Seni Rupa Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Seni Rupa adalah: Pengertian, Unsur, Fungsi, Contoh, Aliran, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Seni-Rupa-adalah


Pengertian Seni Rupa

Pengertian seni adalah cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan menggunakan media yang dapat dilihat dengan penglihatan dan yang juga dapat dirasakan atau disentuh dengan indera peraba.

Seseorang yang menciptakan sebuah karya seni akan mengekspresikan ekspresi, keindahan, cinta, dan berbagai hal yang dituangkan ke dalam media yang dapat dilihat langsung atau disentuh.


Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

  1. Menurut Kumala Devi Chattopadhayaya

    Seni Rupa adalah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman ke publik. Dengan kata lain, seni rupa adalah jembatan untuk membuat orang lain mengerti bagaimana perasaan seniman.

  2. Menurut Haukin

    Seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang dibayangkan dan diterapkan pada suatu objek. Haukin percaya bahwa seni rupa adalah seni yang juga harus dipajang atau ditampilkan di depan orang-orang.


Unsur-Unsur Seni Rupa

Berikut dibawah ini unsur unsur seni rupa, yaitu :

  1. Titik

    Unsur ini merupakan dasar dari sebuah ide yang akan dituangkan untuk menciptakan karya seni. Titik adalah unsur terkecil dari penciptaan seni rupa. Unsur ini adalah awal dari pembuatan karya seni rupa.

  2. Garis

    Unsur ini merupakan penggabungan satu titik ke titik lain. Garis memiliki jenis yang berbeda. Setiap garis yang dituangkan akan membentuk karakter dan ciri khas yang dapat menggambarkan karya seni. Garis juga dapat menggambarkan sifat, apakah kaku, fleksibel atau keras.

  3. Bidang

    Unsur ini merupakan pengembangan dari kumpulan garis yang telah dicetak di media. Garis-garis ini, jika digabungkan, akan menjadi area yang memiliki keindahan tersendiri. Seorang seniman sangat berhati-hati untuk mempersatukan unsur ini.

  4. Bentuk

    Unsur seni rupa ini bisa memberi kesan pada sebuah karya seni sehingga karya seni bisa menjadi lebih hidup. Dilengkapi dengan sentuhan seniman dan detail yang sempurna, membuat karya seni ini luar biasa.

  5. Ruang

    Unsur seni rupa yang unik ini memiliki dua sifat, yaitu pseudo-nature dan true nature. Pseudo-nature hanya dapat dinikmati dengan CSrs yang terlihat saja, sementara sifat nyata dapat dilihat dan disentuh. Kedua sifat ini sangat berbeda tergantung pada dimensinya, dimensi 2 atau dimensi 3.

  6. Warna

    Unsur seni rupa ini sangat penting dalam pembuatan karya seni, terutama seni rupa. Untuk menjadi karya seni yang indah, seorang seniman harus mencampur dan mencocokkan warna. Kombinasi warna akan menggambarkan suasana hati, apakah bahagia atau sedih.

  7. Tekstur

    Dalam sebuah karya seni, tekstur dapat diartikan sebagai sifat atau keadaan suatu karya seni. Tekstur ini dibagi menjadi 2 yaitu tekstur semu dan tekstur nyata. Tekstur semu adalah tekstur yang memiliki kesan bahwa tidak ada kesamaan antara penglihatan dan sentuhan.

    Adapun tekstur yang nyata adalah unsur dari sebuah karya seni di mana indera peraba dan indra penglihatan dirasakan. Penikmat seni selalu memperhatikan satu unsur yang satu ini.

  8. Gelap Terang

    Unsur ini akan membuat karya seni terlihat nyata dan hidup. Karena pada pengerjaannya sangat memperhatikan intensitas cahaya. Untuk menciptakan karya seni yang luar biasa, seorang seniman akan menciptakan karya seni, dengan memperhatikan intensitas cahaya dengan sangat detail.


Fungsi Seni Rupa

Berikut dibawah ini merupakan fungsi seni rupa, yaitu :

  1. Fungsi Individu

    Fungsi ini memiliki karakter individualistis yang bertujuan untuk memuaskan dirinya sendiri. Seseorang menciptakan seni ini untuk mengekspresikan diri mereka dan dengan itu akan lahir kepuasan batin dari pencipta karya. Karya ini menggambarkan suasana hati sang pencipta. Entah senang atau sedih.

  2. Fungsi Sosial

    Sebuah karya seni rupa memiliki fungsi sosial, di mana karya seni memiliki nilai keindahan yang bertujuan untuk memuaskan banyak orang. Hasil karya itu bisa bermanfaat bagi banyak orang, misalnya bangunan gedung dan bangunan rekreasi.


Aliran Seni Rupa

Berikut dibawah ini merupakan aliran seni rupa, yaitu :

  1. Naturalisme
  2. Realisme
  3. Romantisme
  4. Impressionisme
  5. Ekspresionisme
  6. Kubisme
  7. Fuvisme
  8. Dadaisme
  9. Futurisme
  10. Surrealisme
  11. Abstraksionisme
  12. Popular Art
  13. Post Modern

Jenis-Jenis Seni Rupa

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis seni rupa, yaitu :

  1. Seni Rupa Murni

    Seni rupa murni adalah cabang seni yang menghasilkan sebuah karya yang lebih memfokus pada nilai keindahan atau estetika, dan yang tidak terlalu memperdulikan dengan nilai praktis dari karya yang dihasilkan.

  2. Seni Desain

    Seni desain adalah cabang seni yang berhubungan dengan proses kreatif dalam perencanaan atau merancang bentuk.

  3. Seni Kriya

    Seni kriya adalah karya seni yang diciptakan menggunakan keterampilan tangan dan memperhatikan nilai seni dan aspek fungsional dari karya yang dihasilkan.


Contoh Seni Rupa

contoh-seni-rupa-modern
Contoh Seni Rupa Modern
contoh-seni-rupa-murni
contoh seni rupa murni
contoh-seni-rupa-dua-dimensi
contoh seni rupa dua dimensi
contoh-seni-rupa-tiga-dimensi
contoh seni rupa tiga dimensi

 


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Rupa adalah: Pengertian, Unsur, Fungsi, Contoh, Aliran, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   √ Konsep Dasar Geografi : Ruang Lingkup, Struktur dan Aspeknya