Halo teman teman Pengajar.co.id kali ini kita ingin memberikan artikel tentang Logo Simak sampai habis ya:
Pengertian Logo Adalah
Logo adalah sebuah gambar atau sketsa yang mempunyai arti tertentu, serta mempunyai arti yang kuat dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, maupun lembaga . Logo membutuhkan sesuatu yang singkat serta gampang di ingat untuk pengganti dari nama sebenarnya.
Sebuah logo harus memiliki filosofi serta kerangkat dasar yaitu konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri maupun mandiri. Suatu logo mempunyai ciri khas contohnya warna serta bentuk logo itu.
Suatu logo bisa menggunakan elemen apa saja, contohnya tulisan, logogram, gambar, ilustrasi dan banyak lainnya. Logo merupakan simbol atau elemen gambar pada identitas visual.
Fungsi Dari Logo
- Sebagai Identitas,agar bisa membedakan identitas milik kita dengan milik orang lain.
- Tanda Kepemilikan atau kepunyaan. Agar bisa membedakannya milik orang lain dengan milik kita.
- Sebagai Tanda Bagusnya kualitas.
- Mencegah peniruan/pembajakan biasanya pada produk.
- Memberi nilai positif.
- Propergi legal sebuah produk pada organisasi atau perusahaan.
- Mengkomunikasikan informasi contohnya keaslian, nilai serta kualitas.
Jenis-jenis Dari Logo
1. Logotype
Logo type Adalah logo yang menggunakan wordmark (Kata atau nama memakai unsur tipografi).
2. Logogram
Logogram Adalah logo yang menggunakan ikon (ilustratif ataupun inisial).
Ciri-ciri Dari Logo
- Bentuknya huruf (Alphabet).
- Lambang-lambang ataupun angka-angka (Symbols, numbers).
- Bentuk yang mirip dengan objek aslinya (concreate, forms).
- Bentuknya biasanya abstrak (Abstrack forms).
- Elemen gambar serta tulisannya biasanya terpisah (picture mark dan letter mark).
- Dapat disebut gambar, Dapat pula disebut tulisan atau yang berbaur (picture mark sekaligus letter mark).
- Hanya Elemen tulisan saja (letter mark).
Aspek-aspek Dari Logo
1.Original dan distinctive
Memiliki ciri khas, unik, memiliki nilai pembeda yang jelas dengan logo orang lain.
2.Legible
Memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi saat diaplikasi ke dalam berbagai ukuran serta media promosi.
3. Simple atau sederhana
Gampang dimengerti serta ditangkap dalam waktu yang relatif singkat.
4. Memorable
Gampang di ingat sebab keunikannya dalam waktu relatif lama.
5.Easy associated with the company
Logo yang baik ialah gampang untuk dipakai atau diasosiasikan dengan jenis usaha serta citra sebuah perusahaan atau organisasi.
6. Easily adabtable for all graphic media
Faktor agar mudah mengaplikasikan logo baik yang berbentuk fisik, warna ataupun konfigurasi logo pada berbagai media grafis harus diperhitungkan ketika proses perencanangan. Supaya terhindar dari kesulitan dalam pembacaannya.
Hal-hal yang mesti diperhatikan dalam membuat Logo
1. Tipografi
Banyak logo yang sukses cuma dengan memakai tipografi. Baik itu serif atau sans serif atau jenis font lain. Memakai tipografi bisa memberikan semacam “emosi” terhadap mereka yang melihat.
2. Warna
Warna adalah salah satu hal sangat berpengaruh dalam membuat logo, sebab hika warna yang kita pakai salah, bisa jadi pesan serta emosi yang kita mau sampaikan kepada masyarakat menjadi tidak elegan dan tidak maksud. Warna logo seharusnya sederhana serta gampang diingat, namun tetap dapat memberikan ekspresi langsung pada masyarakat atau konsumen. Memakai warna yang sederhana pun menghemat biaya produksi
3. Bentuk
Banyak sekali logo yang bentuknya unik dan menarik. Namun tetap perhatikanlah bentuk logo yang mau kita desain, sebab setiap bentuk, baik bundar, lurus, siku dan lainnya akan memiliki arti sendiri; bisa pasif, bisa aktif. Misalnya adalah klien kita mau logo untuk produk sabun, sebaiknya jangan kita membuat bentuk logo yang keras serta siku.
4. Keseimbangan
Maksudnya ialah mencari atau menemukan seberapa baik logo yang kita dibuat. Bisa mencoba memutar maupun melihatnya dibolak-balik logo itu untuk mencari kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat logo lebih berkembang.
5. Selera
Hal ini pula bisa menentukan dalam pembuatan logo mengingat selera setiap orang pasti berbeda-beda serta sangat subyektif.
6. Riset
Riset merupakan aspek paling penting dalam membuat suatu logo. Riset ini kunci dalam membuat logo yang bagus. Riset yang dimaksud tentu bukan riset hanya dalam waktu 1-2 jam, namun riset secara penuh. Kita wajib mengerti perspektif dari pemesan logo. Berbicara dengan klien, orang-orang yang ada pada perusahaan itu, klien dari perusahaan itu, para distributor, kemudian mencari data-data yang akurat mengenai perusahaan tersebut, baru kemudian mulai membuat logonya.
7. Opini
Tak ada yang salah kita menanyakan pandangan, kritik, serta masukan dari orang lain untuk membuat logo.
Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Logo Semoga Bermanfaat