√Flowchart adalah : Pengertian, Jenis, Perbedaan, Tujuan dan Fungsi Secara Lengkap

Diposting pada

Pengertian Flowchat

Pengertian flowchat ialah sebuah bentuk struktur dengan isi simbol-simbol yang menginformasilkan susuanan proses yang mendetail dan menghubungkan diantara satu proses atau insruksi dengan proses yang lain didalam suatu program, berikut adalah simbol-simbol yang untuk menggambar flowchart program :

Flowchart Adalah

Jenis- Jenis flowchart

1. Flowchart Sistem (System Flowchart)

System Flowchart adalah bentuk stuktur yang menggambarkan alur proses kerja atau yang sedang di lakukan di dalam suatu proses sistem secara menyeluruh dan memberikan penjelasan mnegenai urutan dari prosedur yang berkaitan dan membentuk suatu sistem yang ada.

Flowchart Sistem tersusun dari data yang mengalir dari sistem dan proses yang mengubah data tersebut. Data dan alur proses yang ada dalam flowchart sistem dapat dituangkan secara online yang terkoneksi angsung dengan komputer atau offline yang tidak terkoneksi langsung dengan komputer, contohnya mesin tik, kalkulator atau cash register.

2. Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

document flowchart atau disebut form flowchart dan nama lain nya adalah paperwork flowchart ialah bagan alir yang menggambarkan arus dari laporan dan formulir terdiri dari tembusan-tembusannya. Bagan alir dokumen ini mempunyai simbol-simbol yang sama dengan yang dipakai oleh bagan alir sistem.

3. Flowchart Skematik

Skematik flowchart yakni bagan alir yang memiliki kemiripan dengan bagan alir sistem, yakni untuk menginformasikanalur di dalam sistem tersebut. Perbedaannya dari bagan alir skematik selain memakai simbol-simbol bagan alir sistem danmenggunakan simbol-simbol komputer dan alat yang lainnya yang dipakai. Maksud penggunaan simbol/gambar ini adalah untuk mempermudah komunikasi atau

menceritakan kepada user yang kurang mengerti dengan gambar/simbol bagan alir. Penggunaan simbol/gambar ini memudahkan untuk dimengerti, akan tetapi cukup sulit dan cukup lama menggambarnya.

4. Flowchart Program

program flowchart adalah bagan yang menggambarkan secara detail alur-alur dari proses sebuah program. Bagan alir program diciptakan dari hasil derivikasi oelh bagan alir sistem.

Bagan alir program terdapat dua jenis, yakni program logic flowchart dan detailed computer program flowchart. Bagan alir logika program dipakai untuk menginfomasikan setiap langkah di dalam proses program komputer secara logical. Bagan alir logika program ini disiapkan oleh seorang sistem analys.

5. Flowchart Proses

Flowchart Proses adalah cara penggambaran rekayasa industrial yang membelah dan menganalisa tahap-tahap berikutnyadalam suatu poses atau sistem yang ada. Bagan alir proses memiliki 5 buah simbol/gambar tersendiri seperti yang nampak pada gambar tabel di bawah ini.

Flowchart adalah

Flowchart Proses di dapat perekayasa industrial dalam mempelajari dan mengolah langkah-langkah manufacturing. Dalam sebuah analisa sistem, flowchart ini dipakai secara baik untuk membaca alur suatu formulir ataulaporan.

