Negara Terkaya di Dunia

Diposting pada

Pada Kesempatan kali ini pengajarco.id ingin membagikan artikel tentang Negara Terkaya Di Dunia Berikut Adalah Pembahasannya


Negara Terkaya Di Dunia

Negara Terkaya di Dunia

1. Qatar

Qatar adalah salah satu negara yang terletak di Asia Barat yang menjadi negara terkaya di dunia. Hal tersebut disebablan Qatar termasuk dalam kategori negara yang sudah maju. Perekonomian di negara itu juga termasuk dalam kategori perekonomian terbaik.

Pada awalnya perekonomian di Qatar hanya bergantung pada perikanan dan mutiara. Tapi,sekarang perekonomian di sana semakin berkembang sejak ditemukannya sumber minyak bumi tepatnya pada tahun 1939.

Sejak pada itu, tingkat GDP per kapita di Negara Qatar tinggi serta mencapai US$ 129.726. Kini, Qatar juga dikenal banyak negara di dunia dengan pengekspor minyak bumi terbesar. Tak heran jika Qatar bisa berpindah menjadi negara modern

2. Luxemburg

Luxemburg adalah negara yang terletak di Benua Eropa. Negara tersebut mempunyai tingkat GDP per kapita sebesar US$ 101.936 sehingga tak heran jikaa negara tersebut  masuk dalam kategori negara terkaya nomor 2 di dunia. Bahkan sebelumnya negara Luksemburg pernah menjadi negara paling kaya di dunia.

Sekarang gelar tersebut telah berpindah ke negara Qatar. Meski Luksemburg adalah negara yang kecil namun pertumbuhan ekonomi di negara itu berkembang pesat. Pertumbuhan ekonomi di negara itu bersumber pada sektor perbankan dan industri. Dunia industri baja menjadi salah satu pendukung utama.

Letaknya yang strategis menjadikan Luksemburg mempunyai pertumbuhan ekonomi yang sangat berkembang pesat. Selain itu, Luksemburg juga dikelilingi oleh beberapa negara maju contohnya Jerman, Prancis, dan lain – lain. Dengan begitu tak heran kalau letak Luksemburg memberikan banyak keuntungan untuk mendukung bermacam sektor terutama ekonomi.

Lihat Juga:   √Akuntansi Adalah

3. Macao

Macao adalah salah satu negara dengan penduduk terpadat di dunia. Tapi, meski begitu Makau bisa menjadi negara kaya. Beberapa sektor yang mendukung kesuksesan pertumbuhan ekonomi di Macao antara lain adalah sektor pariwisata, industri tekstil, dan garmen.

Di antara ketiga sektor itu pariwisata menjadi faktor utama yang mempunyai peran besar pada perkembangan ekonomi di Makau. Tak heran kalau negara itu menyandang gelar negara terkaya ke 3 di dunia. Hal tersebut disebabkan GDP per kapita yang dimiliki negara itu adalah US$ 96.147.

4. Singapura

Singapura adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara dan masuk ke dalam kategori negara terkaya di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan peringkat ke empat negara yang paling kaya di seluruh dunia.

Letak negarayang sangat strategis menjadikan pertumbuhan ekonomi di negara itu perkembang dan tumbuh pesat. Hal tersebut disebabkan Singapura juga terkenal sebagai negara tempat untuk transit terbesar, yaitu dalam sektor perdagangan ataupun pelayaran.

5. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara yang juga masuk dalam kategori negara terkaya di duniake – 5. Hal tersebut disebabkan Brunei Darussalam mempunyai tingkat GDP per kapita yang cukup tinggi, yaitu US$ 79.710.

Keberhasilan Brunei Darussalam dalam sektor ekonomi didukung dengan adanya beberapa faktor contohnya ekspor minyak mentah dan gas alam. Selain itu, pemerintah juga turut mendukung kemajuan sektor ekonomi. Hal tersebut terbukti dengan adanya peraturan serta kebijakan pemerintah yang dibuat untuk mendukung bidang kewirausahaan yang kondusif.

6. Kuwait

Kuwait adalah salah satu yang terletak di Asia Barat yang mana mata uang negara itu menjadi mata uang termahal di dunia, yakni Dinar Kuwait. Negara tersebut mempunyai tingkat GDP per kapita sebesar US$ 71.263. Tak heran kalau Kuwait ini dinobatkan sebagai negara terkaya di dunia ke – 6.

Lihat Juga:   Kasasi Adalah

Salah satu hal menarik tentang Kuwait adalah mempunyai cadangan minyak dunia dengan persentase 10%. Adanya minyak bumi ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan  ekonomi di Kuwait. Selain itu, perekonomian pun dipengaruhi oleh sektor industri dan jasa keuangan.

7. Irlandia

Irlandia adalah  salah satu negara yang terletak di Benua Eropa yang masuk dalam kategori negara yang paling kaya ke – 7 di dunia. Negara itu mempunyai GDP per kapita hingga mencapai US$69.374.

Pertumbuhan ekonomi di negara Irlandia berkembang sangat pesat. Hal tersebut didukung oleh sektor industri tekstil seta pertambangan yang mendongkrak perekonomian di negara tersebut. Oleh sebab itu, tak heran kalau Irlandia masuk dalam kategori negara terkaya di dunia.

8. Norwegia

Norwegia adalah salah satu negara yang masuk dalam negara yang paling kaya ke – 8 di dunia. Negara tersebut mempunyai GDP per kapita sebesar US$ 69.296. Perekonomian di negara tersebut sangat didukung oleh industri perikanan. Hal tersebut disebabkan letaknya yang berbatasan dengan laut.

Selain sektor industri perikanan, Norwegia juga mempunyai cadangan minyak, gas alam dan mineral yang banyak. Dengan begitu tidak heran kalau negara tersebut sangat kaya serta pertumbuhan ekonominya berkembang pesat.

9. Uni Emirat Arab

UEA adalah salah satu negara yang kaya akan minyak bumi dan gas alam. Negara itu menjadi negara terbesar kedua  yang menghasilkan minyak. Hal tersebut memicu pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat.

Selain itu, kekayaan UEA juga didukung oleh faktor lain contohnya ekspor bahan tambang yang meliputi berlian, emas, perak, dan alumunium. Tidak berhenti sampai di sini, sektor lain seperti pariwisata juga ikut mendongkrak perekonomian di UEA. Oleh sebab itu, tak heran jika GDP per kapita negara tersebut mencapai US$ 67.696.

Lihat Juga:   20 Aliran Seni Rupa, Ciri, Contoh Gambar, dan Tokohnya

10. San Marino

San Marino Adalah  salah satu negara yang masuk dalam kategori negara terkecil di dunia. Walau begitu, negara tersebut termasuk dalam peringkat ke – 10 negara terkaya di dunia. Hal tersebut didukung dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat.

Sumber pemasukan negara itu berasal dari jasa layanan keuangan dan pariwisata. Ditambah lagi negara tersebut mempunyai bisnis ekspor beberapa produk seperti kain, pakaian dan keramik. Oleh sebab itu, tak heran kalau tingkat GDP per kapita tersebut mencapai US$ 64.443.

11. Swiss

Negara Switzerland ini adalah negara terkaya dengan peringkat ke – 11 di dunia. Perekonomian negara itu berasal dari berbagai bidang, yakni jasa keuangan, industri farmasi, pertanian, dan perdagangan. Selain itu, sektor pariwisata juga ikut mendongkrak pendapatan per kapita negara tersebut yang sekarang ini telah mencapai US$ 59.375.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Negara Terkaya Di Dunia Semoga Dapat Bermanfaat