Hari Akhir Adalah

Diposting pada

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Hari Akhir Berikut Penjelasnnya:

Hari Akhir Adalah


Pengertian Hari Akhir Adalah

Hari Akhir atau Hari Kiamat Adalah berakhirnya semua kehidupan makhluk hidup di alam semesta. Kehancuran total alam semesta tersebuh adalah kehendak Allah sehingga akan terjadi, tapi tidak diketahui kapan waktu terjadinya yaumul qiyamah. Sesudah seluruh alam semesta hancur, jadi seluruh makhluk akan dikumpulkan serta akan ditimbang amal perbuatannya di yaumul hasyr atau marshah. Peristiwa hari kiamat ditandai dengan peniupan sangkakala yang pertama oleh malaikat isrofil yang dilaksanakan sesuai kehendak perintah Allah.

Sesudah bunyi sangkakala tersebut, maka seluruh alam akan mengalami hal yang tidak dikira. Semua makhluk yang masih hidup akan mati kecuali yang diperintahkan Allah supaya tetap hidup.

Sesudah itu peniupan sangkakala akan dilakukan untuk kedua kalinya. Ketika itu terjadi, maka suara sangkakala akan membangkitkan semua makhluk guna mempertanggung jawabkan amal perbuatannya.


Jenis-jenis Hari Akhir

1. Kiamat Besar (Kubra)

Tanda-tanda kiamat Kubra dapat dibilang bukan tanda, tapi peringatan terakhir. Kalau tanda kiamat Kubra sudah muncul, berarti kehidupan di dunia akan segera berakhir serta semua alam semesta akan hancur.

Tanda kiamat tersebut tidak pernah dibayangkan oleh manusia. Sesusah kiamat semua makhluk akan dikumpulkan serta menjalani perhitungan amal perbuatan di alam barzah.

2. Kiamat Kecil (Sugra)

Tanda-tanda kiamat Sugra sering muncul di kehidupan sehari-hari. Fenomena tersebut seringkali dianggap biasa serta tidak banyak disadari oleh orang pada umumnya.

Tapi hal tersebut adalah teguran yang diberikan oleh Allah supaya manusia dapat kembali ke jalan yang benar serta bertaubat. Dengan adanya peringatan tersebut membuat orang harus terus dapat memperbaiki diri guna menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Lihat Juga:   Partai Politik Adalah

Tanda-tanda Hari Akhir

1. Kiamat Besar

  • Munculnya Dajjal

Sebagai umat muslim, tentu telah banyak yang tau mengenai Dajjal, sosok makhluk yang mempunyai mata satu yang mata sebelah kanannya buta.

Diceritakan bahwa Dajjal datang ke semesta guna membawa fitnah serta merenggut keimanan manusia. Sehingga nantinya manusia menjadi tidak mempunyai keyakinan serta berpihak pada Dajjal.

  • Tiba Penenggelaman Bumi

Ketika hari akhir tiba, semua permukaan alam semesta akan tenggelam serta hancur.

Hal tersebut akan membuat 3 bagian bumi tenggelam secara bertahap, mulai dari bagian timur, barat hingga jazirah Arab. Sesudah penenggelaman tersebut, tidak ada makhluk hidup yang dapat tinggal di bumi.

  • Keluarnya Asap Dukhan

Salah satu tanda kiamat besar ialah keluarnya dukhan atau asap yang dapat mengakibatkan wabah atau suatu penyakit untuk dapat menjangkit seluruh manusia.

Penyakit tersebut dapat menyebabkan flu untuk orang-orang yang beriman serta dapat mematikan untuk orang-orang kafir. Asap tersebut muncul secara tiba-tiba dari lapisan bawah bumi.

  • Ya’juj dan Ma’juj

Mungkin belum banyak yang tau tentang kedua kata ini. Saat Anda mempelajari mengenai hari akhir, kedua istilah ini wajib dipahami dengan baik.

