√ Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya

Diposting pada

Pengertian Test Wartegg

Tes wartegg atau tes melengkapi gambar adalah suatu tes psikologi yang sering dipakai dalam proses rekrutmen karyawan atau pegawai dalam suatu perusahaan. Tes yang dibuat oleh Krugger dan Sander dari University o Leipzig yang kemudian dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget ini bertujuan untuk mengetahui karakter seseorang dari segi imajinasi, emosi, dinamisme dan reality function serta keahlian dalam mengendalikan sesuatu.

Dalam tes wartegg terdapat 8 (delapan) kotak yang masing-masing kotak yang berisi suatu gambar yang berbeda-beda mulai dari titik, garis kurva, tiga garis sejajar, kotak kecil yang diberi warna hitam, dua garis yang saling memotong dan titik yang tersusun melengkung serta terakhir garis lengkung cukup besar. Dari delapan kotak tersebut kemudian para peserta akan diberi petunjuk sebagai berikut:

    • Dalam waktu setengah jam atau 30 menit, masing-masing peserta akan diminta untuk mengembangkan titik, garis kurva, sampai garis lengkung tersebut hingga masing- masing menjadi sebuah gambar yang sesuai dengan imajinasi peserta tersebut.
  • Peserta juga akan diberi perintah untuk memberi nomor urut pada gambar mana yang lebih dulu dikerjakan dan memilih gambar mana yang paling sulit dan paling mudah serta yang paling disukai dan tidak disukai dan harus disertai dengan alasan yang jelas.

Keterangan Gambar Dalam Tes Warteg

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, disetiap kotak yang akan diujikan mempunyai gambar awal yang berbeda-beda. Berikut dibawah ini penjelasannya yang membahasan tentang gambar awal dalam tes wartegg dengan nomor kotak berurutan dari kiri ke kanan.

√Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya

1). Gambar 1

Gambar 1 adalah gambar pada kotak atas paling kiri yang berupa gambar titik (.) dan berada di tengah-tengah kotak. Gambar yang berada di pusat ini berkaitan dengan karakter sesorang dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan yang baru.

2). Gambar 2

Gambar pada kotak kedua adalah coretan garis yang berliku seperti gelombang dimana garis ini menunjukkan fleksibilitas dari perasaan sesorang. Gambar menyamai gelombang ini mengisyaratkan sebuah kehidupan yang bebas tetapi tetap dinamis.

3). Gambar 3

Gambar pada kotak ketiga adalah gambar 3 garis vertikal yang lurus serta sejajar dengan pola tinggi menyamai tangga yang semakin meninggi. Gambar ini mempunyai arti yang kaku tetapi sanagat teratur yang menunjukkan seberapa besar ambisi sesorang dalam meraih cita-cita yang impikan.

4). Gambar 4

Gambar pada kotak keempat merupakan gambar persegi yang diblok warna hitam berada di bagian atas sebelah kanan. Gambar ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pikir atau cara kamu dalam memecahkan masalah.

5). Gambar 5

Gambar 5 adalah kotak bawah paling kiri yang berupa 2 garis diagonal menyamai huruf T yang miring tetapi terpisah yang dipakai untuk menguji bagaimana cara kamu dalam bertindak.

6). Gambar 6

Gambar pada kotak 6 merupakan gambar garis vertikal serta horizontal yang terpisah. Gambar ini bertujuan untuk melakukan tes pada cara berfikir serta analisis seseorang.

7). Gambar 7

Gambar pada kotak ketujuh merupakan kumpulan titik (.) yang membentuk garis lengkung. Gambar ini berkaitan dengan kehidupan dan perasaan seseorang apakah mempunyai sifat yang stabil stabil dan dewasa atau malah kekanakan.

8). Gambar 8

Gambar pada kotak terakhir ini berupa garis lengkung menyamai payung yang brguna untuk menguji bagaimana sifat sesorang dalam kehidupan sosialnya.

Tips Cara Mengerjakan Tes Wartegg

Bagi mereka yang baru pertamakali mengerjakan tes wartegg dan belum pernah mempelajarinya pasti akan sedikit kebingungan. Ada beberapa tips cara mengerjakan tes wartegg ini agar memperoleh hasil yang lebih memuaskan :

    • Jagalah kertas agar teteap bersih
    • Kerjakanlah tes Wartegg ini dengan menggambar secara acak tetapi tetap dinamis. Jadi, harus ada beberapa angka yang berurutan untuk menunjukkan kesan diri yang stabil dan konsisten.
    • Mulailah menggambar pilihan yang paling mudah tidak usah berpikir terlalu lama.
    • Apabila kamu adalah seorang laki-laki harusnya kamu menghindari mengerjakan no. 5 terlebih dahulu sebab memberikan hasil adanya kelainan seksual.
    • Untuk kotak no. 1, 2, 7, dan 8 isilah dengan gambar yang bersifat hidup, dan no. 3, 4, 5, dan 6 berupa benda mati.
  • Menekan garis terlalu kuat menandakan Anda orang yang keras kepala.

Contoh Tes Wartegg

√Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya

√Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya

√Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya

Demikianlah artikel tantang √Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Tugas PPKI : Pengertian , Sejarah, Tugas dan Anggotanya
Lihat Juga:   √Debat Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Lihat Juga:   √Contoh Tumbuhan Monokotil : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contohnya
Lihat Juga:   √Analisis Sistem : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Tahapan dan Contohnya