√Aurora Adalah : Pengertian, Jenis, Penyebab, Proses Terjadinya

Diposting pada

Pengertian Aurora

Aurora merupakan fenomena alam yang menyamai pancaran cahaya yang bersinar pada lapisan ionosfer dari suatu planet karena adanya interaksi antara medan magnetik dan planet tersebut dengan partikel yang dipancarkan oleh sang surya (Matahari).

√Aurora Adalah : Pengertian, Jenis, Penyebab, Proses Terjadinya

Jenis-Jenis Aurora

Aurora yang kita ketahui hanya terdiri dari dua jenis, yakni aurora yang terjadi dikutub utara dan kutub selatan,
Berikut dibawah ini penjelsannya :

A. Aurora Borealis

Aurora Borealis merupakan jenis aurora yang terjadi dibelahan bumi utara, aurora ini diberinama berdasarkan nama Dewi Fajar Roma, Aurora, dan juga nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini dikarenakan di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seperti Matahari mau terbit dari arah itu.
pada bulan September, Oktober dan Maret serta April Aurora borealis selalu terjadi . Aurora Berealis dapat dilihat di daerah antartika yaitu dinegara Kanada, Alaska, Rusia, serta Skandinavia.

B. Aurora Australis

Aurora Australis merupakan jenis fenomena aurora dibelahan bumi Selatan yang mempunyai sifat-sifat yang hampir sama dengan aurora borealis. Seperti julukannya, aurora ini sering terjadi di belahan bumi bagian selatan. maka namanya hampir menyerupai nama negara yang ada disana , yaitu Australia.

Penyebab Terjadinya Aurora

Setelah mengetahui macam-macam aurora, kita lanjut dengan membahasa Apa saja penyebab terjadinya Aurora? Berikut dibawah ini penjelasannya:

A. Sun Spot (Bintik Matahari)

Apa sih bintik matahari itu? Bintik matahari merupakan area gelap atau hitam dan area dingin di permukaan matahari yang dinamai fotosfer dan termasuk salah satu fenoma unik matahari. Fotosfer sendiri termasuk dari beberapa bagian matahari. Sun Spot ini dapat berukuran sangat besar, sekitar 50.000 kilometer. dan Sun Spot terjadi disebabkan adanya interaksi pada medan magnet matahari yang tidak sempurna.

B. Kutub Medan Magnet

Daerah kutub adalah pusat dari medan magnet bumi. Saat partikel yang masuk dan terjebak di Sabuk Van Allen, partikel-partikel tersebut akan terbawa oleh angin menuju kutub medan magnet bumi (ini alasannya fenomena aurora hanya terjadi di kutub).

C. Partikel Proton dan Elektron

Proton dan elektron adalah unsur-unsur pembentuk atom, Proton posisinya berada di inti atom, sedangkan elektron berada di luar lapisan atom. Proton serta elektor akan di bawa oleh angin surya. Pada lapisan tersebut posisi cahaya aurora terjadi. itulah alasannya kenapa aurora terjadi di tempat yang tinggi.

Proses Terjadinya Aurora

Aurora meerupakan efek cahaya yang diibaratkan sedang menari diatas langit dengan berbagai warna. Aurora terjadi di lapisan ionosfer. Dimana cahaya yang ditimbulkan adalah akibat adanya interaksi antara medan magnetik suatu planet dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari (angin surya).

Aurora ada karena adanya miliaran partikel energi yang terdiri dari proton dan elektron yang dilontarkan matahari dengan kecepatan tinggi hingga 500 mil per detik dalam sebuah pancaran cahaya matahari. Pancaran ini disebut dengan angin matahari.

Akibat Terjadinya Aurora

A. Plasma Panas

suatu penelitian yang dilakukan oleh Dr Robert dari University of Southampton setelah melakukan pengamatan mendalam tentang 2 lobus partikel di lapisan magnetosfer bumi yang selalu bersifat dingin, ketika terjadi suatu proses aurora yang disebut aurora theta ternyata ditemukan bahwa plasma lobusnya bersuhu panas.

B. Merusak Satelit

Lapisan elektron yang dibawa oleh angin surya dapat juga menabrak magnetosfer dan menabrak benda-benda lain disekitar bumi, salah satunya ialah Satelit. Dalam catatan sejarah pada bulan Januari 1994 sebanyak 2 satelit berjenis satelit komunikasi terganggu bahkan rusak dikarenakan tertabrak partikel elektron dari angin surya. Satelit itu ialah satelit milik negara Kanada, diantara dua satelit tersebut satu buah satelit baru dapat pulih kembali setelah diperbaiki selama kurang lebih 6 bulan.

C. Bisa Mengganggu GPS

Fenomena aurora selain mengganggu frekuensi juga mengganggu sistem GPS. Tabrakan elektron yang terjadi dapat menyebabkan terjadinya gangguan terhadap sistem GPS, salah satunya ialah sistem GPS milik WAAS salah satu perusahaan di Amerika Serikat.

Fakta Unik Tentang Aurora

Kutub magenitik bumi menjadi pusat aurora, dibelahan bumi utara, zona aurora terbentang sepanjang pantai utara Siberia, Skandinavia, Islandia, ujung utara Kanada, Greenland dan Alaska. Berikut fakta menarik aurora yang indah.

A. Aurora dapat berpindah tempat ke sisi lebih selatan

ketika intensitas matahari tinggi maka akan terjadi aurora. pada kawasan Oklahama dan Atlanta kita dapat melihat fenomena Aurora. dan fenomeno aurora hanya terjadi di bulan oktober.

B. Api dingin

walaupun suhu yang berada diluar atmosfer bisa mencapai ribuan dejarat Farenheit, terutama untuk fenomena aurora ini ternyata suhunya dingin. Dengan penampakan di langit yang mirip dengan api, aurora ini bisa di ibaratkan sebagai api dingin yang menari-nari diatas langit.

C. Aurora akan lebih baik ketika dilihat melalui kamera

Ketika terjadi fenomena aurora, cahaya yang ditunjukan terkadang redup dan terang. tetapi sifat cahayanya tidak stabil yang dalam mata kita terlihat seperti menari sehingga mata kita sulit fokus.

 

Demikianlah artikel tentang √Aurora Adalah : Pengertian, Jenis, Penyebab, Proses Terjadinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Teori Atom Rutherford : Pengertian , Dasar Teori, Kelebihan dan Kekurangan
Lihat Juga:   √ Teori Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli : Pengertian, Manfaat dan Faktornya
Lihat Juga:   √ Sertifikasi Adalah : Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Landasan Hukum
Lihat Juga:   √ Sejarah Singkat Lahirnya Pramuka Di Indonesia