Wifi Adalah

Diposting pada

Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Wifi Berikut Penjelasannya:

Wifi Adalah


Pengertian Wifi Adalah

Wifi adalah Teknologi yang fungsinya saling bertukar data memakai gelombang radio (secara nirkabel) dengan memakai bermacam peralatan elektronik. Dibutuhkan peralatan elektronik seperti contohnya komputer, smartphone, tablet, atau malah video game console guna terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, lewat Wifi.

Perangkat elektronik itu wajiblah ada dalam suatu titik akses (hotspot) jaringan nirkabel untuk bisa terhubung dengan Wifi. Dalam sebuah jaringan Wifi, biasanya titik akses mempunyai jangkauan sampai 20 meter di dalam ruangan, serta ada yang lebih jauh jangkauannya untuk Wifi di luar ruangan.

Wifi sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Pada umumnya, untuk dapat terhubung dengan suatu perangkat elektronik, Wifi memakai frekuensi gelombang radio dalam rentang 2,4GHz s/d 5GHz. Semakin berkembangnya zaman mengubah internet dari yang sebelumnya cuma merupakan kebutuhan tersier, sekarang malah sudah menjadi kebutuhan primer.

Karena itulah lalu cukup banyak juga pebisnis yang memanfaatkan adanya Wifi supaya pelanggannya bisa menikmati waktu lebih lama di restoran atau kafe miliknya.


Sejarah Wifi

Wifi juga tak muncul begitu saja, ada sejarah perkembangan Wifi yang secara singkat bisa dijabarkan dalam beberapa poin berikut:

1997 : Dibentuk suatu jaringan wireless namanya 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)

1999 : Hadir Wireless B dengan kecepatan transfer data 11 Mbps. 2003 : Hadir Wireless G dengan kecepatan transfer data mencapai 54 Mbps. Hanya beroperasi dalam frekuensi 2,4GHz.

Lihat Juga:   √ Upaya Upaya Penegakan HAM

2009 : Hadir Wireless N, mendukung kecepatan transfer data sampai 300 Mbps (2 antena) atau 450 Mbps (3 antena). Jangkauan lebih luas daripada sinyal Wireless G.

2014 : Muncul Wireless AC yang mempunyai kecepatan 500Mb/s – 1 Gb/s. Beroperasi di frekuensi 5GHz.


Fungsi Wifi

1. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

Beda dengan jaringan kabel LAN yang batas pemakainya, Wifi bisa dipakai di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. jadi, Wifi memudahkan banyak pemakai untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.

2. Berbagi Data Antar Perangkat

Contohnya Anda mempunyai 2 buah perangkat elektronik, kemudian mau memindahkan data di salah satunya ke perangkat lainnya. Wifi bisa dimanfaatkan untuk hal ini, jadi kabel data tak lagi dibutuhkan serta menyebabkan pekerjaan lebih praktis dan efisien.

3. Modem Dari Smartphone

Memang dengan adanya Wifi, suatu smartphone bisa terhubung dengan internet jadi pengguna tak perlu lagi memakai paket data berbayarnya. Tapi tak hanya itu, kalau smartphone Anda mendukung perangkat wireless, maka kamu dapat menjadikan smartphone itu sebagai modem.

Hal tersebut sangat berguna terutama kalau Anda bepergian ke tempat yang tak tersedia Wifi. Kalau paket data Anda cukup banyak, maka saat mau mengakses internet lewat laptop contohnya, Kamu bisa memakai smartphone sebagai modem yang memakai sinyal Wifi untuk terhubung ke laptop.

4. Kecepatan Internet Lebih Pesat

Hal tersebut tentu telah mampu dipahami oleh para pemakai smartphone. Beda dengan ketika mengakses internet lewat jaringan seluler yang terkadang cepat terkadang lambat tergantung keberadaan sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan memakai Wifi lebih terjamin kecepatannya. Salah satu indikasinya adalah kamu dapat melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih cepat, serta akses yang tidak membutuhkan loading.

Lihat Juga:   √ Jurnal Pembalik : Pengerian, Fungsi, Tujuan dan Cara Membuatnya

Cara Kerja Wifi

Mudahnya, Wifi bekerja dengan memafaatkan gelombang radio. Bermacam data yang diminta atau dikirimkan pemakai melesat di udara memakai gelombang radio. Supaya bisa menerjemahkan data atau dokumen yang dikirim lewat gelombang radio ini, suatu komputer wajib mempunyai adaptor wireless jadi terhubung dengan Wifi.

Gelombang radio yang berupa sinyal tersebut lalu dikirim menuju router yang berfungsi sebagai decoder (penerjemah kode). Sesudah diterjemahkan, data itu dikirim ke jaringan internet dengan memakai koneksi ethernet.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Wifi Semoga Dapat Bermafnaat