Pengertian Komik

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Pengertian Komik, yuk disimak ulasannya dibawah ini:

Pengertian Komik
Sumber: www.sijuki.com

Pengertian Komik

Komik adalah cerita bergambar yang disusun dari gambar-gambar tidak bergerak sehingga membentuk suatu cerita yang mudah dipahami. Komik termasuk dalam karya seni karena membutuhkan keterampilan dalam menggambar dan menyusunnya sehingga bermakna. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks.


Pengertian Komik Menurut Para Ahli

  • Pendapat Franz & Meie

Menurut mereka, komik merupakan suatu cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata.

  • Pendapat dari Scott McCloud

Menurutnya, komik  adalah kumpulan gambar yang berfungsi untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi yang melihatnya.


Sejarah Perkembangan Komik

perkembangan komik bermula dari peradaban kuno di kehidupan gua yang ditemukan para peneliti.yang akhirnya berkembang di daerah eropa dan komik yang berjudul the yelow kid di perkikan sebagai titik awal perkembangan komik di dunia.

Sejarah komik bermula di daerah Barat. Pada mulanya komik hanya disiarkan di akbar-akbar harian dengan gaya lukisan kartun dimana ia mengandungi unsur humor dan juga kritikan. Komik yang berasal daripada perkataan ‘comic’ dalam bahasa inggris itu sendiri bermaksud ‘bersifat lucu’.

Namun kemudian komik-komik berunsur aksi mula diterbitkan. Antara komik-komik aksi yang terawal adalah Superman, Batmandan Captain Amerika. Kewujudan komik telah berkembang ke Asia pada Perang Dunia ke-2. Jepang yang turut terpengaruh dengan budaya ini telah berjaya mencipta manga yang merupakan identitas gaya lukisan Jepang.

Lihat Juga:   Tesis Adalah

Sejarah tradisi perkomikan di Indonesia boleh dikatakan sudah berlangsung lama, terlihat dari banyaknya naskah Jawa dan Bali abad ke-18 hingga ke-19 yang berbentuk mirip komik.Komik modern di Indonesia muncul sekitar 1930-an. Baru sekitar 1950-an,komik Indonesia tampil dalam bentuk buku.


Fungsi Komik

Fungsi dari komik  dapat dilihat di bawah ini, yakni:

  1. Sebagai sarana Memberi Informasi dan edukasi
  2. Media yang dapat Menghibur bagi pembaca
  3. Melakukan pengungkapan ekspresi atau pesan Penulisan kepada khalayak ramai .

Ciri-Ciri Komik

Ciri-ciri komik adalah:

  1. Berfungsi untuk menyampaikan cerita yang mengandung pesan dan informasi dengan menggunakan teks dan gambar.
  2. Gambar dan teksnya proporsional sehingga membuat pembaca komik seakan-akan terlibat dan berperan langsung ke dalam cerita.
  3. Menggunakan bahasa percakapan sehari-hari yang mudah dipahami.
  4. Umumnya isi cerita komik bertema kepahlawanan  yang membuat pembacanya mempunyai rasa atau sikap kepahlawanan.
  5. Penggambaran watak dalam komik dibuat secara sederhana agar pembaca mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan dalam cerita.
  6. Terdapat humor yang disajikan secara lugas sehingga akan mudah dipahami pembaca dan  umumnya humor yang disajikan sering terjadi dan ada di masyarakat.
  7. Teks atau kata-kata biasanya  disajikan dalam gelembung-gelembung yang diserasikan dengan gambar.

Tujuan Komik

Berikut dibawah ini merupakan tujuan komik adalah:

  1. Untuk mengembangkan kreativitas seseorang dengan menggunakan gambar serta mengembangkan daya imajinasi.
  2. Untuk mengaplikasikan seni ke dalam komik atau karikatur.
  3. Untuk menjadi hiburan masyarakat yang membacanya.

