Surat Pengalaman Kerja

Diposting pada

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Surat Pengalaman Kerja Berikut Adalah Pembahasannya:


Surat Pengalaman Kerja

Pengertian Surat Pengalaman Kerja

Surat Pengalaman kerja adalah surat yang berisi tentang memberikan keterangan pengalaman kerja seseorang yaitu tempat, jabatan atau poisisi serta lama dia bekerja di instansi tersebut

Pernahkah Anda mendengar mengai surat pengalaman kerja? Seperti namanya, surat pengalaman kerja adalah surat yang dibuat untuk menunjukkan bahwa seseorang mempunyai pengalaman bekerja dengan posisi tertentu di instansi tertentu.

Oleh sebab itu, surat ini dibuat oleh instansi tempat ia bekerja. Ada cukup banyak contoh surat pengalaman kerja yang dapat menjadi bahan pengetahuan. Contohnya, surat pengalaman kerja ini akan diberikan kepada karyawan atau pekerja dengan catatan serta riwayat kerja yang baik.


Fungsi Surat Pengalaman Kerja

1. Penarikan Dana BPJS

Salah satu fungsi dari surat pengalaman kerja yang sangat penting adalah penarikan dana BPJS, tepatnya JHT atau jaminan hari tua. Yang kita diketahui, pihak BPJS menyiapkan JHT untuk para karyawan dalam sebuah perusahaan. Namun, dalam pencarian dana ada beberapa syarat yang mesti diperhatikan.

Lihat Juga:   Tari Kecak

2. Melamar Pekerjaan

Dalam contoh surat pengalaman kerja seringkali dicantumkan bahwa surat pengalaman kerja tersebut akan dipakai sebagai lampiran dalam lamaran kerja. Memang, salah satu fungsi dari surat pengalaman kerja adalah untuk melamar pekerjaan yang baru.

Biasanya, surat tersebut dimasukkan dalam dokumen penunjang CV yang dikirimkan. Nah, fungsi dari surat pengalaman kerja ini tentang melamar kerja adalah sebagai bukti autentik kalau seseorang yang melamar pekerjaan itu benar-benar pernah bekerja di sebuah instansi yang ditunjukkan dalam CV.

3. Dokumen Penunjang Beasiswa

Kalau Anda mau melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi dengan mencari beasiswa jalur professional, maka surat pengalaman kerja merupakan salah satu surat yang sangat penting. Sebagaimana diketahui, mendapatkan beasiswa dalam studi ialah hal yang sangat menyenangkan.

Beasiswa itu dapat diandalkan untuk mengurangi alokasi dana untuk pendidikan –yang semakin lama semakin mahal. Nah, jalur profesional itu memang disediakan untuk para karyawan profesional yang masih menaruh minat guna melanjutkan studi mereka.

Biasanya, beasiswa tersebut disediakan oleh pemerintah maupun juga pihak swasta. Beberapa pihak asing juga mulai masuk untuk turut menyediakan beasiswa tersebut kepada karyawan. Beasiswa yang disediakan beragam mulai dari S2, doktoral serta lainnya.

4. Pengajuan Pinjaman Bank

Walaupun tidak disarankan, tapi surat pengalaman kerja bisa dipakai sebagai dokumen pendukung untuk pengajuan pinjaman di bank. Mengajukan pinjaman di bank memang menjadi kebanyakan solusi yang diambil oleh mereka yang membutuhkan dana guna memenuhi keperluannya.


Syarat Membuat Surat Pengalaman Kerja

1. Kop Surat

Salah satu bagian paling penting dari surat pengalaman kerja ialah kop surat. Sebagaimana diketahui bersama bahwa surat pengalaman kerja dibuat oleh sebuah instansi dan diberikan kepada karyawan mereka.