Perbedaan Flowchart dengan DFD

berikut Perbedaan antara Flowchart dan DFD:

  • Flowchart sistem menjelaskan alur proses atau proses-proses yang ada di dalam sistem tersebut sedangkan DFD menjelasakan tentang alur data di sebuah sistem
  • Flowchart alur datanya musti berurut sedangkan DFD prosedurnya dapat dilakukan secara serentak atau secara pararel
  • Flowchart ada terdapat proses looping sedangkan DFD tidak ada proses looping
  • Flowchart ada perhitungan sedangkan DFD tidak ada perhitungan

Tujuan Membuat Flowchat

Menceritakan suatu proses penyelesaian problem dengan cara yang sederhana, yang terurai yang rapih dan jelas
dengan Menggunakan teknik simbol atau gambar yang standar

Fungsi Flowchart

Setelah mengetahui definisi, jenis dan tujuan dari flowchart, mungkin Anda sudah dapat sedikit mengerti untuk apa tujuan mendasar flowchart digunakan. Pada intinya, flowchart digunakan dengan tujuan untuk menggambarkan tiap tiap proses yang harus dilewati dalam sebuah sistem. hanya saja, sesungguhnya masih sangat banyak lagi tujuan dari sistem flowchart yang bisa saja belum Anda tahu. Berikut ini coba dijelaskan mengenai beberapa fungsi dari flowchart yang bisa dipelajari berikut ini.

1. Planing Project Baru

Saat anda akan memulai merancang suatu project, maka hal berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah membagi proyek tersebut ke dalam bentuk flowchart. agar dapat membantu Anda dalam merancang beberapa tahap-tahap yang menyangkut keputusan bersama.

2. Mengatur Alur Kerja

Untuk mengatur alur kerja, flowchart ialah tekhnik yang sangat penting dilakukan. Karena, flowchart berfungsi dalam Menentukanintegritas dari prosedur tersebut, yaitu dapat Membuat hasil yang sangat berkualitas berdasarkan langkah-langkah
ada.

3. Memodelkan Prosedur Bisnis

Prosedur bisnis yakni bukan hanya berhubungan dengan profit, selain dari pada itu rangkaian tugas baik itu yang mudah sampai yang sulit juga termasuk kedalam prosedur bisnis tersebut. Tujuan dari pemodelan flowchart bisa dilaksanakan untuk mendapatkan hasil yang stabil dan dapat juga direncanakan.

4. Dokumentasi Setiap Proses

Dalam menyelesaikan sebuah proyek dibutuhkan dokumentasi sebuah proses. Dengan hal itu, flowchart bisa menjadi alat yang bagus untuk terpenuhnya tujuan yangdiinginkan. Jika kita membandingkan dengan membuat dokumen disetiap proses dengan narasi dan mengelompokan ke dalam bagan flowchart, maka memakai flowchart adalah hal yang sangat efisien jika dibanding dengan pembuatan narasi.

5. Menjelaskan Algoritma

Umumnya, sebelum menyampaikan proyek yang akan di bangun kedalam program, para sistem planer lebih awal menentukan algoritma untuk menjadikan proyek tersebut memaikai SDL . SDL (Specification and Description Language) adalah suatu spesifikasi language yang dipakai untuk menjelaskan perilaku dari sistem yang ada. Nah, flowchart dapat mewujudkan kebutuhan tersebut. Karena, flowchart memberikan berbagai simbol/gambar yang uniqe yang dapat digunakan untuk memposisikan sistem yang akan dibangunm, Selain dari pada itu, flowchart juga memberikan sumber daya yang dapat dipakai untuk memecahkan suatu masalah.

6. Memprediksi Proses

Biasanya, flowchart bisa dipakai untuk memprediki kerusakan yang terjadi dalam setiap prosedur. bagan Flowchart dapat membantu Anda memecahkan permasalahan dengan teknik memetakan setiap proses dari kedalam bagian-bagian yang lebih detail,lalu memeriksa langkah mana yang tidak berfungsi atau perlu dilakukan perbaikan.

Demikialah artikel dari pengajar.co.id tentang Flowchart adalah : Pengertian, Jenis, Perbedaan, Tujuan dan Fungsi Secara Lengkap semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh Limbah Industri : Pengertian, Jenis, Dampak Buruk Beserta Contohnya
Lihat Juga:   √ Asal Usul Rawa Pening : Legenda dan Cerita Singkat
Lihat Juga:   Reboisasi Adalah
Lihat Juga:   √Asosiatif Dan Disosiatif