Paragraf Analogi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai Paragraf Analogi yang mana meliputi pengertian Paragraf Analogi, Ciri-ciri paragraf analogi dan contoh paragraf analogi. Untuk lebih memahaminya berikut dibawah ini langsung saja kita ulas bersama-sama.Paragraf-Analogi


Pengertian Paragraf Analogi

Paragraf analogi adalah salah satu dari paragraf yang mempunyai penalaran induktif. paragraf analogi merupakan paragraf yang membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan atau mempunyai kemiripan yang sama antara satu dengan yang lain yang akan disimpulkan di akhir paragraf.

Paragraf analogi mempunyai pola sebagai berikut :

  • Khusus
  • Khusus
  • Umum

Bagian awal dari paragraf ini adalah memaparkan dari dua hal yang menjadi topik pembicaraan. kemudian kalimat selanjutnya mengulas tentang persamaan yang dimiliki dari dua hal tersebut. yang harus diingat adalah pembandingan tersebut harus sama dan juga sepadan. Sepadan disini berarti ke dua hal tersebut mempunyai tingkatan ranah pembahasan yang sama dan tidak bertentangan antara satu dengan yang lain. Selanjutnya pada bagian akhir, persamaan ke dua objek tersebut akan disimpulkan.


Tujuan Paragraf Analogi

  1. Membuat persamaan dari dua hal yang berbeda
  2. Membuat klasifikasi
  3. Meluruskan kekeliruan dari suatu permasalahan
  4. menyederhanakan dal yang sulit menjadi sangat mudah dipahami

Ciri-Ciri Paragraf Analogi

Berikut dibawah ini ciri-ciri paragraf analogi :

  1. Terdapat dua hal atau lebih objek perbandingan secara bergiliran dalam paragraf
  2. Objek yang bisa dijadikan perbadingan bisa berupa proses, kejadian dan kondisi tertentu
  3. Objek yang dibandingkan biasanya merupakan hal yang kedudukannya hampir setara
  4. Terdapat kesimpulan dari dua hal yang dibandingkan yang diletakan di akhir paragraf
  5. paragraf analogi merupakan jenis paragraf induktif yang mempunyai gagasan utama pada akhir paragraf
Lihat Juga:   √ Ciri Ciri Negara Hukum Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Contoh Paragraf Analogi

  1. Contoh Paragraf Analogi Tentang Kehidupaon dan Roda

Hidup di dunia ini di ibaratkan sebagai roda yang berputar terus. ada saatnya kita berada di atas dan ada juga saatnya kita berada di bawah. Pada saat kita sedang berada di atas, kita bisa dengan mudah mendapakan semua hal yang kita impikan. Tapi jika sebaliknya saat roda sudah berputas, kita bisa berada di bawah, dimana kita bisa dihadapkan pada suatu kesulitan hidup yang ada.

Bagi anda yang saat ini sedang berada di atas, janganlah anda bersikap sombong dan ingat bahwa apa yang sedang anda rasakan tersebut itu hanyalah bersifat sementara. Bagi yang sedang berada di bawah, janganlah anda berputus asa dan yakinlah bahwa anda akan berada di atas suatu hari nanti, karena roda kehidupan terus berputar. Oleh karena itu, janganlah anda mudah merasa puas dan putus asa dengan apa yang sedang anda rasakan.

  1. Contoh Paragraf Analogi tentang Menutut Ilmu dan Mendaki Gunung

Mencari ilmu sama halnya dengan mendaki gunung yang tinggi. Pada saat kita sedang menuju ke puncak yang tinggi, akan ada banyak sekali rintangan yang menghadang seperti jalan yang sangat terjal, dan banyak binatang buas yang mengancam. Jika bisa melaluinya dengan benar dan dengan semangat yang sangat tinggi, kita tentu dengan sangat mudah untuk sampai di puncak. Namun, jika tidak, tentunya akan sangat mudah terjatuh. Begitu juga dengan menuntut ilmu, ada banyak sekali rintangan yang menghadang.

  1. Contoh Paragraf Analogi Tentang Sifat

Huda adalah anak yang penakut, sifat huda seperti inilah yang sering membuatnya menjadi bahan buli dari teman-temannya. Bagai kerbau yang dicucuk hidungnya, dia selalu mengikuti apa kata orang lain. oleh karena itulah huda tidak dapat berkembang dan selalu saja diam sama saja dengan kerbau yang hidungnya dicucuk.

  1. Contoh Paragraf Analogi Tentang Pendidikan

Belajar dengan menggunakan kertas buku sama halnya dengan pedang berkepala dua,  jika kertas digunakan terlalu banyak maka bisa menyebabkan hutan menjadi gundul. tapi jika tidak menggunakan kertas maka dapat menyebabkan orang-orang tidak bisa belajar dengan baik.

Lihat Juga:   √ Lensa Cekung : Pengertian, Jenis, Ciri dan Sifatnya

Belajar matematika membutuhkan ketelitian yang tinggi. Sama seperti kita mencari jarum ditumpukan jerami. Memang sangat susah namun bukan suatu hal yang mustahil jika dilakukan dengen sangat semangat dan juga konsentrasi.

  1. Contoh Paragraf Analogi Tentang Budaya Sosial

Anak bayi yang baru lahir dan maish suci. Baik buruknya anak tersebut akan bergantung dengan bagaimana cara orang tuanya mendidik, perangaruh dari orang-orang terdekat dan juga lingkungan. Begitu juga dengan kertas putih yang belum bernoda, akan menjadi seperti apa kertas tersebut tergantung dari apa yang akan nanti digoreskan pada kertas putih tersebut.

  1. Contoh Paragraf Analogi Tentang Cinta

Merawat tanaman memang sangat sulit karena diperlukan perhatian yang khusus. Jika tanaman tersebut di tanam dengan sepenuh hati, seperti disiram setiap hari, diberi pupuk dan juga dijaga dari hama dan juga gulma, tentu tanaman tersebut tidak akan tumbuh dengan sangat subur. sama dengan sebuah cinta, ketika dipupuk dengan ketulusan, perhatian, dan dengan kesabaran, tentu cinta itu akan terus bersemi dengan indah dihati.

  1. Contoh Paragraf Analogi Tentang Persahabatan

Lidi sebatang memang sangat mudah sekali untuk dipatahkan. Tapi jika banyak lidi dikumpulkan menjadi satu maka sudah pasti akan sangat sulit untuk dipatahkan. hal seperti ini juga berlaku pada manusia. Jika manusia berjuang sendiri, maka mereka pasti sangat mudah untuk dipatahkan hal ini karena tidak adanya kekuatan lain yang mendukung. Tapi jika berjuang bersama-sama, tentu kekuatan itu akan berkumpul menjadi kesatuan yang sangat kokoh.

Demikianlah ulasan dari pengajar dengan judul √ Paragraf Analogi Adalah : Pengertian, 7 Contoh & Ciri (LENGKAP) semoga bisa sangat bermanfaat untuk anda.