Lihat Juga:   √ Konsep Dasar Geografi : Ruang Lingkup, Struktur dan Aspeknya

2. Nama dan Nomor Induk Karyawan

Bagian lain dari surat pengalaman kerja yang cukup penting ialah nama serta nomor induk karyawan. Hal tersebut adalah hal yang wajib dimasukkan dalam pembuatan surat pengalaman kerja karena merupakan identitas dari karyawan.

3. NIK atau nomor induk karyawan

Nomor unik yang hanya dikeluarkan oleh instansi tempat karyawan yang bekerja pada instansi itu. Dengan mempunyai NIK, maka ada bukti autentik bahwa karyawan itu benar-benar bekerja di instansi tadi dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Periode dan Jabatan Kerja

Periode serta jabatan kerja masuk ke dalam bagian dari surat pengalaman kerja yang sangat penting. Bagian tersebut menjadi bukti dari pengalaman kerja yang dimiliki oleh seorang karyawan. Dengan adanya bagian periode kerja, maka bisa dilihat berapa lama karyawan itu bekerja pada instansi terkait.

5. Kontribusi dan Keterampilan

Hal lain yang penting untuk dimasukkan dalam surat pengalaman kerja ialah kontribusi dan pengalaman. Sebagaimana namanya, surat pengalaman kerja menjelaskan mengenai keterampilan yang dimiliki oleh karyawan tertentu yang menjadi pengalaman dari karyawan tadi.

Dalam pembuatan surat pengalaman kerja, keterampilan dan kontribusi yang ditulis mesti berdasarkan fakta dan kemampuan yang sebenarnya. Dengan catatan itu, maka ada peluang seorang karyawan tadi akan mendapatkan posisi yang lebih baik saat mau memakai surat pengalaman kerja tersebut.

6. Stempel Resmi

Dalam pembuatan surat pengalaman kerja, maka mesti ada stempel resmi yang ditambahkan atau dibubuhkan. Stempel tersebut adalah bagian yang paling krusial sebab akan berpengaruh pada legalitas dari surat pengalaman kerja.


Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

1. Menggunakan Bahasa yang Baku

Sudah dijelaskan di awal bahwa surat pengalaman kerja adalah salah satu jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak instansi bersangkutan. Dalam hal ini, pembuatan surat pengalaman kerja harus dilakukan dengan memakai bahasa yang baku. Dapat dikatakan bahwa bahasa yang baku adalah roh dari surat ini.

Lihat Juga:   Aransemen Adalah

2. Buat dengan Data Sebenarnya

Pembuatan surat pengalaman kerja wajib dilandaskan pada data atau fakta yang sebenarnya. Hal tersebut disebabkan surat pengalaman kerja akan dipakai untuk beragam hal berbeda dengan tingkat yang dapat jadi lebih tinggi.

Dengan dasar atau fakta untuk landasan pembuatan, jadi kapasitas dari karyawan yang tertera dalam surat pengalaman kerja dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, surat pengalaman kerja dengan data yang benar juga akan menjaga nama baik dari instansi yang mengeluarkannya.

3. Berikan Informasi yang Jelas dan Lengkap

Hal paling penting dalam pembuatan surat pengalaman kerja ialah informasi yang diberikan. Dalam surat itu ada cukup banyak informasi tentang kinerja karyawan yang memang mesti ditampilkan sebagai dasar pertimbangan.

4. Ikuti Kaidah yang Berlaku

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada struktur dari surat pengalaman kerja yang dijadikan patokan dalam pembuatannya. Oleh sebab itu, saat Anda mau membuat surat ini, maka ada aturan berlaku yang harus diikuti lebih lanjut.

Mengikuti aturan penulisan adalah hal yang sangat penting. Dengan aturan-aturan tersebut, maka surat pengalaman kerja yang dibuat tentu saja akan sesuai keharusan dan bisa dipakai dalam bermacam hal yang berbeda dengan baik dan lancar.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Surat Pengalaman Kerja

Demikianlah artikel tentang Surat Pengalaman Kerja Semoga Dapat bermanfaat Bagi Kita Semua!