√ Karangan Deskripsi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel tentang Karangan Deskripsi yang mana mengulas mengenai, pengertian, ciri-ciri, jenis,jenis, contoh dan cara membuat karangan deskripsi. Karangan-Deskripsi-Adalah


Pengertian Karangan Deskripsi

Karangan Deskripsi adalah jenis karangan yang memberikan efek kepada pembaca. Karangan Deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu objek atau peristiwa dengan sangat jelas sehingga pembaca dapat merasakan kejadian tersebut, melihat atau mengalami hal-hal yang dibahas dalam karangan. Jenis karangan ini berhubungan dengan panca indera manusia. Karangan ini dikembangkan dengan satu gagasan utama diikuti oleh kalimat penjelasan setelahnya.


Ciri-Ciri Karangan Deskripsi

Berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri karangan deskripsi :

  • Karangan menggambarkan suatu objek yang nyata atau dapat diterima oleh panca indera.
  • Karangan menunjukkan suatu objek dengan sangat jelas sehingga pembaca merasa bahwa dia mengalami apa yang telah dijelaskan penulis.
  • Karangan memiliki karakter objektif, dengan bahasa lain, penulis menunjukkan objek atau benda dalam keadaan nyata dan dengan apa adanya tidak memihak siapapun.
  • Karangan yang dibuat menggunakan metode impresionistis (subyektif), realistis (objektif) atau sikap penulis.

Jenis-Jenis Karangan Deskripsi

Jenis-jenis karangan deskripsi dibagi menjadi lima bagian kelima bagian tersebut akan admin jelaskan dibawha ini :

  1. Karangan Deskripsi Spatial

    Karangan deskripsi spasial adalah jenis karangan deskripsi yang menggambarkan objek dalam bentuk tempat atau ruang. Penulis menggambarkan atau menceritakan suatu tempat atau ruang sesuai dengan kondisi nyata sehingga pembaca dapat dengan jelas membayangkan tempat yang dimaksud.

    Karangan deskriptif spasial adalah jenis karangan deskripsi yang menggambarkan sesuatu hal atau objek sebagai ruang atau tempat.

  2. Karangan Deskripsi Realistis

    Karangan deskripsi realistis adalah jenis karangan deskriptif yang disampaikan kepada pembaca secara objektif. Cara penyampain objektif di jelaskan bahwa sesuatu yang disampaikan kepada pembaca dengan sebuah karangan merupakan hal yang nyata. Penulis tidak menulis kesan pribadinya atau pendapatnya tentang objek yang diceritakan.

  3. Karangan Deskripsi Impresionatis

    Karangan deskripsi impresionistis adalah jenis karangan deskriptif yang menggambarkan objek secara subyektif atau sesuai dengan apa yang dirasakan dan dilihat penulis. Penulis tidak terlalu memperhatikan pandangan pembaca.

  4. Karangan Deskripsi Artistik atau Impresionitik

    Karangan deskripsi ini berfokus pada respons emosional yang dirasakan oleh pembaca atau pendengar. Dalam menulis karangan ini, penulis mencoba memberikan kesan kepada pembacanya.

  5. Karangan Deskripsi Ekspositori

    Karangan deskripsi ini adalah karangan yang logis. Secara umum, penulis menggambarkan objek hanya dalam hal apa yang dilihat dan dirasakan sendiri, tidak mementingkan respon emosional atau kesan dari pembaca.


Cara Membuat Karangan Deskripsi

Berikut dibawah ini cara membuat karangan deskripsi :

  • Memilih topik, Tema, dan tujuan karangan
  • Menyiapkan judul karangan
  • Menyiapkan kerangka karangan
  • Mengumpulkan informasi
  • Merancang karangan karangan
  • Harus menyiapkan cara mengakhiri dan menyimpulkan tulisan
  • Menyempurknakan karangan

Contoh Karangan Deskripsi

Berikut dibawah ini 11 contoh karangan deskripsi :

  1. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Sekolah

    Sekolah saya, SMK PGRI Tanjung Raja adalah sekolah  yang sangat besar. Sekolah saya terletak di jantung kota dan dibangun di atas lahan seluas 2 hektar. Meskipun terletak di jantung kota, suasana sekolah saya tidak sama dengan yang ada di perkotaan.

    Sekolah saya sangat keren karena ada begitu banyak pohon hijau nan rimbun. Pohon besar memberi banyak udara di sekolah saya perasaan sejuk dan segar. Udara segar membuat kami ingin belajar setiap hari di sekolah.

    Sekolah saya memiliki bangunan yang cukup besar. Bangunan-bangunan tersebut ditata sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika kita masuk melalui gerbang utama sekolah, kita akan melihat sebuah bangunan yang sangat besar. Bangunan tersebut adalah tempat kerja para guru dan staf sekolah kami. Selain itu, ada juga ruang tunggu untuk tamu yang dilengkapi dengan televisi dan AC.

