakukan perubahan serta menyelesaikan masalah.
  2. Untuk Mendapatkan hadiah.
  3. Membuat perasaan puas serta lega.
  4. Melatih penulisan yang baik.
  5. Mengembangkan kreativitas si menulis.

Kerangka Surat Pembaca

  1. (Apa) yaitu Apa yang terjadi.
  2. (Di mana) yaitu Dimana itu terjadi.
  3. (Kapan) yaitu Waktu kejadian.
  4. (Bagaimana) yaitu Kronologis, bagaimana itu terjadi.
  5. (Bagaimana) yaitu Saran dan kritik pada sebuah instansi.
  6. (Pelengkap informasi) yaitu Identitas serta alamat penulis surat pembaca.
Lihat Juga:   Adaptasi Morfologi Adalah

Cara Membuat Surat Pembaca

1. Judul

Bagian ini lebih berfokus pada keluhan, pujian, pada objek yang dituju. Karena itu, penyunting dari surat kabar akan lebih gampang menunjukkan surat pada objek yang tepat.

2. Identitas Pengirim

Pada bagian ini seorang penulis surat pembaca memberi tahu jati dirinya, mulai dari nama, usia, alamat, kontak. Tapi tak perlu khawatir sebab kebanyakan orang identitas pengirim surat pasti dirahasiakan oleh penyunting surat pembaca, contohnya nama dan kontak akan dilindungi dengan tak dituliskan dalam kolom surat pembaca.

3. Isi Surat

Bagian inti dari surat pembaca yang berisi maksud dari surat, dapat berupa keluhan, pujian bisa jadi himbauan serta pertanyaan lainnya. Pada bagian disertakan harapan pengirim surat untuk permasalahan yang mau diungkapkannya.

4. Struktur

Susunan surat pembaca terksesan berbeda dari surat menyurat pada biasanya. Dalam surat pembaca alamat tujuan surat pembaca tak ditulis pada bagian tersendiri seperti surat biasa. Walaupun begitu secara tersirat dapat diketahui surat pembaca tersebut ditujukan terhadap siapa.

5. Gaya bahasa

Dalam gaya bahasa surat pembaca sangat banyak, tergantung dari gaya masing-masing sih pengirim surat. Ada surat pembaca gaya bahasanya berbentuk mempertanyakan, menyindir, mengimbau, malah ada yang menulis surat pembaca  yang berbentuk puisi maupun anekdot.

6. Kesantunan

Yang tak dapat dilupakan adalah kesantunan. Mau tentang kritikan, pertanyaan, usulan dan lain sebagainya seharusnya isinya disampaikan dengan penuh kesantunan agar tidak menyebabkan ketersinggungan pihak yang ditujukan.

Demikianlah yang bisa kita sampaikan tentang Surat Pembaca Salam sobat Pengajar.co.id