Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Paragraf Deduktif, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : √ Contoh Paragraf Deduktif : Pengertian dan Cirinya


Pengertian Paragraf

Paragraf terdiri dari beberapa kalimat dan berisi ide. Nah, biasanya menempatkan ide dalam paragraf dapat dibagi menjadi tiga jenis: deduktif, induktif, dan campuran.


Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah salah satu paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan juga dilengkapi dengan penjelasan yang khusus yang berupa contoh, rincian khusus, bukti-bukti dll. Sebab paragraf deduktif dikembangkan dari sebuah pernyataan umum, maka pola kalimatnya adalah dari umum ke khusus.


Ciri-ciri Kalimat Deduktif

  • Kalimat utamanya terletak diawal kalimat
  • Kalimat disusun dari pernyataan umum dan dijelaskan dengan penjelasan khusus.

Contoh Contoh Paragraf Deduktif

1). Naskah drama mempunyai unsur-unsur penting antara lain alur, tokoh, perwatakan, tema, dialog dan konflik. Unsur-unsur itu disampaiakan dalam bentuk naskah tertulis, unsur-unsur tersebut juga jadi pegangan sutradara untuk menyediakan pementasan dan menjadi pegangan para pemain untuk memainkan perannya dalam sebuah pertunjukan.

2). Pantai plengkung mempunyai pantai yang sangat indah dan juga ombak besar yang sangat disukai para peselancar. Pantai ini juga mempunyai gelombang yang besar dan indah sehingga sangat disukai para peselancar, pantai ini seolah-olah menjadi surga bagi peselancar sebab ombaknya yang cukup besar dengan ketinggian 2-6 m dan panjang gelombang 2 km yang susul menyusul sejauh tujuh gelombang, dalam interval 5 menit bisa menghasilkan pemandangan yang sangat indah.

3). Museum Bahari diresmikan pada tanggal 7 Juli 1977 oleh Gubernur Ali Sadikin. Diruang-ruang dalam museum, pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam jenis kapal dari seluruh daerah di Nusantara (Indosenia) dilengkapi dengan gambar serta foto-foto pelabuhan pada masa lampau, di depan museum, terdapat menara Syahbandar yang dibangun sejak tahun 1839.


Contoh Paragraf Deduktif

Berikut dibawah ini beberapa contoh paragraf deduktif

Contoh 1

Pemuda warga desa Banyumas telah sepakat untuk melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan saja di luar rumah dan hanya duduk-duduk saja di pinggir jalan pada saat jam belajar. Para pemuda sudah mulai mendatangi orang tua serta memberi pengertian bagaimana pentingnya belajar bagi anak anak mereka. Jika warga menjumpai anak-anak mereka sedang kumpul – kumpul di pinggir jalan pada saat jam belajar, mereka akan diperingatkan serta diajak untuk belajar bersama. Jam belajar masyarakat dimulai pada pukul 18.00 sampai pukul 20.00. Kalimat utama dalam paragraf di atas merupakan kalimat yang pertama yaitu , Pemuda warga desa Banyumas telah sepakat untuk melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib.


Contoh 2

Tikus merupakan salah satu hama yang dimusuhi oleh petani yang sangat merugikan. beribu-ribu hektar lebih sawah di berbagai wilayah mengalami gagal panen disebabkan tikus yang memakan padinya. Tanaman lain seperti singkong juga tak luput menjadi korbannya, bahkan buah petai cina yang sudah tua habis digerogoti binatang ini. Tak hanya itu saja bahkan binatang ternak seperti ayam serta bebek pun juga diserang tikus.


Pengertian Paragraf Induktif

Kalimat utama Paragraf induktif berada pada bagian akhir paragraf, paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang berupa fakta, contoh, rincian khusus maupun bukti-bukti yang kemudian disimpulkan ke dalam satu kalimat pada akhir paragraf, paragraf induktif menggunkan dari pola khusus ke umum.


Ciri-Ciri Kalimat Induktif

Adapun ciri-ciri kalimat Induktif ialah sebagai berikut

  • Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
  • Kemudian digeneralisasikan menjadi suatu kesimpulan yang berdasarkan penjelasan yang khusus.
  • Intinya yang merupakan kalimat utama terletak di akhir paragraf.

Contoh Paragraf Induktif

Berikut dibawah ini merupakan contoh dari paragraf induktif :

  • Contoh Paragraf Induktif Singkat

Dikala tes semester telah berakhir, nilai seluruh murid dievaluasi. Nyatanya, terdapat sebagian nilai siswa yang nilainya melebihi standar kelulusan, ialah sebanyak 13 siswa. Sebaliknya 9 siswa memperoleh nilai standar kelulusan, serta tidak terdapat siswa yang menemukan nilai di dasar rata- rata. Dengan begitu, dapat dibilang kalau aktivitas pendidikan pada sekolah tersebut sukses.


  • Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan

Untuk masyarakat Jakarta, membuang sampah seenaknya ke dalam sungai telah jadi kerutinan apalagi tradisi semenjak dahulu. Sementara itu, kerutinan kurang baik ini telah dialami dampaknya nyaris tiap tahun. Sampah- sampah ini dapat menimbulkan aliran sungai terhambat serta kesimpulannya memunculkan banjir. Tidak heran apabila banjir yang terjalin di Jakarta acapkali diakibatkan oleh tumpukan sampah yang membatasi aliran sungai.


  • Contoh Paragraf Induktif Tentang Pendidikan

Belajar dengan sistem SKS alias Sistem Kebut Tadi malam tidaklah perihal yang pantas dicontoh. Terlebih jika besok harinya merupakan hari tes. Akibat yang dapat dialami merupakan rasa kantuk kala lagi mengerjakan tes. Hingga itu, persiapkan diri serta mulai belajar semenjak jauh- jauh hari saat sebelum waktu tes datang.


  • Contoh Paragraf Induktif Tentang Kesehatan

Apapun bila dicoba secara kelewatan tidaklah perihal yang baik. Sama halnya semacam komsumsi santapan. Sangat banyak makan pula dapat mendatangkan bermacam berbagai penyakit. Misalnya saja kegemukan, serbuan jantung, stroke, ataupun penyakit- penyakit lain semacam kolesterol serta gula. Buat itu, makanlah cocok dengan kebutuhan badan demi melindungi kesehatan jangka panjang.


  • Contoh Paragraf Induktif Karena Akibat

Rina merupakan anak yang sangat baik hati. Dia senantiasa menolong sahabatnya yang lagi memerlukan, semacam menolong menarangkan pelajaran yang belum dipahami. Tidak tidak sering pula, Rina turut menolong sahabatnya dalam mengejar nilai yang masih di dasar rata- rata. Tidak hanya menolong sahabat, Rina juga bahagia menolong guru- guru. Dia tidak segan- segan menolong para gurunya dengan mengantarkan buku- buku ke kelas ataupun ruang guru. Oleh karena itu, tidak heran apabila seluruh sahabat sekelas apalagi guru- guru juga sangat menggemari sikap baik Rina.


Demikianlah artikel tentang Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif : Pengertian, Ciri, Contoh dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   Etika Adalah

Lihat Juga:   Sistem Tanam Paksa

Lihat Juga:   Sinopsis Adalah

Lihat Juga:   Radioaktif Adalah