Skip to content
PENGAJAR.CO.ID
MENU
  • BERANDA
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • S1
  • S2
  • S3
  • UMUM
  • Tutup Menu

Logo Adalah

Oleh Pak AlexDiposting pada September 14, 2023

Halo teman teman Pengajar.co.id kali ini kita ingin memberikan artikel tentang Logo Simak sampai habis ya:

Logo Adalah


Pengertian Logo Adalah

Baca Cepat Tampilkan
1. Pengertian Logo Adalah
2. Fungsi Dari Logo
3. Jenis-jenis Dari Logo
4. 1. Logotype
5. 2. Logogram
6. Ciri-ciri Dari Logo
7. Aspek-aspek Dari Logo
8. 1.Original dan distinctive
9. 2.Legible
10. 3. Simple atau sederhana
11. 4. Memorable
12. 5.Easy associated with the company
13. 6. Easily adabtable for all graphic media
14. Hal-hal yang mesti diperhatikan dalam membuat Logo
15. 1. Tipografi
16. 2. Warna
17. 3. Bentuk
18. 4. Keseimbangan
19. 5. Selera
20. 6. Riset
21. 7. Opini
22. Sebarkan ini:

Logo adalah sebuah gambar atau sketsa yang mempunyai arti tertentu, serta mempunyai arti yang kuat  dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, maupun lembaga . Logo membutuhkan sesuatu yang singkat serta gampang di ingat untuk pengganti dari nama sebenarnya.

Sebuah logo harus memiliki filosofi serta kerangkat dasar yaitu konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri maupun mandiri. Suatu logo mempunyai ciri khas contohnya warna serta bentuk logo itu.

Suatu logo bisa menggunakan elemen apa saja, contohnya tulisan, logogram, gambar, ilustrasi dan banyak lainnya. Logo merupakan simbol atau elemen gambar pada identitas visual.


Fungsi Dari Logo

  1. Sebagai Identitas,agar bisa membedakan identitas milik kita dengan milik orang lain.
  2. Tanda Kepemilikan atau kepunyaan. Agar bisa  membedakannya  milik orang lain dengan milik kita.
  3. Sebagai Tanda Bagusnya kualitas.
  4. Mencegah peniruan/pembajakan biasanya pada produk.
  5. Memberi nilai positif.
  6. Propergi legal sebuah produk pada organisasi atau perusahaan.
  7. Mengkomunikasikan informasi contohnya keaslian, nilai serta kualitas.
Lihat Juga:   √ Manusia Purba Di Indonesia : Sejarah , Pengertian dan Jenisnya

Jenis-jenis Dari Logo

1. Logotype

Logo type Adalah logo yang menggunakan wordmark (Kata atau nama memakai unsur  tipografi).

2. Logogram

Logogram Adalah logo yang menggunakan ikon (ilustratif ataupun inisial).


Ciri-ciri Dari Logo

  1. Bentuknya huruf (Alphabet).
  2. Lambang-lambang ataupun angka-angka (Symbols, numbers).
  3. Bentuk yang mirip dengan objek aslinya (concreate, forms).
  4. Bentuknya biasanya abstrak (Abstrack forms).
  5. Elemen gambar serta tulisannya biasanya terpisah (picture mark dan letter mark).
  6. Dapat disebut gambar, Dapat pula disebut tulisan atau yang berbaur (picture mark sekaligus letter mark).
  7. Hanya Elemen tulisan saja (letter mark).

Aspek-aspek Dari Logo

1.Original dan distinctive

Memiliki ciri khas, unik, memiliki nilai pembeda yang jelas dengan logo orang lain.

2.Legible

Memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi saat diaplikasi ke dalam berbagai ukuran serta media promosi.

3. Simple atau sederhana

Gampang dimengerti serta ditangkap dalam waktu yang relatif singkat.

4. Memorable

Gampang di ingat sebab keunikannya dalam waktu relatif lama.

5.Easy associated with the company

Logo yang baik ialah gampang untuk dipakai atau diasosiasikan dengan jenis usaha serta citra sebuah perusahaan atau organisasi.

6. Easily adabtable for all graphic media

Faktor agar mudah mengaplikasikan logo baik yang berbentuk fisik, warna ataupun konfigurasi logo pada berbagai media grafis harus diperhitungkan ketika proses perencanangan. Supaya terhindar dari kesulitan dalam pembacaannya.


