Makalah Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berujudul √ Makalah Adalah : Pengertian, Contoh & Struktur, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini : Makalah


Pengertian Makalah

Makalah adalah salah satu artikel yang membahas topik tertentu yang dicakup dalam berbagai masalah ilmiah. Untuk dikalangan pendidikan makalah juga bisa diartikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan dari tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Secara umum, membuat makalah adalah tugasdari guru atau dosen sebagai persyaratan penilaian untuk menyelesaikan pelajaran atau mata kuliah, baik dalam bentuk studi pustaka dan hasil kegiatan lapangan.

Makalah juga dapat ditulis oleh nara sumber lain seperti pejabat pemerintah, rektor, dosen, kepala sekolah, guru dan lain-lain, dalam bentuk makalah kerja yang dibahas di seminar, simposium, dll. Biasanya makalah kerja disampaikan dalam bentuk artgumentasi dari hasil penelitian dengan memaskan asumsi dan hipotesis tentang masalah yang diteliti.


Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

  1. Menurut KBBI “Kamus Besar Bahasa Indonesia”

Tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

  1. Menurut Tanjung Dan Ardial

Makalah ialah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.


Ciri-Ciri Makalah

Berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri makalah,  yaitu :

  • Sebuah hasil dari laporan pelaksanaan suatu kegiatan di lapangan mengenai masalah yang muncul.
  • Mendemonstrasikan pemahaman tentang teori atau kemampuannya untuk menerapkan prosedur terkait masalah.
  • Dapat menunjukkan kemampuan untuk memahami teori atau sumber yang digunakan dalam menyusun sebuah makalah.
  • Dan untuk mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki ketika menyusun berbagai sumber informasi untuk menyelesaikan masalah.

Fungsi Makalah

Berikut dibawah ini merupakan fungsi makalah, yaitu :

  • Untuk melatih penulis agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat
  • Memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoretis maupun konsep praktis
  • Memperluas wawasan keilmuan bagi penulisnya
  • Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah

Jenis-Jenis Makalah

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis makalah, yaitu :

  1. Makalah Deduktif

    adalah makalah berdasarkan kajian teori yang relevan dengan masalah yang dibahas

  2. Makalah Induktif

    adalah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif dalam hal apa yang diperoleh di lapangan tetapi masih relevan dengan pembahasan

  3. Makalah Campuran

    adalah makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian teori dan data empiris. itu berarti bahwa makalah campuran ini adalah kombinasi dari makalah deduktif dan induktif.

Makalah campuran dibagi menjadi 6 jenis yaitu

  1. Makalah Ilmiah – makalah ini umumnya membahas pertanyaan tertulis dari hasil studi ilmiah dan makalah jenis ini tidak didasarkan pada pendapat atau opini dari penulis yang subjektif
  2. Makalah Kerja – makalah ini biasanya diperoleh dari hasil penelitian dan memungkinkan penulis artikel untuk membahas masalah yang dibahas yang diperoleh dari proses penelitian dan ini berarti bahwa pendapat subjektif dari penulis lebih cenderung dalam jenis makalah ini
  3. Makalah Kajian – Isi makalah ini biasanya merupakan sarana untuk menyelesaikan masalah yang kontroversial
  4. Makalah Posisi – istilah ini digunakan untuk makalah yang ditulis atas permintaan pihak yang fungsinya merupakan alternatif untuk menyelesaikan masalah kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisan dilakukan secara ilmiah
  5. Makalah Analisis – sifat makalah ini adalah objektif empiris
  6. Makalah Tanggapan – Umumnya, makalah ini sering digunakan sebagai tugas kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap bacaan

Struktur Makalah

Cover Makalah (Judul dan Identitas Penyusun)

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I. Pendahuluan

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan

BAB II. Pembahasan

BAB III. Penutup

  1. Kesimpulan
  2. Saran

Daftar Pustaka


Contoh Makalah

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sejalan dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta komunikasi semakin canggih. Untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi tersebut anda tidak akan mengalami kesulitan lagi, karena semua itu dapat dicari melalui media internet, yang sekarang dikenal dengan sebutan om google. Salah satu alamat situs yang dipopulerkan oleh om google yaitu situs yang kita kenal yaitu aplikasi Blog atau Weblog. Melalui Blog ini kita dapat membuat sebuah data-data, informasi, pengetahuan, bahkan hal-hal yang sifatnya promosi dengan cara mempostingnya (memasukkan data tersebut) maka data anda dapat diambil oleh orang lain atau pengunjung yang berkaitan (membutuhkan) informasi yang sudah anda posting.

Web Blog merupakan sarana penyampaian secara online yang memiliki fasilitas dasar internet yang mampu menembus batas ruang dan waktu. Blog juga merupakan media yang sangat interaktif dan media yang sangat dinamis untuk membahas wawasan dan eksistensi diri. Blog dapat pula juga disebut sebgai media digital yang komunitas elektroniknya bertebaran di internet dan dengan sekian banyaknya Blog di internet yang selalu mencari Website-website yang menarik maka akan membuat blok semakin unik saja.

Blog mempunyai fungsi sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi. Sebagian Blog dipelihara oleh seorang penulistunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga Webblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenakan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang publikasikan, namun demikian ada juga sebaliknyaatau yang bersifat non interaktif.

A. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah yaitu:

  1. Apa pengertian pembelajaran ?
  2. Apa pengertian blog ?
  3. Bagaimana sejarah munculnya blog ?
  4. Apa keuntungan dan kelemahan blog ?
  5. Bagaimana cara pembuatan blog ?
  6. Apa cirri-ciri blog secara umum ?
  7. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulis yang yang diharapkan pada pembahasan ini adalah sebagai berikut:

Tujuan dibuatnya makalah ini, yaitu untuk memberikan informasi kepada anda agar dapat membuat blog sendiri, dapat mengembangkan blok supaya terlihat menarik, dapat mengetahui keuntungan dari blog itu sendiri, selain itu anda diharapkan dapat membandingkan blog dengan wordpress yang nanti dapat terlihat berbagai kelemahannya.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Pembelajaran

         Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi.

          Menurut Wikipedia, pengertian pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta membentuk sikap dan kepercayaan pada peserta didik.

          Disisi lain, pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektifyang ditentukan (asfek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotorik) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaansatu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.

B. Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari Web dan Log, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger (1997). Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok Website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke Website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog merupakan situs Web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbarui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.

Web ini mampu memuat tulisan- tulisan, gambar atau sering dikenal dengan istilah posting. Posting di blog artinya kita mengisi blog kita dengan tulisan ataupun gambar yang bersifat informasi, hiburan, penawaran bisnis, iklan, dan banyak lagi.

Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

C. Kajian Teori

Adapun pengertian Blog menurut para ahli yaitu:

  1. Menurut Harvard University, Weblog adalah hiraki, teks, gambar, objek, media dan data yang tersusun secara kronologis dan dapat dilihat dalam browser HTML.
  2. Menurut Wikipedia, Blog adalah sebuah situs yang itemnya diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam kronologis urutan kronologis mundur.
  3. Menurut Marketingterms Dictionary, Blog adalah sebuah publikasi kronologis yang menyebarkan mengenai pikiran seseorang dan dalam bentuk Link Web.

D. Sejarah Munculnya Blog

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen (1993). Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.

Kemudian (1994) Justin Hall memulai Website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga (1998), jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan Website, HTML, dan Web Hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Weblog di populerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Lab yang kemudian diambil oleh om Google (2002). Semenjak itu banyak terdapat aplikasi – aplikasi yang diperuntukkan terhadap perkembangan para penulis blog.

E. Berbagai Keuntungan dan Kekurangan dari Aplikasi Weblog atau Blog

Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:

  1. Melalui Weblog, kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
  2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting Blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung Blog yang tak terbatas. Beda dengan Email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung Blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting Blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di Blog tersebut.
  3. Weblog bisa dijadikan media publikasi, media iklan, penawaran bisnis perusahaan, catatan harian dll. Sebagian besar Blog dipelihara oleh seorang penulis, namun ada juga yang dikerjakan oleh sebuah tim.

Kekurangan dari penggunaan Weblog antara lain :

  1. Rentan terkena virus
  2. Hacker atau Spywere
  3. Mudah disalahgunakan fungsinya
  4. Tulisan yang ada didalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan

F. Cara Pembuatan Blog/Blogspot atau Weblog

Sebelum anda membuat Blog, terlebih dahulu anda harus mempunyai alamat E-mail. Baik dari gmail.com ataupun yahoo.com. Mengenai kata Email ini mungkin sudah tidak asing lagi terdengar, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang belum tahu cara pembuatan Email bahkan mungkin ada orang yang belum tahu apa itu Email. Untuk itu, kami memaparkan terlebih dahulu mengenai cara pembuatan Email lewat gmail.com.

A. Cara Membuat Account E-mail di Gmail

Daftar Blog di Bloger

  1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
  2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah ke bahasa indonesiaagar lebih mudah dipahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda (akun email anda bisa untuk Login ke Blogger).
  3. Klik tombol bertuliskan BLOG BARU.
  4. Isilah nama judul Blog serta alamat Blog yang diinginkan. Ingat dalam membuat alamat Blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan , masukan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat Blog yang tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan BLOG BARU.
  5. Silahkan pilih template yang anda sukai (template ini nanti bisa diubah lagikapan saja anda mau), kemudian klik BUAT BLOG.
  6. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.
  7. Setelah masuk post Editor, silahkan isi apa saja (disarankan untuk langsung posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik Blogger, dan Blog anda akan diLock). Contoh : Hello World. Klik tombol pratinjau untuk melihat tampilan yang yang nanti akan muncul diblog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke Public.

G. Ciri-Ciri Blog Secara Umum antara lain:

  1. Memiliki nama dan alamat yang bisa diakses secara online
  2. Memiliki tujuan
  3. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
  4. Postingan atau isi Blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan, dan tahun postingan)
  5. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan Blog

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Weblog atau Blog merupakan teks dokumen, gambar, objek media dan data yang tersusun secara hierarkis dan menurut kronologi tertentu yang dapat dilihat melalui bowser internet (misalnya Internet Explorer). Secara umum Blog memiliki fitur utama, yaitu: arsip dan kotak komentar. Situs layanan penyedia Blog gratis saat ini begitu banyak diantaranya: Blogger.com, WordPress.com, Friendster.com, Banga.com, Blogdrive.com, Blogsome.com, WordPress.com, Multiply.com, Myspace.com. WordPress.com merupakan salah satu layanan yang menyediakan Blog gratis bagi penggunanya. Walaupun gratis, Blog WordPress.com tak kalah dengan WordPress Self-Hosting.

B. Saran

Di zaman sekarang apabila masih belum mengenal Blog rasanya sudah ketinggalan, untuk itu diharapkan dengan adanya makalah tentang Blog ini, mudah-mudah dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau tutorial bagi pembaca dalam mempelajari blog. Setelah anda membaca makalah kami ini alangkah lebih baik agar lebih memahami, maka anda langsung mencoba membuat Blog sesuai langkah-langkah yang telah dijelaskan, sehingga mengenai perbedaannya anda bisa menjelaskan dan merasakan sendiri keuntungan dari aplikasi ini.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Makalah Adalah : Pengertian, Contoh & Struktur, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   Sistem Gerak Pada Manusia