Kedua kata tersebut akan muncul nanti pada saat hari akhir tiba. Keduakan dikisahkan mempunyai suatu kekuatan yang tersembunyi serta akan berperan sebagai penghancur serta perusak kehidupan yang ada di alam semesta.

Keduanya tersebut nantinya akan berperang dengan Nabi Isa serta pasukannya di bukit bernama Thursina. Kalau melawan Nabi Isa, berarti mereka akan membuat manusia terjerumus serta wajib diperangi.

  • Matahari Terbit Dari Barat

Kalau biasanya matahari akan terbit dari timur serta terbenam di sebelah barat, maka hal tersebut akan terjadi sebaliknya.

Lihat Juga:   Diksi Adalah

Kalau hal itu terjadi, maka berarti tanda kiamat besar sedang terjadi. Tanda kiamat yang besar yang paling jelas ialah matahari muncul dari arah terbenamnya. Fenomena tersebut terjadi hanya kalau hari akhir sudah dekat.

  • Turunnya Nabi Isa

Ketika hari dimana kiamat datang serta Dajjal turun ke semesta, maka Nasi Isa pun akan diturunkan untuk membunuh Dajjal.

Hal tersebut dilakukan untuk menolong umat manusia saat akhir zaman. Dengan adanya pertolongan ini, manusia dapat menghadapi masa perhitungan amal dengan lebih baik.

  • Munculnya Kabut Tebal

Kabut tersebut muncul tepat sebelum hari kiamat datang. Kabut itu akan merenggut nafas orang kafir sampai rasanya akan tercekik. Kabut itu akan muncul pada 40 hari sebelum hari kiamat serta akan berlangsung setiap hari.Kabut tersebut akan membuat ruang antara langit serta bumi menjadi penuh.

2. Kiamat Kecil

  • Tanda kiamat kecil sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad.

Tanda yang terjadi ketika itu adalah diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai rasul serta peristiwa wafatnya Nabi.Hak tersebut adalah pertanda kiamat kecil karena Nabi Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul yang terakhir. Sehingga saat beliau wafat, tidak ada lagi Nabi atau Rasul sesudahnya.

  • Munculnya gaya hidup yang mewah serta berlebihan

Padahal Nabi Muhammad SAW mengajarkan supaya umatnya hidup dengan kerendahan hati. Rasulullah mengajarkan kesederhanaan dala kehidupan-Nya, tapi malah umat muslim mulai hidup bermewah-mewahan serta berlebihan.

  • Terjadi Banyaknya Perang

Dengan terjadinya banyak perang serta banyaknya orang yang meninggal sebab perang adalah salah satu tanda kiamat kecil yang sering terjadi sejak dahulu sampai sekarang. Hal itu membuat perilaku masyarakat menjadi menyimpang.

  • Terjadinya Bencana Alam

Bencana alam yang sering terjadi yaitu banjir, tanah longsor, gempa bumi dan masih banyak yang lainnya.

Lihat Juga:   Cerita Fabel

Hal tersebut merupakan tanda kiamat kecil yang tak  banyak disadari oleh masyarakat pada biasanya.

  • Banyak gedung tinggi dan berfokus dengan duniawi

Banyaknya orang yang semakin berlomba-lomba guna membangun gedung yang tinggi serta berfokus pada urusan duniawi.

  • Negara Arab berubah menjadi sungai dan padang rumput

Diketahui bahwa Arab memang mempunyai suhu yang lebih panas daripada dengan wilayah yang lainnya. Sehingga perubahan itu mungkin tidak disadari, padahal itu adalah pertanda kiamat kecil.

  • Orang jahat yang semakin lebih banyak dibandingkan dengan orang baik

Hal itu terjadi sebab pikiran manusia yang kian berubah seta pedoman agama yang semakin menipis. Dengan adanya tanda kiamat kecil seperti ini, membuat masyarakat wajib memperdalam ilmu agama supaya tidak mudah terpengaruh pada hal yang buruk.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Hari Akhir Semoga dapat Bermanfaat