    Setelah melintasi bangunan utama dan masuk lagi ke dalam, kita akan menemukan ruang kelas yang berbaris. Ruang-ruang tersebut dibangun di sekitar tiga lapangan, yaitu lapangan Upara, lapangan Bola Basket dan lapangan Futsal. Jika kita berdiri di depan tiang bendera, ruang yang di sebelah kanan adalah kelas kelas untuk anak-anak kelas 1 dan 2. Ada 14 kelas yang dibagi menjadi 2 wilayah, yaitu 8 kelas untuk kelas IPA dan enam kelas untuk kelas IPS.

    Sementara di sebelah kiri adalah gedung laboratorium, perpustakaan, masjid, dan bangunan lokal untuk kelas tiga. Ruang kelas tiga terletak di sebelah laboratorium dan disusun secara bertingkat. Ada 7 kelas, termasuk 3 ruang kelas berada di lantai dua untuk kelas IPS dan 4 di ruang kelas bagian bawah untuk anak-anak IPA.

    Selain memiliki bangunan yang lengkap, sekolah saya juga memiliki kantin yang sangat besar. Kantin kami sangat bersih, sangat rapih dan permanen. Kita dapat menemukan berbagai jenis makanan ringan dan makanan berat seperti sup, bakso, mie ayam dan banyak lagi lainnya.

    Jika dilihat dari atas, sekolah saya berbentuk persegi panjang dengan pohon-pohon yang sangat rindang. Karena itu, sekolah saya adalah sekolah yang sangat luas dan hijau.

  2. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Sekolah Baruku

    Halo, nama saya Rudi. Mulai hari ini, saya adalah siswa kelas 7 di SMP N2 Muara Kuang. Hari ini adalah hari pertama saya menginjakkan kaki di sekolah baru saya. Pagi ini, ibuku mengantarkanku ke pintu gerbang. Saya merasa kagum. Pintunya tinggi dan gapuranya terlihat sangat megah. Gapura itu terbuat dari batu bata, jadi warnanya merah. Ketika saya masuk, saya melihat bahwa bangunannya juga tinggi. Sekolah dibagi menjadi beberapa bangunan dan di tengahnya ada halaman. Setelah pintu gerbang, ada ruang guru dan di sebelah ruang guru ada ruang komite dan kantor kepala sekolah. Di dalam gedung yang sama, ada juga kamar kosong besar di mana ada banyak kursi. Kakak OSIS mengatakan bahwa guru sering menggunakan ruangan ini untuk melakukan rapat.

    Di belakang gedung ini ada perpustakaan. Di sebelah kanan perpustakaan adalah bangunan yang hanya mempunyai satu ruangan. Kamar ini adalah ruang komputer. Siswa yang mengambil kursus IT akan belajar di ruangan tersebut. Di dalam ruangan, banyak komputer dalam kondisi baik dan setiap siswa dapat menggunakannya. Di depan gedung ini, ada dua bangunan lainnya. Bangunan dua lantai ini. Ini adalah ruang kelas. Ada sepuluh ruang kelas untuk kelas VII, sepuluh ruang kelas untuk kelas VIII dan kelas IX jauh di belakang, berada dekat lapangan. Kelas IX juga memiliki 10 ruang kelas. Di belakang gedung, ada lapangan yang sangat besar, di mana upacara bendera dan lapangan sepak bola diselenggarakan. Di sebelah utara lapangan sepak bola ada juga lapangan basket dan lapangan voli.

    Kantin berada di belakang gedung sekolah. Khusus satu bangunan untuk kantin sekolah, tetapi di dalam gedung ada banyak ruang untuk memungkinkan banyak yang berjualan. Memasuki kantin seperti memasuki pusat makanan di pusat perbelanjaan: banyak dagangan berjejer dan di depannya, ada sebuah meja dikelilingi oleh kursi-kursi. Jenis-jenis makanan yang dijual juga bervariasi: makanan ringan, menu sarapan atau makan siang, dan minuman. Bagusnya, semua makanan yang dijual adalah makanan sehat dan tidak mengandung MSG. Harganya juga murah dan para pedagang juga ramah. Saya sangat suka berbelanja di kantin. Di depan kantin, ada dua tempat sampah besar. Setelah kita selesai makan, kita membuang sisa makanan kita sendiri. Kotak makanan semuanya kertas. Dengan demikian, setelah makan, meja tersebut juga bersih, sehingga dapat dengan cepat ditempati oleh siswa lain. Dari sini kita belajar membersihkan makanan kita sendiri.

