Pencemaran Air

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Pencemaran Air, yuk disimak ulasannya dibawah ini :pencemaran air


Pegertian Pencemaran Air

Pencemaran air adalah dimasukkannya komponen tertentu, energi atau zat dalam air melalui kegiatan manusia, sehingga kualitas air sampai ke tingkat volatile dan tidak dapat digunakan sesuai dengan penunjukan.

Polusi air terjadi di hulu sungai, sungai, danau dan juga lautan. Sumber polusi air biasanya berasal dari limbah rumah tangga dan juga tanaman limbah yang sengaja kasar di perairan teritorial.

Fitur air terkontaminasi dapat dilihat dalam warna, bau dan rasa. Hal ini juga dapat diukur dengan oleh-konten dan jumlah mikro-organisme dalam air. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengukur Apakah air secara akurat terkontaminasi.


Pengertian Pencemaran Air Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian pencemaran air menurut para ahli :

  • Menurut Ardhana (1994), ‘

Pencemaran air adalah pencemaran limbah menjadi anaerobik, sehingga air sungai yang busuk dan tidak lagi sehat untuk pertumbuhan Flora dan mikkroorganisme fauna air, lingkungan ini sudah rusak dan tidak lagi layak memenuhi kebutuhan hidup kita  “.

  • Michael (1990),  “

Pencemaran air adalah penyimpangan dari sifat air dari keadaan normal, bukan dari kemurnian. Banyak air tawar yang sangat tercemar oleh sisa limbah dan pembuangan limbah rumah tangga ke sungai. “

  • Menurut Solihin dan Darsati (1993),

Pencemaran air dapat diklasifikasikan tiga spesies:

  1. Kontaminasi kimia dalam bentuk senyawa karbon dan senyawa anorganik.
  2. Kontaminasi fisik yang mungkin mengambang bahan dan mengambang bahan;
  3. Polusi biologis yang mungkin mikroba, Phatogen, Lumut dan tanaman akuatik.

Penyebab Pencemaran Air

Berikut dibawah ini merupakan faktor Penyebab Pencemaran Air :

  • Limbah Rumah Tangga

Hal kecil juga dapat menyebabkan limbah rumah tangga menyebabkan polusi air. Limbah rumah tangga ini dapat berupa air sabun, limbah rumah tangga dan sebagainya yang tampaknya sepele, tetapi memiliki dampak yang signifikan pada kerusakan air.

  • Limbah Industri

Limbah pabrik atau industri juga merupakan salah satu faktor yang paling umum menyebabkan polusi air. Sebagian besar waktu, limbah dari industri dibuang langsung ke dalam air tanpa terlebih dahulu dirawat, sehingga air dapat menjadi terkontaminasi.

  • Sektor Pertanian

Kegiatan pertanian juga dapat menghasilkan limbah yang mencemari air. Limbah pertanian ini berasal dari pupuk dan pestisida yang digunakan untuk melestarikan tanaman. Ini juga mencemari air dalam tanah.

  • Penggunaan Bahan Peledak Untuk Menangkap Ikan

Faktor selanjutnya yang berkontribusi terhadap polusi air adalah penggunaan bahan peledak untuk menangkap air. Dengan cara ini dilarang, tetapi masih sering dipraktekkan, sehingga dapat menyebabkan polusi air dan merusak ekosistem air.

  • Deterjen

Deterjen juga merupakan penyebab pencemaran air. Penggunaan deterjen dan pembuangan deterjen secara langsung ke dalam air akan menyebabkan pencemaran air. Maslaah, yang terjadi di samping air yang terkontaminasi, dapat membunuh ikan dan organisme akuatik lainnya.

  • Peternakan dan Perikanan

Peternakan dan sektor perikanan juga dapat menyumbangkan limbah untuk polusi air. Limbah ternak dan perikanan yang diproduksi dalam bentuk kotoran hewan dan limbah dari makanan ternak yang juga bisa mencemarkan air jika tidak diolah terlebih dahulu.

  • Sampah

Limbah juga merupakan penyebab polusi air. Sering kali orang secara acak membuang sampah ke sungai dan lautan. Hal ini tentu membuat air tercemar, berbau dan berubah warna menjadi kotoran. Limbah juga dapat sampah organik atau limbah anorganik.

  • Deforestasi Hutan

Penyebab lain pencemaran air adalah deforestasi dan perusakan hutan. Hal ini disebabkan oleh penghapusan kayu, cabang dan daun yang menyebabkan sumber air menjadi terkontaminasi. Karena hutan tersebut harus dipertahankan.

