Manajemen Pemasaran Adalah

Diposting pada

Kali ini tentang Manajemen Pemasaran sobat pengajar.coid penasaran? yuk simak dibawah ini!

Manajemen Pemasaran Adalah


Pengertian Manajemen Pemasaran Adalah

Manajemen Pemasaran ialah suatu susunan proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan ,pengendalian dalam suatu pemasaran yang mana bertujuan untuk mencapai target dari perusahaan secara efektif dan efisien.


Konsep Manajemen Pemasaran

1. Orientasi Pada Konsumen (Market Oriented)

Konsep pemasaran seharusnya bagus ialah menjadikan konsumen sebagai pilihan utama. Begitulah alasan kenapa dalam cara marketing selalu memprioritaskan konsumen.

Dalam pemasaran umumnya kan konsumen harus dianggep raja, dan produsen ialah pelayan yang mengasih kebutuhan raja. Pelayanan terhadap produsen dikerjakan dengan memberikan banyak penawaran yang menarik, mulai dari produk terbaik sampai pelayanan konsumen yang baik.

2. Perencanaan Kegiatan Pemasaran

Pengaturan secara dinamis tujuannya untuk penyusunan berbagai kegiatan pemasaran secara keseluruhan. Semua aktivitas pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan, serta kerjaan lain yang berhubungan terhadap pemasaran wajib disusun secara terperinci.

Dengan begitu, proses analisis serta pengawasan pada hasil pemasaran bisa dilakukan dengan baik. Hal tersebut pada akhirnya akan memudahkan dalam melakukan evaluasi serta tindakan perbaikan pada kegiatan pemasaran.

3. Kepuasan Konsumen

Unsur paling penting di dalam pemasaran ialah kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen tersebut tak hanya diukur dari kualitas produk saja, namun dari bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan.

Lihat Juga:   √ Contoh Kalimat Konjungsi Korelatif : Pengertian dan Cirinya

Fungsi Manajemen Pemasaran

1. Fungsi Pertukaran

Dalam fungsi pertukaran pada manajemen pemasaran ada 2 fungsi, yakni fungsi pembelian serta fungsi penjualan. Fungsi pembelian maksudnya peran manajemen pemasaran berfungsi sebagai proses timbal balik dari aktivitas penjualan.

Dengan begitu, dibutuhkannya cara khusus yaitu pemahaman mengenai kegiatan yang bisa menarik konsumen segera membeli. Sementara fungsi dari penjualan masuk dalam aktivitas untuk mencari penjual dan pembeli yang dapat dilakukan secara langsung ataupun lewat perantara.

2. Fungsi Fisis

Fungsi fisis manajemen pemasaran berfokus pada kegunaan waktu, lokasi serta bentuk yang mesti dipertimbangkan pada sebuah produk saat sebuah produk akan diangkut, diproses serta disimpan kemudian sampai ketangan konsumen.

Kalau tidak dipertimbangkan serta direncanakan dengan baik, bisa saja perusahaan akan mengalami kerugian besar disebabkan dari penanganan produk yang tidak berstandar.

3. Fungsi Penyediaan Sarana-Prasarana

Fungsi penyediaan sarana-prasarana yaitu semua proses pengumpulan, komunikasi maupun penyortiran yang sesuai standar dalam pembiayaan.


Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Membangun Permintaan

Penjualan hanya bisa terjadi jika ada permintaan dari konsumen. Untuk membangun permintaan itu maka dibutuhkan berbagai usaha pemasaran guna menimbulkan peminatan serta rasa penasaran konsumen pada barang.

2. Membangun Kepuasan Konsumen

Tak cukup hanya mendapatkan permintaan dari konsumen guna mencapai target perusahaan. Tujuan selanjutnya ialah untuk membangun kepuasan konsumen dengan cara memahami kebutuhan atau keinginan konsumen, serta mengetahui bagaimana produk bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan itu.

3. Mendapatkan Market Share

Tujuan manajemen pemasaran selanjutnya adalah mendapatkan progres positif dari marketshare produk. Semua perusahaan mengharapkan terjadi peningkatan serta perluasan market share atau penjualan. Meskipun memang hanya mempunyai target untuk mempertahankan market share yang telah diperoleh.

Lihat Juga:   Pengertian PANCASILA Adalah

4. Mendapatkan Keuntungan

Target akhir semua perusahaan ialah mendapatkan keuntungan. Lalu semua perusahaan menetapkan minimal keuntungan yang beda sebagai ukuran keberhasilannya.

Mencapai nominal laba itu merupakan tujuannya manajemen pemasaran. Lalu gimana perusahaan dapat menjual dengan nilai margin optimal mampu menghasilkan tingkat penjualan yang maksimal.

5. Mendapatkan Pencitraan Sesuai Harapan

Selain guna mendapatkan keuntungan, tujuannya ialah untuk mendapatkan pencitraan sesuai dengan harapan. Citra yang baik pada produk serta perusahaan akan memberikan efek positif untuk perusahaan, baik dari sisi konsumen, mitra, investor, serta tenaga kerja.

6. Kelangsungan Usaha

Pemasaran merupakan Kelangsungan perusahaan guna tercapai target penjualan, kepuasan sampai target keuntungan. Inilah alasannya mengapa kelangsungan perusahaan menjadi bagian dari tujuan manajemen pemasaran.

Demikianlah artikel dai pengajar.co.id semoga bermanfaat terima kasih