    Saya sangat terkesan dengan sekolah baru saya. Ruang kelas ditata dengan baik, halamannya sangat hijau dan di tengahnya ada kolam renang yang indah. Bunga berwarna-warni menghiasi halaman sekolah saya. Di setiap ruang kelas ada tempat sampah sehingga siswa sekolah terbiasa membuang sampah di tempat sampah. Sekolah itu terlihat bersih, rapi, tetapi juga rindang. Suasana di kelas juga nyaman. Hanya ada 25 siswa, jadi kelasnya tidak pengap dan saya bisa belajar dengan nyaman. Saya tidak sabar menunggu besok untuk kembali ke sekolah baru saya.

  3. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Keindahan Alam

    Desa Suka Cinta, Muara Kuang, Ogan Ilir memiliki sawah yang luas. Di sekitar sawah, ada dua gunung hijau yang menambah keindahan sawah. Sawah disana ditanam padi, tapi ada juga yang tidak ditanam padi oleh petani. Di sisi kiri sawah, ada seorang petani yang sedang menyirami sawahnya. Udara segar, terutama jika di pagi hari. Saat siang menjelangpun, pak tani tidak lelah terus bekerja sambil menikmati keindahan sawah yang mengelilinginya.

    Matahari bersinar sangat terik dan memancarkan cahayanya. Akhirnya, paktani itu berhenti sejenak sambil mengipasi tubuhnya dengan topinya. Pak Tani sesekali meminum air yang dia bawa dari rumah. Dia masih beristirahat di gubuk kecil di sekitar sawah. Pak tani itu melihat bahwa petani lain sedang mencangkul di sawahnya yang luas. Setelah menyelesaikan istirahatnya, petani kembali ke ladangnya untuk bekerja. Beberapa saat kemudian, petani itu dipanggil oleh istrinya yang ingin memberinya makan siang. Matahari mulai terbenam, lalu petani mengambil tasnya dan pulang.

  4. Contoh Karangan Deskripsi Rumahku Istanaku

    Rumahku adalah tempat berlindung bagiku,dirumahku ada tv dan lain lain, fungsi rumahku adalah untuk membagi suka dan duka, dirumahku bagaikan istana yang paling indah, aku menyebut rumahku istana karena menurutku ayahku sebagai raja dan ibuku menjadi ratu dan aku menjadi putri kerajaan.

  5. Contoh Teks Deskripsi Hewan

    Namanya Kenzi, dia kucing kesayanganku. Itu adalah kucing jantan yang saya temukan di sisi jalan. Kenzi memiliki bulu halus dengan garis-garis putih. Rambutnya yang halus menyelimuti tubuhnya dari ujung kepala sampai ujung kaki.

    Semua bulunya berwarna coklat dan putih di paha. Sedangkan ekornya berwarna coklat dan sangat menggemaskan. Kumisnya sedang, tidak panjang atau pendek.

    Kenzi memiliki bentuk kaki yang lebih pendek dari kaki kucing biasa. Hidungnya kecil dan kumisnya agak panjang. Berat badan rata-rata sekitar 4 kg. Matanya hijau kekuningan dan sangat lucu ketika dia terkejut dengan membuka matanya lebar-lebar.

    Kenzi lebih suka tidur sepanjang hari di keranjang tempat tidurnya. Ketika dia tidur, Kenzi lebih suka membelai punggungnya. Membelai, dia memainkan ekornya ke kanan dan kiri.

    Kenzi menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur. Dia hanya bangun jika dia lapar. Ketika dia lapar, dia pergi ke tempat maka yang disediakan di dapur.

    Ketika dia lapar, dia akan terus mengeong sampai dia mendapatkan makanannya. Dia akan memiliki wajah sedih ketika dia tidak mendapatkan makanan. Kucing ini sangat imut dan sangat dicintai oleh keluarga kami.

  6. Contoh Teks Deskripsi Buah Apel

    Apel adalah salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat dunia. Rasa manis dan segar adalah alasan yang membuat buah ini istimewa. Apel memiliki bentuk buah yang cenderung oval atau bulat tetapi tidak sempurna. Buah ini dapat ditemukan dalam berbagai warna seperti hijau, hijau kemerahan, merah tua dan merah muda. Kulit apel cenderung tipis dan berkilau saat matang. Untuk apel muda, kulitnya kasar dengan pori-pori besar yang terlihat oleh mata. Daging apel berwarna putih, kadang-kadang kekuningan dan mengandung banyak air dalam kondisi apel yang segar. Daging buah terlihat padat dan keras, tetapi jika digigit, meninggalkan kesan yang sangat renyah di mulut.

  7. Contoh Teks Deskripsi Tentang Pantai

    Pantai merupakan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan, menyegarkan pikiran akan penatnya pekerjaan. Salah satu pantai yang terkenal di Jawa Barat adalah Pantai Pangandaran. Pantai yang terletak di daerah  tmur Jawa Barat ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Pasir hitam dan air jernih terhampar luas sejauh mata memandang. Ombak yang bergulung-gulung datang silih berganti menyambut para wisatawan seakan mengajak untuk bermain dan berenang. Teriknya matahari terkalahkan oleh sejuknya air laut yang dingin. Dinginnya ombak yang menghempas tubuh dan air laut yang terasa asin saat menyentuh bibir menambah keasikan saat bermain di Pantai Pangandaran ini.

