√Wirausahawan Adalah

Diposting pada

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Wirausahawan Berikut Adalah Pembahasannya

pengertian wirausahawan mandiri, pengertian wirausaha dan wirausahawan, materi wirausaha, contoh wirausahawan, karakteristik wirausahawan, jelaskan karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, tujuan wirausaha, pengertian wirausaha menurut para ahli

Pengertian Wirausahawan

wirausa maupun juga wirausahawan adalah seseorang orang yang akan melakukan suatu aktivitas wirausaha yang akan dicirikan dengan pandai atau juga berbakat mengenali produk baru,yang diana akan menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk dapat pengadaan produk baru,yang akan memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Pengertian wirausaha secara umum merupakan seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan juga upaya meliputi suatu kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk dapat menciptakan sebuah peluang usaha, pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi, dengan segala resiko yang akan dihadapinya.

Dalam prosesnya ini, wirausahawan akan menggabugkan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material dan juga peralatan yang lainnya, serta melakukan sebuah proses yang sering disebut creative destruction untuk dapat menghasilkan suatu nilai tambah (added value) guna menghasilkan nilai yang lebih tinggi, sehingga inti dari ketrampilan wirausaha ialah kreativitas.


Ciri – Ciri Wirausahawan

1. Mempunyai suatu keberanian serta daya kreasi yang tinggi

Seorang wirausahawan yang sukses merupakan seseorang yang mempunyai keberanian tinggi untuk dapat berkreasi dan juga mengeksekusi semua ide yang ada di otaknya karena kreativitas -saja tidak akan cukup untuk menuju kesuksesan berbisnis. Orang yang mempunyai keberanian akan lebih sukses jika akan dibandingkan mereka yang hanya punya ide tanpa eksekusi karena -ide tanpa eksekusi tentu saja itu percuma.

Lihat Juga:   Administrasi Pendidikan

2. Memiliki semangat yang tinggi dan juga kemauan yang sangat keras

Tak hanya daya kreativitas saja yang diutmakan oleh seorang wirausahawan. akan juga tetapi, seorang wirausahawan yang ingin membangun bisnis juga harus mempunyai semangat yang tinggi atau juga kemauan yang keras dengan tujuan dalam rangka membantu menumbuhkan rasa percaya diri bahwa apa yang akan telah dikerjakan nantinya harus bisa membawa kesuksesan. Kemauan yang keras juga sangat dibutuhkan karena hal tersebut dapat membuat seseorang mempunyai tekad yang kuat demi mewujudkan apa yang diinginkan.

3. Memiliki jiwa pemimpin dan tidak berperilaku konsumtif

Seorang wirausahawan atau seorang calon wirausahawan haruslah mempunyai jiwa pemimpin tidak hanya untuk dirinya sendiri,tetapi juga melainkan juga untuk bawahannya. Dalam artian seorang wirausahawan harus mampu memimpin dan juga bisa mengendalikan dirinya sendiri dan anggotanya didalam suatu pengambilan suatu keputusan.

Seorang pemimpin tak seharusnya mempunyai perilaku konsumtif karena pengeluaran harus lebih kecil jika dibandingkan dengan pendapatan mereka. Dengan jiwa yang seperti ini tentu saja bisnis yang tengah dibangun akan juga semakin berkembang terus menerus dan juga keuntungan bisa saja diputar kembali menjadi tambahan modal sehingga dengan cara ini bisnisnya bisa semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu.


