Definisi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Definisi Adalah : Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis & Contoh, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini : Definisi-Adalah


Pengertian Definisi

Definisi adalah sebuah pernyataan terhadap ciri-ciri penting dari suatu hal, biasanya akan lebih kompleks dari arti, makna, atau pengertian dari suatu hal.


Pengertian Definisi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Soedjadi

    Konsep berarti sebuah ide abstrak yang memungkinkan bisa di gunakan demi keperluan klasifikasi atau penggolongan yang secara umum dapat di tuangkan pada suatu istilah atau suatu rangkaian kata (lambang bahasa).

  2. Menurut Wikipedia

    Definisi Merupakan sebuah batasan atau arti, bisa juga dimaknai dengan kata, frasa, atau kalimat yang bermakna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.

  3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

    Definisi adalah rumusan mengenai ruang lingkup dan ciri-ciri sebuah konsep yang menjadi bahan utama pembicaraan atau studi.


Tujuan Definisi

Adalah untuk memberi sebuah batasan atau sebuah makna pada sebuah istilah sehingga dapat menghasilkan kesepakatan bagi masyarakat secara global.


Jenis-Jenis Definisi

Berikut dibawah ini macam-macam definisi, yaitu :

  1. Nominal

    Definisi nominal adalah sebuah kerangka definisi yang sangat sederhana dan hanya sementara, karena pada ini menjelaskan arti dari etimologis atau sinonim dengan beberapa konsep yang akan dijelaskan.

  2. Formal

    Definisi formal adalah sebuah kerangka dari terminologis yang berdasarkan dengan logika yang formal dibeberapa unsur sehingga hal ini akan mempunyai struktur pada bentuk fitur yang paling sempurna.

  3. Operasional

    Definisi operasional adalah sebuah kerangka dari sebuah istilah yang menyughukan langkah-langkah khusus yang perlu dilakukan atau menggunakan metode pengukuran dan memberikanhasil yang akan diamati dengan sifat kuantitatif.

  4. Paradigmatis

    Definisi paradigmatis adalah sebuah kerangka yang bertujuan untuk mempengaruhi pola pikir orang-orang berdasarkan dari jenis pendapatan dan nilai tertentu sehingga jenis ini bisa mengatur sesuai dengan definisi.

  5. Secara Luas

    Definisi luas adalah sebuah kerangka yang mempunyai batasan paragraf yang akan diperlukan untuk konsep yang rumit sehingga bisa di diartikan dalam kalimat yang pendek.


Ciri-Ciri Definisi

Berikut dibawah ini ciri ciri dari definisi, yaitu :

  1. Definiendum

    Definiendum adalah suatu unsur istilah atau sebuah kata yang dijabarkan.

  2. Definiens

    Definiens adalah suatu unsur rangkaian kata atau frasa atau kalimat yang fungsinya menguraikan pengertian.


Syarat-Syarat Definisi

  1. Harus menyatakan karakteristik penting dari apa yang akan dijelaskan serta karakteristik khusus atau penting.
  2. Haruslah persamaan makna dengan hal-hal yang memiliki makna, yang berarti bahwa ruang lingkup makna tidak terlalu sempit atau terlalu luas.
  3. Harus menghindari pernyataan yang mengandung istilah yang memiliki makna, yang berarti tidak boleh berbelok, tidak boleh rumit secara langsung atau tidak langsung pada subjek yang didefinisikan.
  4. Itu harus dinyatakan sebanyak mungkin dalam formulasi positif, sebisa mungkin menghindari pernyataan negatif.
  5. Itu harus dinyatakan dengan tepat, singkat dan jelas, dengan perkecualian kata-kata yang kabur dan ambigu, tidak bisa menggunakan bahasa kiasan. Karena, tujuan melakukannya dari suatu istilah adalah untuk memberikan penjelasan dan menghilangkan makna ganda, kemudian menggunakan istilah yang samar atau ambigu dapat menghalangi niat.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Definisi Adalah : Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   Suku Dayak