     Di sebelah kiri dari pantai terdapat tempat yang sudah tidak asing lagi namanya, yaitu Pasir Putih. Pasir Putih ini merupakan primadona wisata di Pantai Pangandaran. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki pasir yang berwarna putih, karang-karang kecil dan air yang benar-benar jernih. Saking jernihnya kita dapat melihat terumbu karang di dasar laut dan juga ikan-ikan yang tengah menari indah di antaranya dari atas perahu. Banyak di antara para wisatawan memilih untuk snorkling agar mereka lebih dapat menikmati indahnya dunia bawah air. Tidak seperti hanya dengan menggunakan perahu, dengan snorkling kita dapat ikut menari bersama ikan-ikan di antara terumbu karang.

    Pasir Putih ini masih satu kawasan dengan Cagar alam Pangandaran. Kawasan yang asri dengan penghuni aslinya yaitu monyet akan menyambut para wisatawan dari dalam cagar alam. Kehadiran para monyet terkadang membuat para wisatawan menjadi takut untuk berkeliling, namun itu tak mengurangi rasa penasaran pengunjung untuk tetap berkeliling. Namun jangan sekali-kali untuk makan di tempat ini jika tidak mau diganggu oleh para monyet penghuni cagar alam. Karena mereka tak segan-segan merebut makanan itu langsung dari tangan Anda.

    Gua-gua yang penuh dengan sejarah misteri masa lalu dan pemandangan pantai dari cagar alam menjadi menu utama pada perjalanan di cagar alam ini. Suasana hening dan mencekam dari dalam gua sering membuat para pengunjung ciut nyali untuk memasukinya. Namun tak jarang juga ada yang memberanikan diri beruji nyali di dalamnya. Dari luar, gua nampak seperti ruang kecil kosong, padahal sebenarnya terdapat pintu kecil di samping ruang tersebut untuk memasukinya. Dan di dalam sangat gelap, hening dan mencekam,  seperti berada pada saat Perang Dunia II.

    Wisata alam ini tak pernah absen dari pengunjung, terutama saat libur panjang. Mereka bermain pasir, berenang, bermain watersport, berlari-lari di bibir pantai, berkeliling objek wisata yang terdapat di sana atau sekadar berfoto dengan berlatarkan pantai. Itulah Pantai Pangandaran. Pantai terindah di Jawa Barat.

  8. Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa

    Klepon yaiku panganan tradisional wong jawa kang digawe saka glepung beras ketan kang awujud bunder mblondo kang duweni ukuran kaya dir dolanan bocah. Klepon biasane warnane ijo, nanging ana uga sing warna kuning, abang, lan ora ana warnane.

    Rasane legi amarga ing tengah ana isine arupa gula jawa cair, dadi pas dipangan rasane maknyus. Teksture amoh, lan nang bagian njabane ana ampas enom kang nambahi cita rasa saka klepon iki.

  9. Contoh Teks Deskripsi Benda

    Seiring waktu, alat teknologi juga berkembang sangat pesat. HP, produk kecil yang punya banyak keunggulan. Handphone, teknologi terkemuka yang tersebar luas di kalangan masyarakat, terutama di kalangan remaja.

    Banyak fungsi ponsel, termasuk untuk menelepon mengirim sms atau bermain di Internet, sayangnya hp telah disalah gunakan oleh remaja. Ponsel sering ditemukan di berbagai wilayah dan di penjuru dunia karena ciptaannya yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

  10. Contoh Teks Deskripsi Perjalanan

    Saya sedang menuju ke kampong halaman nenek saya yang berada di Kemambang selama perjalanan, saya melihat banyak pohon di sisi jalan. Jenis pohon yang tingginya berbeda-beda Kami pergi membeli gas di pom bensin terdekat, segera setelah itu, kami pergi makan, lalu kami melanjutkan perjalanan dan lama kemudian, kami tiba di rumah nenek.

  11. Contoh Teks Deskripsi Kejadian Atau Peristiwa

    Salah satu siswa perempuan segera berdiri dengan cahaya layar ponselnya. Rupanya, dia seorang penghuni kost, jadi dia hafal kondisi di dalam ruangan meski suasana samar-samar. Dia membuka laci lemari pakaian di sudut kanan. Kemudian, merogoh ke isi laci mencari benda yang sangat berguna saat itu.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang mengulas tentang Karangan Deskripsi Adalah : Pengertian, 11 Contoh, Ciri-ciri, jenis dan cara membuat karangan deskripsi, semoga aritkel in bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   √ Poster Adalah