Tujuan Berwirausaha

Seorang yang berjiwa wirausaha tentu punya suatu tujuan. Selain melakukannya untuk diri sendiri, seorang wirausahawan juga akan melakukan berbagai kegiatan wirausaha untuk mendapatkan kepentingan orang lain. Berikut beberapa tujuan berwirausaha seorang wirausahawan ,yakni :

  • Membuka sebuah lapangan kerja baru bagi orang lain dan dalam rangka membantu mereka untuk menjadi pengusaha secara yang mandiri.
  • Membantu menciptakan suatu jaringan bisnis baru yang dapat menyerap banyak tenaga kerja yang berada sekitarnya.
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan hidup maupun juga bermasyarakat yang ada di sekitar usaha yang akan dijalankan dengan membuka sebuah lapangan kerja.
  • Membantu menularkan serta dapat mengembangkan semangat wirausaha kepada orang lain.
  • Membantu para pengusaha muda dalam berinovasi dan juga berkreasi.
Lihat Juga:   15 Ide Kerajinan Tangan dari Bambu Unik dan Nilai Jual Tinggi

Karakteristik Wirausaha

untuk dapat menjadi seorang wirausaha atau juga calon wirausahawan, Anda semua harus tahu dulu beberapa karakteristik wirausaha berikut ini :

  • Mengenali dan yakin dengan suatu produknya
  • Mampu menerima kritik dan juga saran yang baik dengan tidak berdebat dengan pelanggan maupun calon pelanggan
  • Mempunyai sikap untuk ramah dan juga siap melayani pelanggan dengan baik
  • Memiliki kemampuan yang baik untuk dapat berkomunikasi dengan anggota, bawahan atau juga pelanggan
  • Bersikap jujur, santun dan berani dalam pengambilan suatu keputusan
  • Bertanggung jawab jika saja terjadi sesuatu terhadap produk atau juga jasa dalam bisnis yang berpotensi yang dapat merugikan pelanggan

Hal Yang Perlu Dilakukan oleh Wirausahawan

1. Menggali Potensi

Setiap individu memiliki karakter, potensi, bakat yang berbeda, dalam memulai wirausaha, sesorang perlu menggali potensi yang ada pada diri masing-masing. Jangan hanya berorientasi dengan usaha apa yang sedang naik daun namun melupakan bisa tidaknya kita dalam mengelolanya.

Potensi diri menjadi faktor pengembangan usaha yang akan dilakukan, karena ketika seseorang sudah mengetahui apa bakatnya, dimana potensinya, maka dalam menjalankan usaha akan lebih mudah dan cepat berkembang. Wirausahawan perlu memiliki enam karakter utama yaitu:

Focus. Berfokus pada satu usaha yang memiliki dampak positif paling besar.
Advantage. Keuntungan yang menjadi target wirausaha.
Creativity. Memiliki pemikiran yang kreatif dalam pengenalan produk serta persaingan pasar.
Ego. Pandai mengatur ego sendiri, bagaimana mensikapi masalah dan sebagainya.
Team. Dalam berwirausaha tetap diperlukannya kerjasama tim yang struktural untuk menunjang pengelolaan usaha.
Social. Diperlukannya jiwa sosial agar produk yang dibuat dapat dengan mudah diterima masyarakat luas.

2. Memulai Usaha

Terdapat empat kategori untuk menjadi wirausahawan, yaitu:

Lihat Juga:   Gelombang Mekanik

Penemu. Menjadi otak pemikir dalam berwirausaha, meliputi konsep, dan metodologi.
Inovator. Memecahkan masalah baru, pengembangan teknologi baru.
Marketer. Menganalisis serta mengidentifikasi kebutuhan pasar serta mengelola agar produk baru memenuhi pasar atau produk substitusi lebih efisien.
Oportunis. Menyesuaikan antara kebutuhan serta jasa yang akan diperoleh.

3. Kemampuan Yang Diperlukan

Keterampilan yang dibutuhkan wirausahawan biasanya dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

Teknis seperti menulis, mendengar, presentasi, pembinaan pengorganisasian, bekerjasama.
Managemen, yaitu memulai, pengembangan, serta pengelolaan perusahaan seperti, membuat keputusan, memasarkan, pengelolaan keuangan, produksi dan sebagainya
Kewirausahaan, keterampilan ini seperti kedisiplinan, pengambilan risiko, pemikiran inovatif, jiwa kepemimpinan dan orientasi perubahan.

Demikianlah artikel tentang √Wirausahawan Adalah: Ciri, Tujuan dan Karakteristik dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.