  • Sektor Pertambangan

Limbah tambang juga dapat mencemari air. Salah satu contohnya adalah batubara yang mengandung merkuri yang diketahui mencemari air. Oleh karena itu, setiap daerah tambang harus dipertimbangkan sehingga limbah dapat diproses terlebih dahulu.

  • Tumpahan Minyak di Laut

Sesekali faktor seperti tumpahan minyak ke laut juga dapat mencemari air. Sebagian besar kilang minyak terletak di tengah laut. Ketika kebocoran minyak dan tumpahan, risiko pencemaran air laut terjadi di sekitar daerah kilang.

Lihat Juga:   √Hyperlink Adalah

Akibat Pencemaran Air Bagi Kesehatan

Berikut dibawah ini beberapa akibat pencemaran air bagi kesehatan :

  • Diare

Diperkirakan 800.000 orang meninggal setiap tahun dari diare. Penyakit ini sering disebabkan oleh konsumsi air yang terkontaminasi, masalah sanitasi dan kurangnya kebersihan tangan.

  • Demam Berdarah

Air yang terkontaminasi serangga (misalnya nyamuk) juga dapat menularkan penyakit. Satu-satunya demam berdarah.

Nyamuk senang hidup dan berkembang biak dalam air bersih dan penyimpanan air di rumah yang tidak tertutup. Menutup retensi air baik adalah cara untuk membasmi mereka.

  • Hepatitis A dan Hepatitis E

Baik hepatitis A maupun hepatitis E sering dikaitkan dengan pasokan dan kebersihan yang tidak mencukupi. Salah satu transmisi dapat terjadi karena polusi air.

  • Lesi Kulit

Lesi kulit juga bisa menjadi akibat dari polusi air, terutama polusi arsenik. Lesi ini tidak terjadi segera setelah paparan awal, dan dibutuhkan tahun untuk mengungkapkan gejala.

  • Kanker Kulit

Para ahli medis menemukan bahwa ada hubungan yang jelas antara konsentrasi arsenik pada air minum dengan prevalensi kanker kulit.  Namun, kasus kanker kulit yang terjadi akibat kontaminasi air arsenik biasanya tidak berakibat fatal jika diobati dengan seksama.

  • Kanker Kandung Kemih dan Kanker Paru Paru

Polusi air arsenik juga telah ditemukan menyebabkan kanker kandung kemih dan kanker paru.


Dampak Pencemaran Air

Berikut dibawah ini beberapa dampak pencemaran air :

  • Menurunkan Jumlah Oksigen

Air yang terkontaminasi mengandung berbagai solusi yang menghalangi sinar matahari di dalam air. Ini akan menyebabkan tanaman air untuk berjuang dengan proses fotosintesis. Fotosintesis pada tanaman akan memastikan bahwa tanaman menghasilkan oksigen. Ketika tanaman terhambat oleh fotosintesis, itu akan menyebabkan air untuk mendapatkan hanya sejumlah kecil oksigen.

  • Mematikan Hewan di Air

Masih karena dampak polusi air yang mengurangi jumlah oksigen, efek ini akan diikuti oleh kematian hewan air. Hal ini karena hewan air bernapas menggunakan oksigen. Ketika jumlah oksigen dalam air berkurang, hewan otomatis akan mengalami kesulitan bernapas. Hal ini akan mengakibatkan kematian hewan air karena tidak mendapatkan oksigen untuk bernapas.

  • Meningkatkan Laju Reaksi Kimia

Air yang terkontaminasi adalah air yang mengandung berbagai bahan pencemar. Banyak jenis polutan adalah bahan kimia. Ketika air mengandung banyak bahan kimia, meningkatkan laju reaksi kimia yang terjadi di dalam air.

  • Gangguan Kehidupan Hewan dan Tumbuhan

Air yang terkontaminasi jelas akan mengganggu kehidupan semua makhluk hidup, atau di darat dan di air, atau manusia, hewan, atau tanaman yang tumbuh. Air yang terkontaminasi akan diminum oleh makhluk hidup yang hidup di darat. Hal ini akan menyebabkan berbagai polutan untuk masuk ke dalam perut sehingga menyebabkan rasa sakit. Dan untuk hewan dan tanaman air secara alami akan terganggu karena air adalah habitat tanaman dan bintang air.

