√ Prestasi : Pengertian, Dan Macam-Macam Prestasi Menurut Para Ahli

√ Prestasi : Pengertian, Dan Macam-Macam Prestasi Menurut Para Ahli
Rate this post

Secara etimologis, prestasi berasal dari bahasa Belanda, yaitu prestatie, yang berarti hasil dari usaha. Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dilakukan. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi di semua aspek kehidupan.

Jadi dapat disimpulkan, pengertian Prestasi ialah hasil dari usaha yang sudah dilakukan oleh seseorang.

Dalam mencapai kesuksesan, semua orang akan menghadapi tantangan baik dari diri mereka sendiri (seperti bakat, potensi, kecerdasan atau intelektual, minat, motivasi, kebiasaan, emosi, kesehatan dan pengalaman pribadi) dan orang-orang dari lingkungan (seperti tantangan dari keluarga, sekolah, masyarakat, sarana dan prasarana, fasilitas, gizi, dan perumahan).

√ Prestasi : Pengertian, Dan Macam-Macam Prestasi Menurut Para Ahli

Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli

Sumadi Suryabrata (2006: 297)

Menurut Sumadi Suryabrata, Prestasi adalah nilai yang merupakan rumusan terakhir yang dapat diberikan oleh guru mengenai kemajuan atau prestasi siswa selama periode tertentu.

Zaenal Arifin (2012: 3)

Menurut Zaenal Arifin, Prestasi adalah hasil dari kemampuan, keterampilan, dan sikap seseorang dalam menyelesaikan berbagai hal.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005: 895)

Menurut KBBI, Prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dari apa yang telah dilkerjakan, dilakukan dan sebagainya).

Surya (2004)

Menurut Surya dalam Galih Ariwaseso (2011: 5), Prestasi adalah hasil dari pembelajaran atau perubahan perilaku yang melibatkan sains, keterampilan, dan sikap setelah proses tertentu, sebagai hasil dari pengalaman individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

Nana Sudjana (2000)

Menurut Nana Sudjana dalam Muhammad Nurdin (2003: 7), Prestasi adalah keberhasilan yang dicapai oleh seorang siswa setelah mengikuti program pengajaran dalam jumlah waktu tertentu sesuai dengan tujuan yang dimaksudkan.

Sukardi (1992)

Menurut Sukardi, prestasi merupakan hasil dari proses belajar mengajar yang merupakan tingkat penguasaan materi pelajaran.

Simanjuntak (1990)

Menurut Simanjuntak, prestasi adalah kapasitas seseorang setelah berpartisipasi dalam latihan-latihan tertentu, dan hasil latihan dapat diidentifikasi dengan memberikan tes akhir.

Macam-Macam Prestasi

Ada beberapa jenis prestasi yang dapat dicapai oleh seseorang, termasuk:

Prestasi belajar

Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh dari upaya belajar. Contoh prestasi belajar yang ada di sekolah adalah seperti menjadi juara umum setiap tahun.

Prestasi kerja

Prestasi kerja adalah hasil yang diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan. Contoh kinerja kerja termasuk posisi naik untuk kerja keras yang dilakukan selama bekerja.

Prestasi Seni

Prestasi seni adalah hasil yang diperoleh dibidang seni. Contoh prestasi adalah penyanyi atau artis lain yang mendapat penghargaan.

Prestasi Olahraga

Prestasi olahraga adalah hasil yang diperoleh dari usaha dan kerja keras yang tersedia di bidang olahraga. Contoh prestasi olahraga, seperti olahragawan yang memenangkan tempat pertama dalam perlombaan.

Prestasi Lingkungan

Prestasi lingkungan adalah pencapaian yang diperoleh melalui upaya penyelamatan lingkungan. Contoh seperti individu atau kelompok mendapatkan penghargaan atas upaya yang dilakukan dengan menyelamatkan lingkungan dalam bentuk penanaman kembali pohon atau reboisasi di hutan.

Sikap dalam Prestasi

Sikap yang mendukung individu dalam pencapaian, termasuk:

  • Berorientasi pada masa depan dan cita-cita
  • Berani mengambil atau menghadapi risiko
  • Berorientasi pada kesuksesan
  • Rasa tanggung jawab yang besar
  • Memiliki sikap kreatif dan inovatif, dan mampu mengelola waktu dengan baik
  • Terima dan gunakan kritik sebagai umpan balik

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Prestasi : Pengertian, Dan Macam-Macam Prestasi Menurut Para Ahli semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Balok : Pengertian, Sifat, Rumus dan Unsurnya
Lihat Juga:   √ Pengertian Bola Basket : Sejarah, Teknik dan Peraturannya
Lihat Juga:   √ Fungsi Partai Politik : Pengertian , Tujuan dan Konsepnya
Lihat Juga:   √Amandemen UUD 1945 : Pengertian, Sejarah dan Tujuannya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend