Wartawan Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Wartawan Adalah : Pengertian, Fungsi, Tugas, Jenis & Tujuan, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini : Wartawan-Adalah


Pengertian Wartawan

Wartawan adalah orang yang tugasnya mencari, mengumpulkan, memilih, mengelola berita, dan menyajikannya dengan cepat kepada masyarat yang lebih luas melalui media massa, media cetak, dan elektronik. Yang bisa disebut wartawan adalah reporter, editor, juru foto berita, juru kamera berita, editor audiovisual dan redaktur.

Menurut undang undang nomor 40 tahun 1999 Pengertian wartawan adalah profesi yang secara teratur melakukan sebuah kegiatan jurnalistik mulai dari mencari, memperoleh, memiliki, mengolah, menyimpan dan menyampaikan informasi kepada perusahaan pers atau kantor berita untuk dipublikasikan atau disiarkan kepada semua masyarakat umum, tujuannya agar mereka dapat memperoleh informasi yang benar, tepat, akurat dan objektif.


Tugas Pokok dan Fungsi Wartawan

Berikut dibawah ini merupakan tugas pokok dan fungsi wartawan, yaitu :

  1. Authenticator

    Yakni konsumen memerlukan wartawan yang bisa memeriksa keautentikan suatu informasi.

  2. Sense Maker

    Yakni menerangkan apakah informasi itu masuk akal atau tidak.

  3. Investigator

    Yakni wartawan harus terus mengawasi kekuasaan dan membongkar kejahatan.

  4. Witness Bearer

    Yakni kejadian-kejadian tertentu harus diteliti dan dipantau kembali dan dapat bekerja sama dengan reporter warga.

  5. Empowerer

    Yakni saling melakukan pemberdayaan antara wartawan dan warga untuk menghasilkan dialog yang terus-menerus pada keduanya.

  6. Smart Aggregator

    Yakni wartawan cerdas harus berbagi sumber berita yang bisa diandalkan, laporan-laporan yang mencerahkan, bukan hanya karya wartawan itu sendiri.

  7. Forum Organizer

    Yakni organisasi berita, baik lama dan baru, dapat berfungsi sebagai alun-alun di mana warga bisa memantau suara dari semua pihak, tak hanya kelompok mereka sendiri.

  8. Role Model

    Yakni tak hanya bagaimana karya dan bagaimana cara wartawan menghasilkan karya tersebut, namun juga tingkah laku wartawan masuk dalam ranah publik untuk dijadikan contoh.


Jenis-Jenis Wartawan

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis atau macam macam wartawan, yaitu :

  1. Wartawan Profesional

    Adalah wartawan yang memang bekerja secara professional dalam menjalankan tugasnya, serta patuh terhadap kode etik jurnalistik dan juga memenuhi standar profesi wartawan

  2. Wartawan Gadungan

    Adalah wartawan palsu yang mempunyai tujuan atau kepentingan pribadi atau terselubung


Tujuan Wartawan

Berikut dibawah ini tujuan utama dari wartawan

  1. Untuk dapat memperoleh sebuah fakta penting dari suatu wawancara, seorang reporter wajib menemukan sumber yang kredibel dan dapat dipercaya dengan informasi yang sangat akurat.
  2. Untuk dapat memperoleh bukti nyata
  3. Wartawan dapat melakukan wawancara dengan orang yang ditemui di jalan untuk meminta pendapat tentang masalah atau kondisi tertentu.

Kode Etik Wartawan

Berikut dibawah ini kode etik wartawan Indonesia, yaitu :

  1. Wartawan Indonesia menghormati hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar.
  2. Wartawan Indonesia menggunakan tata cara etis guna mendapatkan dan menyebarkan informasi dan untuk memberikan identitas terhadap sumber informasi.
  3. Wartawan Indonesia menghormati anggapan tidak bersalah, tidak mencampurkan fakta dengan opini, seimbang dan selalu memeriksa kebenaran informasi, dan tidak melakukan plagiarisme.
  4. Wartawan Indonesia tidak menyebarkan informasi penipuan, fitnah, sadis dan cabul dan tidak menyebutkan identitas korban kejahatan.
  5. Wartawan Indonesia tidak menerima suap dan tidak menyalahgunakan profesinya.
  6. Wartawan Indonesia memiliki hak untuk menolak informasi dasar dan tidak resmi sesuai dengan perjanjian, dengan menghormati ketentuan embargo.
  7. Wartawan Indonesia segera mencabut dan memperbaiki kesalahan pelaporan dan melayani hak jawab.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Wartawan Adalah : Pengertian, Fungsi, Tugas, Jenis & Tujuan, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   Sinonim dan Antonim