  • Menggangu Kesuburan Tanah

Air yang terkontaminasi jelas akan mengganggu kesuburan tanah. Hal ini karena air akan rendam dalam tanah di sebelah kanan atau kiri. Hal ini mengakibatkan tanah yang mengandung berbagai polutan. Jika tanah terkontaminasi polutan, tanah secara otomatis tidak subur.

  • Mengacaukan Reproduktifitas Tanaman

Masih serangkaian efek polusi air yang mengganggu kesuburan tanah, secara otomatis akan mencampur produktivitas tanaman gnggu. Tanaman, bagaimanapun, hidup di tanah. Ketika tanah yang mereka tempati tidak lagi subur, dan polutan justru tercemar, tanaman tidak akan lagi produktif. Ini justru apa yang akan mempengaruhi kematian tanaman yang tumbuh di sekitar tercemar.

Lihat Juga:   √ Cerita Rakyat Jawa Barat : Asal Usul Kota Bandung

Penanggulangan Pencemaran Air

Berikut dibawah ini beberapa penanggulangan pencemaran air yang bisa dilakukan :

  • Membuat Kolam Stablization

Di dalam kolam, stabilisasi air limbah olahan alami diproses. Hal ini dilakukan untuk menetralisir kontaminan sebelum mengalir ke sungai.

  • IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Pengolahan air limbah dengan IPAL menggunakan instrumen khusus dan menggunakan tiga fase, yaitu pengobatan primer (pengolahan pertama), pengobatan sekunder (pengolahan kedua) dan pengobatan tersier (pengolahan lanjutan)

  • Pengolahan Excrexta (Human Excreta).

Manajemen ini dapat ditemukan dalam septic tank yang dapat diproses dengan cara anaerobik untuk biogas. Setelah itu, dapat digunakan sebagai sumber gas untuk rumah tangga.

Anda harus ingat nih Squad, dalam berurusan dengan limbah, baik dalam bentuk padat atau cair tetap memperhatikan prinsip ekologi ya dikenal sebagai 4R. Berikut dibawah ini penjelasan dari 4R :

  1. Recycle
  2. Reuse
  3. Reduce
  4. Repair

Solusi dan Cara Mengatasi Pencemaran Air

Berikut dibawah ini merupakan beberapa solusi dan cara mengatasi pencemaran air yang bisa dilakukan :

  1. Menggunakan air dengan bijak. Digunakan untuk mengurangi air untuk kegiatan yang tidak sangat berguna dan menggunakan jumlah yang tepat.
  2. Mengurangi penggunaan detergen. Pilih dari deterjen ramah lingkungan yang dapat dengan cepat degradable di alam.
  3. Mengurangi penggunaan obat-obatan kimia berbahaya. Contoh seperti obat nyamuk cair dan pestisida adalah salah satu penyebab kerusakan ekosistem air
  4. Ketika mencuci mobil, truk dan sepeda motor, tidak ada air limbah yang dikeringkan di Sungai
  5. Saat memandikan hewan ternak dan burung beo tidak menggunakan sungai.
  6. Jangan membuang sampah rumah tangga ke sungai atau danau. Jadi, bekerja dengan baik dalam limbah rumah tangga dan mencoba untuk menanam pohon di tepi sungai atau danau.
  7. Menyadari kesinambungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber air untuk mencegahnya terkontaminasi.
  8. Optimalkan dalam pelaksanaan pemulihan tanah kritis untuk meningkatkan konservasi air bawah tanah
  9. Menanggulangi kerusakan lahan pembuangan limbah B3.
  10. Untuk menggunakan teknologi reverse osmosis untuk merawat air bersih untuk konsumsi air rumah. Teknologi filtrasi air ini dapat menyaring air berawan atau kotor ke dalam air minum.

Ciri-Ciri Pencemaran Air

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri pencemaran air :

  • Terdapat Bahan Pelarut dan Bahan Endapan

Bahan pelarut dan sedimentasi dapat mencium air, memiliki tingkat keasaman yang tinggi, memiliki rasa, dan warna.

  • Bau Busuk

Air murni dan sehat tidak akan menyebabkan bau. Jika terkontaminasi dengan polutan, air akan menyebabkan bau yang kotor dan menyengat.

  • Kemasan Tidak Netral

Biasanya, tingkat keasaman wateric adalah 7. Jika lebih besar atau kurang dari 7, air terkontaminasi.

  • Mikro Organisme Yang Berlebihan

Limbah atau limbah dalam air akan digambarkan oleh mikroorganisme. Untuk mendidifect itu, mikroorganisme membutuhkan pasokan oksigen. Semakin banyak sampah atau limbah, yang berarti bahwa jumlah mikroorganisme dan pasokan oksigen yang diperlukan meningkat. Hal ini akan mengurangi kandungan oksigen dalam air, sehingga hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya adalah kekurangan oksigen.

