Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Oligopoli Berikut Adalah Pembahasannya:
Pengertian Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah sebuah bentuk pasar persaingan tidak sempurna, karena hanya ada beberapa produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar tersebut. Beberapa contoh industri yang termasuk dalam kategori ini ialah industri rokok, industri mobil, industri semen dan juga jasa penerbangan serta lain sebagainya.
Jenis Pasar Oligopoli
Berdasarkan jenisnya, pasar oligopoli secara umum terbagi menjadi dua jenis, berikut dibawah ini penjelasannya
1. Oligopoly Murni
Cirinya merupakan jenis barang yang dihasilkan sejenis atau identik. biasanya jenis yang termasuk dalam jenis pasar ini ialah industri-industri yang bergerak dalam bidang penyedia barang yang masih mentah.
2. Oligopoli Diferensial
Cirinya merupakan jenis barang yang dihasilkan berbeda-beda atau mempunyai banyak variasi produk, sehingga antara hasil produksi barang antar perusahaan dengan perusahaan yang lain dapat dikelompokan secara mudah dan juga masing-masing mempunyai ciri khas maupun keunikan tersendiri.
Ciri-ciri Oligopoli
Berikut dibawah ini beberpa ciri-ciri pasar oligopoli
1. Hanya Sedikit Penjual yang Menjual Produk Substitusi
Penyebabnya merupakan penawaran dari satu jenis barang dikuasai sepenuhnya oleh beberapa perusahaan. Dampaknya yang terjadi dapat menyebabkan perang harga dikarenakan hanya sedikit penjual yang menjual produk subtitusi dipasara tersebut.
2. Adanya Rintangan untuk Memasuki Industri Oligopoli
Mengapa disebut banyak rintangan? Hal ini dikarenakan untuk membangun perusahaan jenis ini memerlukan modal yang relatif besar, jadi perusahaan dengan jenis ini hanya sedikit jumlahnya. tetapi rintangan ini tidak juga kuat dibandingkan dengan pasar monopoli.
3. Keputusan Harga yang Stabil oleh sebuah Perusahaan Harus Dipertimbangkan oleh Perusahaan yang lain Dalam Industri
Harga produk yang mengalami penurunan dari sebuah perusahaan akan berdampak pada perusahaan lainnya sehingga ikut juga menurunkan harga agar tidak kehilangan pelanggan. Dan sekiranya masih ada perusahaan yang masih menaikkan harga maupun harga masih cenderung tinggi tentu akan kehilangan pelanggan serta perusahaan lain yang relatif lebih murah akan bertambah jumlah pelanggannya.
4. Menghasilkan Barang Standar maupun Barang Berbeda Corak
Pasar oligopoli menciptakan barang yang banyak ragamnya, baik barang standar maupun barang yang berbeda coraknya.
5. Melakukan Promosi Melalui Iklan
Aktivitas promosi melalui iklan pada saat ada dipasar oligopoli aktif dilakukan, mengapa? hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli baru serta disisi lain jugA mempertahankan pembeli lama.
Kelebihan dan Kekurangan pasar oligopoli
Berikut dibawah ini kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli
Kelebihan Pasar Oligopoli
1. Barang yang Diproduksi Berbeda Corak
Para penjual yang ada di dalam pasar oligopoli memproduksi sesuai yang diinginkan masyarakat hal ini agar menghasilkan bermacam-jenis barang yang berbeda corak. Agar pasar tersebut akan terus menyebar ke golongan masyarakat luas.
2. Efisiensi dalam memakai Sumber-Sumber Daya
Pasar oligopoli jika dilihat dari syarat efisiensi sesungguhnya tidaklah mmakai sumberdaya secara efisien. Namun apabila dilihat dari sudut pandang skala ekonomi yang didapat maka kemungkinan diperoleh bahwa para penjual dalam pasar oligopoli mengeluarkan biaya yang lebih rendah dalam produksi barang dibandingkan dalam pasar persaingan sempurna.
3. Pengembangan Teknologi dan Inovasi
Pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk melakukan inovasi maupun menyampaikan teknologi.
Kekurangan Pasar Oligopoli
1. Terjadi Persaingan Harga yang Ketat
Persaingan harga pada pasar oligopoli akan terjadi apabila ada produk baru yang masuk ke pasar, mengapa dapat terjadi ? sebab pada saat produk masuk ke dalam pasar agar bisa menguasai pasar lazimnya seorang produsen baru akan menurunkan harga agar produk yang sudah lama dapat tergeser. Tentu hal ini akan merugikan pihak produsen lama.
2. Adanya Rintangan yang Kuat untuk Masuk ke Pasar Oligopoli
Produsen baru yang ingin memasuki pasar ini akan mengalami kesulitan hal ini desebabkan memerlukan investasi yang tinggi.
Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Oligopoli: Pengertian, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli semoga bermanfaat.