Syarat Menggambar Komik

Berikut dibawah ini sebutkan menggambar komik adalah:

  • Memiliki Topik dan Tujuan

Tentu saja ini masuk syarat membuat komik, topik dan tujuan menentukan arah dan tujuan pembuatan komik ini. Seperti semisal gambaran imajinasi, dan cara teknik menggambar komik tersebut merupakan dari topik dan tujuan pembuatan komik. Tujuan komik umumnya adalah untuk sebagai media hiburan, namun juga memiliki tujuan lainya seperti komersial, atau menceritakan suatu kisah, atau mencurahkan imajinasi pembuat komik

  • Membuat Kalimat Dalam Komik yang Efektif

Ini tentu saja masuk syarat karena untuk mempermudah pembaca, serta membuat cerita singkat nan efektif. Dan tujuan lain agar kalimat percakapan efektif adalah untuk mudah di ingat pembaca dan alasan lainya juga

  • Gambar

Gambar harus sesuai topik, atau ide yang dibuat. Gambar bukan gambar apa saja, namun gambar tertentu yang sesuai komik. Dan gambar harus sesuai dengan teks yang ada. Dan teknik mengggambar komik dengan menggambar komik dengan baik dan teknik tertentu biar gambar baik. Dan sediakan alat, bahan untuk menggambar komik semisal kertas, pensil gambar dan lainya.

Lihat Juga:   Akomodasi Adalah

Jenis-Jenis Komik

Ada banyak sekali jenis-jenis komik di mana pembagiannya adalah didasarkan pada alasan-alasan tertantu. Beberapa di antara jenis-jenis komik tersebut adalah Kartun, Comic Strip atau Komik Potongan, Annual Comic atau Komik Tahunan, Komik Humor, Komik Petualangan, Komik Ringan, Komik Majalah, Instructional Comic dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut penjelasan beberapa jenis komik tersebut di atas:

  1. Comic Strip atau komik potongan adalah jenis komik yang umumnya hanya terdiri atas 3 sampai 6 panel. Komik ini mengandung potongan atau penggalan cerita dengan alur yang pendek.
  2. Kartun, adalah jenis komik yang berupa gambar sejumlah tokoh yang digabung dengan unsur tulisan. Umumnya tujuan komik kartun ini adalah sebagai sindiran, kritik atau sekedar humor semata.
  3. Komik Tahunan, adalah jenis komik yang penerbitannya hanya setahun (atau beberapa tahun) sekali. Biasanya komik jenis ini berupa kisah terbaik dari suatu serial dan sebagainya.
  4. Komik online, adalah jenis komik yang diakses dengan menggunakan jaringan internet.

Pembagian Komik Berdasarkan Jenis Cerita

Pembagian komik berdasarkan jenis cerita terbagi menjadi 4 macam yaitu  :

  • Komik Edukasi

Komik edukasi memiliki 2 fungsi :

1. Pertama adalah fungsi hiburan

2. Kedua dapat dimanfaatkan baik langsung maupun tidak langsung  untuk tujuan edukatif. Hal ini karena kedudukan komik yang semakin berkembang ke arah yang baik karena masyarakat sudah menyadari nilai komersial dan nilai edukatif yang biasa dibawanya

  • Komik Promosi (Iklan)

Komik juga mampu menumbuhkan imajinasi yang selaras dengan dunia anak, Sehingga muncul pula komik yang dipakai untuk keperluan promosi sebuah produk. Visualisasi komik promosi ini biasanya menggunakan figur superhero.

  • Komik Wayang

Komik wayang berarti komik yang bercerita tentang cerita wayang, yaitu Mahabharata yang menceritakan perang besar antara Kurawa dan Pandawa maupun cerita Ramayana yang bercerita tentang penculikan Dewi Shinta. Komik jenis ini di Indonesia muncul di tahun 60-70-an dengan beberapa komik yang mengawali masa ini yaitu; Lahirnya Gatotkatja (Keng Po), Raden Palasara karya Johnlo, Mahabharata karya R.A Kosasih yang sangat terkenal terbitan melodi dari Bandung.

  • Komik Silat

Komik silat sangatlah popular, karena tema-tema silat yang didominasi oleh adegan laga atau pertarungan sampai saat ini masih menjadi idola. Misalkan Jepang dengan ninja dan samurainya atau China dengan kungfunya. Sebut saja Naruto.

Lihat Juga:   Metamorfosis Sempurna dan Tidak

Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai Pengertian Komik: Menurut Para Ahli, Sejarah Perkembangan, Fungsi, Ciri, Tujuan, Syarat Menggambar, Jenis, Pembagian, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.