  • Mempunyai Rasa

Air yang baik, murni dan sehat adalah air yang tidak memiliki rasa. Jika Anda memiliki rasa, apakah itu asam, manis atau pahit, itu yakin bahwa air yang terkontaminasi.

  • Radio Aktivitas Air Meningkat

Jika jumlah zat radioaktif banyak, radioaktivitas air akan meningkat, yang mungkin terkontaminasi dengan air. Jika tidak diobati segera, zat yang berasal dari aktivitas manusia dan aktivitas mesin ini dapat merusak lingkungan.

  • Suhu Air Berubah

Dalam kondisi normal, suhu air lebih rendah dibandingkan dengan suhu ambien. Oleh karena itu, air akan terasa dingin saat disentuh. Jika, dalam kondisi normal, suhu air terus berubah, dapat ditentukan bahwa air yang terkontaminasi.

  • Berwarna

Air bersih tidak akan berwarna dan terlihat jelas. Jika polutan sudah mencemari, air akan dengan mudah berubah warna.

Lihat Juga:   Makalah Adalah

Manfaat Pencemaran Air

Berikut dibawah ini merupakan manfaat pencemaran air yang dapat kita peroleh :

  • Memenuhi Cairan Tubuh

Keuntungan air pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anda harus tahu bahwa semua makhluk hidup tidak terkecuali membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Orang, tanaman dan hewan membutuhkan air sama. Bahkan, hampir seluruh tubuh manusia terdiri dari air di dalamnya. Itu sebabnya manusia membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan kelembaban. Cara untuk menggunakannya adalah dengan minum air 8 gelas sehari.

  • Memfasilitasi Pekerjaan Sehari-Hari

Dapat dikatakan bahwa hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia ini membutuhkan air. Misalnya, untuk minum, mandi, memasak, mencuci, mencuci tanaman dan lainnya.

Bayangkan bahwa tidak ada air di dunia ini, maka kegiatan tidak dapat dilakukan. Bahkan, jika tidak ada air, maka Anda akan lebih rentan untuk mendapatkan penyakit. Oleh karena itu, air sangat sederhana untuk pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pembersihan Tubuh

Manfaat lain dari air yang digunakan untuk membersihkan tubuh. Tubuh manusia rentan terhadap kotoran, terutama dalam kegiatan sehari-hari.

Nah, untuk membersihkan kotoran maka adalah cara untuk menggunakan air. Jika tidak ada air, Anda tidak bisa membersihkan diri. Jika ini adalah hasil, Anda lebih rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh kuman berbahaya, bakteri, virus atau jamur.

  • Membantu Pertanian

Air juga memiliki keunggulan dalam pertanian. Pertanian adalah salah satu daerah yang membutuhkan air ketika diterapkan. Karena tanaman adalah sama dengan orang yang selalu membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Jika tanaman kekurangan air, metabolisme tanaman akan terpengaruh. Sebagai contoh, panen akan secara otomatis dikurangi karena kurangnya nutrisi. Oleh karena itu, air sangat bermanfaat dalam pertanian.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat adalah kulit lembab. Kelembaban kulit berarti kadar air yang cukup dalam tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi air setiap hari, maka tubuh lebih sehat dan lembab. Selain itu, kulit tidak mudah kering baik.

  • Digunakan Sebagai Pembangkit Listrik

Dalam hal ini semakin modern waktu, air juga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga listrik. Biasanya dalam hal ini air yang digunakan adalah air dengan saluran pembuangan tinggi, seperti di waduk atau bendungan.


Contoh Pencemaran Air

Berikut dibawah ini beberapa contoh pencemaran air :

  1. Limbah pabrik dialirkan ke Sungai
  2. Membuang sampah di Sungai
  3. Limbah nuklir dan minyak tumpah ke laut
  4. Pupuk dan pestisida dari sektor pertanian
  5. Limbah rumah tangga dibuang di Sungai
  6. Menggunakan bahan peledak untuk Memancing
  7. Penggunaan dan pembuangan limbah deterjen langsung di dalam air
  8. Limbah batubara dari ekstraksi merkuri
  9. Deforestasi dan penghancuran hutan
  10. Sisa Ternak dan kotoran ternak dibuang ke dalam air.

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai Pencemaran Air, semoga bisa bermanfaat untuk anda.