Hal-hal yang mesti diperhatikan dalam membuat Logo

1. Tipografi

Banyak logo yang sukses cuma dengan memakai tipografi. Baik itu serif atau sans serif atau jenis font lain. Memakai tipografi bisa memberikan semacam “emosi” terhadap mereka yang melihat.

2. Warna

Warna adalah salah satu hal sangat berpengaruh dalam membuat logo, sebab hika warna yang kita pakai salah, bisa jadi pesan serta emosi yang kita mau sampaikan kepada masyarakat menjadi tidak elegan dan tidak maksud. Warna logo seharusnya sederhana serta gampang diingat, namun tetap dapat memberikan ekspresi langsung pada masyarakat atau konsumen. Memakai warna yang sederhana pun menghemat biaya produksi

Lihat Juga:   √Negara Adalah

3. Bentuk

Banyak sekali logo yang bentuknya unik dan menarik. Namun tetap perhatikanlah bentuk logo yang mau kita desain, sebab setiap bentuk, baik bundar, lurus, siku dan lainnya akan memiliki arti sendiri; bisa pasif, bisa aktif. Misalnya adalah klien kita mau logo untuk produk sabun, sebaiknya jangan kita membuat bentuk logo yang keras serta siku.

4. Keseimbangan

Maksudnya ialah mencari atau menemukan seberapa baik logo yang kita dibuat. Bisa mencoba memutar maupun melihatnya dibolak-balik  logo itu untuk mencari kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat logo lebih berkembang.

5. Selera

Hal ini pula bisa menentukan dalam pembuatan logo mengingat selera setiap orang pasti berbeda-beda serta sangat subyektif.

6. Riset

Riset merupakan aspek paling penting dalam membuat suatu logo. Riset ini kunci dalam membuat logo yang bagus. Riset yang dimaksud tentu bukan riset hanya dalam waktu 1-2 jam, namun riset secara penuh. Kita wajib mengerti perspektif dari pemesan logo. Berbicara dengan klien, orang-orang yang ada pada perusahaan itu, klien dari perusahaan itu, para distributor, kemudian mencari data-data yang akurat mengenai perusahaan tersebut, baru kemudian mulai membuat logonya.

7. Opini

Tak ada yang salah kita menanyakan pandangan, kritik, serta masukan dari orang lain untuk membuat logo.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Logo Semoga Bermanfaat

Sebarkan ini:

Posting pada S1, SMK, UMUMDitag 5 manfaat logo, apa tujuan utama membuat logo, bagaimana penyajian logo secara visual, belajar filosofi logo, brand adalah, cara pembuatan logo, ciri ciri logo, embalase adalah, fungsi dasar logo adalah brainly, fungsi logo, jelaskan fungsi dari desain logo, jelaskan kegunaan logo, jelaskan manfaat logo bagi wirausaha, jelaskan sejarah perkembangan logo, jenis jenis logo, jurnal tentang logo, klasifikasi logo, lambang adalah, lambang lambang organisasi beserta fungsinya, logo adalah brainly, logo adalah kbbi, logo menurut para ahli, logo termasuk ke dalam golongan, logogram adalah logo yang berupa, makna logo, makna logo organisasi, manfaat logo, mengapa logo juga disebut sebagai identitas, mengapa sebuah lagu harus memiliki makna, mengapa sebuah logo harus memiliki makna, merek adalah, pengertian logo dalam desain grafis, pengertian logo dan contohnya, pengertian logo dan merek, pengertian logo menurut para ahli, pengertian motif kain, pengertian semboyan, pengertian semboyan atau slogan, prinsip logo, reklame audio visual dan audio visual, sebutkan macam-macam logo, sebutkan tujuan utama desain logo, secara bahasa logo disebut brainly, sejarah logo, stiker adalah, tujuan logo, tujuan utama desain logo, tuliskan langkah-langkah membuat logo

Artikel Terbaru

  • Birokrasi Adalah
  • Hak Cipta
  • √Surat Dinas Adalah
  • √Pengertian Data Adalah
  • Alight Motion Pro
  • √Customer Servis Adalah
  • √Administrasi Adalah
  • √Hujan Asam Adalah
  • √Lisensi Adalah
  • √Surat Niaga Adalah
  • √Stratifikasi Sosial Adalah
  • Literasi Adalah
  • Abstrak
  • Dongeng Adalah
  • Klausa Adalah

Pilihan Editor

  • Download Kinemaster Pro
  • Download Link Video Bokeh Museum
Created By : Pengajar.Co.ID | 2018