Tindakan Sosial Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Tindakan Sosial Adalah : Pengertian, Contoh, Jenis & Bentuknya, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini : Tindakan-Sosial-Adalah


Pengertian Tindakan Sosial

Pengertian tindakan sosial adalah tindakan yang diambil oleh individu terhadap lingkungan, khususnya terhadap tindakan orang lain. Tindakan sosial berdasarkan individu akan mempengaruhi perubahan di masyarakat. Perubahan dapat memiliki dampak positif atau perubahan yang dapat memiliki dampak negatif.


Jenis Tindakan Sosial dan Contohnya

Berikut dibawah ini merupakan jenis dan contoh tindakan sosial, yaitu :

  • Tindakan Sosial Yang Rasional

Tindakan sosial rasional adalah tindakan sosial yang dilakukan dengan penilaian dan alternatif dengan pemahaman atau inisiatif.

Contoh tindakan sosial yang rasional :

Untuk membantu mendapatkan pengetahuan tentang pelajaran yang tidak dapat dipahami di sekolah, Mamat berasosiasi dengan badan bimbingan belajar yang terkenal di daerahnya.

  • Tindakan Sosial Irasional

Tindakan sosial irasional adalah tindakan sosial yang berkaitan dengan struktur nilai spesifik.

Contoh tindakan sosial yang tidak rasional :

  1. Menolong orang yang terkena dampak sunami.
  2. Memberikan hidangan di tempat iblis penunggu tempat yang bertuah.
  • Tindakan Sosial Tradisional

Tindakan sosial tradisional adalah tindakan sosial yang memperhitungkan tradisi yang sudah normal sehingga tidak melihat prosedur sosial dan tujuannya.

Contoh tindakan sosial tradisional :

Upacara adat budaya itu selalu berlangsung di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan itu dilakukan sebagai contoh dari rutinitas yang sudah dari nenek moyang.

  • Tindakan Sosial yang Afektif

Tindakan sosial afektif adalah tindakan sosial yang bertindak secara sepihak dengan merasa atau tanpa melakukan evaluasi terperinci.

Lihat Juga:   √Download Adalah

Contoh tindakan sosial afektif :

Seorang ibu menangis ketika dia mendengar berita sedih dari suaminya jika anaknya mengalami kecelakaan. Hal tersebut adalah ekspresi langsung tanpa terlebih dahulu melihat argumen tujuan.


Ciri-Ciri Tindakan Sosial

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri tindakan sosial, yaitu :

  1. Tindakan berperngaruh indivual
  2. Tindakan yang dijalankan menjadi respons mengenai tindakan orang lain.
  3. Tindakan yang bermakna positif
  4. Tindakan dihaluan kepada orang lain
  5. Tindakan visibel yang mempunyai sifat emosial dan sifat indivual

Bentuk Tindakan Sosial

Max Weber, seorang pencetus teori sosiologi tentang pendidikan sosial dibagi menjadi empat jenis secara umum, yaitu ;

  1. Zwerkrational

    Pengertian Zwerkrational sebagai tindakan sosial adalah perilaku yang dipimpin oleh masyarakat secara rasional yang kemudian diarahkan menuju implementasi kehidupan untuk mencapai tujuan dalam kehidupan masyarakat.

  2. Werkrational

    Werkrasional adalah tindakan sosial yang sengaja dilakukan oleh masyarakat untuk memiliki orientasi menuju definisi nilai-nilai tertentu yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

  3. Tindakan Afektif

    Pengertian tindakan sosial yang efektif adalah serangkaian perilaku manusia yang menerima orientasi mereka dari semua jenis perasaan atau emosi dari seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  4. Tindakan Tradisional

    Pengertian aksi sosial tradisional adalah seperangkat perilaku yang diterapkan oleh individu / kelompok orang berdasarkan kebiasaan atau adat istiadat tertentu untuk melahirkan unsur budaya.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Tindakan Sosial Adalah : Pengertian, Contoh, Jenis & Bentuknya, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.