Surat Pribadi Adalah

Diposting pada

Pada Kempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan Artikel tentang Surat Pribadi berikut penjelasannya:

Surat Pribadi Adalah

Pengertian Surat Pribadi Adalah

Surat Pribadi adalah jenis surat yang dibuat guna keperluan pribadi atau personal yang dikirimkan kepada pihak lain, baik kepada seseorang ataupun kepada organisasi maupun perusahaan.

Surat pribadi dapat memakai bahasa baku maupun tidak baku karena isi surat itu bisa disesuaikan dengan keperluannya. Dalam penulisan isi surat pribadi wajib selalu memperhatikan etika serta memakai bahasa yang sopan.


Ciri-ciri Surat Pribadi

  1. Surat pribadi tak dilengkapi dengan kepala surat (kop surat).
  2. Surat pribadi tidak mempunyai nomor surat.
  3. Salam pembuka serta penutup dalam surat pribadi bersifat non formal dan santai.
  4. Bahasa yang dipakai disesuaikan dengan tujuan surat pribadi itu. Memakai bahasa baku kalau bersifat resmi, serta menggunakan bahasa tidak baku kalau sifatnya tidak resmi.
  5. Format surat pribadi biasanya lebih bebas.

Fungsi Surat Pribadi

1. Untuk Mengekspresikan Perasaan

Surat pribadi biasanya dipakai untuk keperluan personal sampai sering dipakai untuk mengungkapkan perasaan seseorang.

2. Menjadi Wakil Penulis

Surat pribadi berfungsi sebagai wakil atau duta penulis surat. Surat pribadi mewakili penulis surat guna berkomunikasi dengan pihak lain.

3. Sarana Penyampaian Ide serta Gagasan

Penyampaian gagasan serta ide bisa dilakukan lewat surat pribadi kepada orang lain. Dengan cara seperti ini maka si penulis bisa menyampaikan ide serta gagasannya secara bebas.

Lihat Juga:   √ Koordinasi Adalah : Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat, Syarat dan Ruang Lingkup

4. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Menulis sebuah surat pribadi bisa membantu mengembangkan kemampuan bahasa seseorang. Semakin sering membuat surat pribadi jadi kemampuan tata bahasa seseorang akan meningkat.


Jenis-jenis Surat Pribadi

1. Surat Pribadi Kekeluargaan

Jenis surat pribadi yang satu ini dikirimkan guna keperluan komunikasi dengan keluarga, kerabat, serta orang-orang yang dikasihi.

Surat pribadi kekeluargaan biasanya memakai bahasa tidak baku. Surat jenis tersebut biasanya dibuat dalam tulisan tangan.

2. Surat Pribadi Setengah Resmi

Surat pribadi setengah resmi adalah surat pribadi yang satu yang dipakai guna keperluan berkomunikasi dengan sebuah instansi atau organisasi.

Pemakaian bahasa dan format penulisan wajib dibuat sedemikian rupa, yakni dengan bahasa baku dan sopan. Surat Pribadi Setengah Resmi Ada 2 yaitu:

  • Surat Lamaran Kerja

Surat yang dibuat serta diserahkan kepada pihak lain guna keperluan melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja memakai bahasa baku yang baik, sopan, serta mudah dimengerti.

  • Surat Permohonan

Surat yang dibuat serta diserahkan kepada pihak lain, baik itu pribadi ataupun instansi atau organisasi, guna mengajukan permohonan.


Struktur Surat Pribadi

1. Alamat dan Tanggal Penulisan Surat

Pada bagian tersebut pembuat surat menuliskan alamatnya secara singkat serta tanggal surat itu dibuat.

2. Salam Pembuka

Salam pembuka adalah cara penulis surat memulai komunikasi lewat surat pribadi. Beberapa kata yang sering dipakai sebagai salam pembuka, Contohnya:

Salam sejahtera

Asalamualaikum

Dear…

Dan lain-lain

3. Paragraf Pembuka

Kalimat di paragram pembuka biasanya berbentuk pertanyaan tentang kabar si penerima surat. Contohya,

“Hai Udin, apa kabar? Bagaimana keadaan mu di sana. Sudah lama kita tidak bertemu, pasti kamu sudah tambah sukses sekarang…”

4. Paragraf Isi

Pada bagian tersebut tempat dimana si penulis surat menggambarkan inti atau tujuan dibuatnya surat tersebut. Suatu surat pribadi juga wajib mempunyai tujuan yang jelas serta disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Contohnya:

Lihat Juga:   √ Jenis HAM : Pengertian, Ciri dan UU HAM

“Udin, sahabat kecilku yang baik. Banyak yang terjadi di kampung kita sejak kamu pergi ke kota. Banyak pembangunan infrastruktur yang dibuat pemerintah, lau sekarang banyak lowongan pekerjaan di sini. Saya mau mengajak kamu bekerja di perusahaan keluargaku yang telah berkembang…”

5. Paragraf Penutup

Paragraf tersebut dipakai untuk menutup atau mengakhiri surat pribadi. Kata-kata yang sering dipakai ialah harapan, mohon diri, permintaan maaf, dsb. Contohnya:

“Udin, sekian dulu surat saya. Kalau sempat, tolong dibalas ya. Jangan lupa, sampaikan salam dari aku untuk Mama dan Papa mu…”

Contoh Surat Pribadi

Demikianlaha rtikel dari pengajar.co.id tentang Surat Pribadi Semoga Dapat bermanfaat bagi kita semua!