Arah Mata Angin

Diposting pada

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Arah Mata Angin Berikut Adalah Pembahasannya:


Arah Mata Angin

Pengertian Arah Mata Angin

Arah mata angin adalah sebuah panduan yang kerap dipakai untuk menemukan ataupun memilih arah mata angin. Secara umum, arah mata angin ini mempunnyai tujuan untuk memilih arah pada kondisi tertentu supaya tak tersesat dan dapat melanjutkan perjalanan ke tempat yang dituju sesuai dengan yang kita harapkan.

Arah mata angin memang sangat penting untuk orang yang hobi travelling ataupun hiking di alam bebas dan untuk orang yang kerap berpergian, apalagi ketika mereka menghadapi tempat dan kondisi yang baru dilalu ataupun dikunjungi serta tak ada info seperti tanda atau petunjuk arah.

Tapi, umumnya kita juga penting untuk tahu arah mata angin sebagai bekal pengetahuan yang nantinya hendak kita pakai.


Komponen Arah Mata Angin

Arah mata angin sendiri terbagi menjadi beberapa komponen. Setidaknya ada 4 arah utama yang selalu digunakan di dalam standar pembuatan alat bantu petunjuk arah contohnya yang ada pada alat-alat navigasi, kompas, atau peta.

Selain ke-4 mata angin utama ada pula mata angin tengah yang selama ini diakui serta dijadikan sebagai pedoman. Setidaknya ada delapan arah mata angin dengan urutan sebagai berikut :

  1. Utara (0°)
  2. Timur maritim (45°), letaknya di antara utara dan timur
  3. Timur (90°)
  4. Tenggara (135°) letaknya berada di antara timur dan selatan
  5. Selatan (180°)
  6. Barat daya (225°): letaknya di antara selatan dan barat
  7. Barat (270°)
  8. Barat maritim (315°): letaknya di antara barat dan utara
Lihat Juga:   Rumah Adat Aceh

Jenis-jenis Arah Mata Angin

1. Arah Mata Angin Pokok

Untuk jenis yang pertama adalah arah mata angin pokok yang biasanya kerap dibicarakan oleh banyak orang. Jenis arah mata angin satu tersebut memang jadi standart dari pembuatan alat sebagai penunjuk arah. Adapun beberapa alat penunjuk arah yang digunakan berupa kompas, peta dsb.

2. Arah Mata Angin Tengah

Selanjutnya, arah mata angin yang kedua adalah arah mata angina tengah yang mana di antara ke 4 mata angina pokok yang tadi sudah disebutkan. Contohnya, di antara utara dan timur ada mata angin timur laut.

Sementara untuk arah mata angin timur laut disebut sebagai mata angin tengah. Tentu saja selain mata angin yang pokok, arah mata angin tengah ini pun sering digunakan sebagai penentu arah. Tidak hanya hanya arah timur laut saja sebab pastinya akan ada banyak lagi arah mata angin tengah ini.

Nama-nama dari arah di mata angin tengah yakni timur laur (di antara timur dan utara), tenggara (di antara timur dan selatan), barat daya (di antara selatan dan barat), serta barat laut (di antara barat dan utara).

3. Arah Mata Angin Selatan

Yang selanjutnya adalah arah mata angin tambahan yang mana letaknya di antara mata angin pokok dan tengah. Contohnya saja di antara timur, utara dan timur laut disebut dengan utara timur laut. Tidak terbatas mata angin pokok dan tengah saja, sebab memang arah mata angin tambahan ini sudah sangat tak asing.

Arah mata angin tambahan tersebut terdiri dari utara timur laut (di antara utara dan timur laut), timur-timur laut (di antara timur laut dan timur), timur menenggara (di antara timur dan tenggara), selatan menenggara (di antara tenggara dan selatan), selatan barat daya (di antara selatan dan barat daya), barat-barat daya (di antara barat daya dan barat).

Lihat Juga:   Klausa Adalah

Barat-barat laut (di antara barat dan barat laut), utara barat laut (di antara barat laut dan utara). Memang benar bila semua arah mata angin yang telah disebutkan di atas bila digabungankan maka akan berjumlah 16 nama yang selanjutnya adalah cara dari menentukan arah mata angina.


Cara Menentukan Arah Mata Angin

Zaman dulu, sudah banyak orang yang melakukan bemacam cara untuk menentukan arah mata angin dengan menggunakan alat-alat sederhana. Beberapa cara yang kerap digunakan untuk menentukan arah mata angin adalah memakai bayangan, jarum, matahari, silet serta masih banyak cara lagi yang digunakan.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu juga ditambah pula dengan berkembangnya zaman saat ini membuat orang lebih mudah untuk menentukan arah mata angin. Terlebih dengan adanya GPS di setiap smartphone.

Akan tetapi, bagi kamu yang sedang kehilangan arah alias tersesat di hutan dan sinyal pada ponsel tak berfungsi maka bisa jadi Anda harus menggunakan alat-alat yang ada di sekitar untuk dapat menetukan arah mata angin dengan mudah. Contohnya saja dengan tongkat, batu dan juga kompas.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Arah Mata Angin Semoga Dapat Bermnafaat Bagi Kita Semua!