Materi Sepak Bola

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Materi Sepak Bola : Sejarah, Dasar, Peraturan, 10 Teknik, Ukuran, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Materi-Sepak-Bola


Pengertian Sepak Bola

Sepakbola adalah olahraga yang menggunakan bola kulit dan dimainkan oleh dua tim dengan 11 anggota di masing-masing tim. Dan beberapa orang inti pemain dan beberapa pemain cadangan

Tujuan dari pertandingan sepak bola adalah untuk memasukan bola di gawang lawan. Tim yang mencetak banyak gol di akhir pertandingan menang.


Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola

Secara sejarah, olahraga ini telah dikenal di Cina sejak abad ke-2 dan ke-3 SM pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada saat itu, masyarakat Cina menggunakan bola kulit dan memasukan di jaring kecil.

Selain Cina, pertandingan sepak bola juga dikenal di banyak negara lain seperti Jepang, Yunani dan Roma. Masyarakat Jepang, Roma dan Yunani membuat permainan ini menyenangkan.

Sepak bola modern di Inggris dimulai dengan menegakkan aturan dasar untuk membuat permainan semakin populer. Meskipun olahraga itu pernah dilarang karena dianggap sebagai kekerasan, sepak bola telah menjadi semakin terkenal di masyarakat dunia.

Sampai akhirnya, pada 1904, Fédération Internationale de Football Association (FIFA) didirikan. FIFA adalah otoritas sepak bola yang berada di paris, Perancis.

Lihat Juga:   Kebugaran Jasmani

Sepak bola kemudian menjadi pertandingan antara negara untuk Piala Dunia. Pertandingan Piala Dunia pertama di Uruguay pada 1930, ketika itu yang keluar sebagai juara adalah Uruguay.


Teknik Dasar Sepak Bola

  1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
  2. Teknik Menendang Bola (Shooting)
  3. Teknik Mengoper Bola (Passing)
  4. Teknik Menghentikan Bola
  5. Teknik Menyundul Bola (Heading)
  6. Teknik Merebut Bola (Intercepting)
  7. Teknik Menyapu Bola
  8. Teknik Lemparan ke Dalam
  9. Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)
  10. Teknik Juggling Bola

Peraturan Permainan Sepak Bola

  • Lapangan Lapangan-sepak-bola

  1. Panjang bidang = 100-110 m
  2. Lebar bidang = 64-75 m
  3. Daerah target = 18,35 x 5,5 m
  4. Radius lingkaran tengah = 9,15 m
  5. Tendangan penalti = 40,39 x 16,5 m
  6. Jarak penalti titik dengan garis gol = 11 m
  • Gawang

  1. Tinggi = 2,44 m
  2. Lebar = 7,32 m
  • Bola

  1. Bahan Bola = kulit
  2. Bentuk = bundar
  3. Berat = 396-453 gram
  4. Lingkaran bola = 68-71 cm
  • Aturan mulai permainan

Sebelum pertandingan dimulai, pemain harus berjabat tangan antara rekan tim atau lawan dan berbaris ke arah penonton.

Wasit membawa koin dan kapten dari masing-masing tim memilih sisi koin, kemudian wasit melempar koin, dan pilihan koin logam yang sesuai oleh Kapten dapat memilih bola awal atau tujuan.

  • Jumlah pemain sepak bola

Ada dua tim dan masing-masing tim terdiri dari 11 orang (satu-satunya Kiper). Jika pemain tim terkena kartu merah kurang dari 7 atau 4 pemain dan keluar, tim dianggap pecundang.

  • Pimpinan tim (Kapten) Kapten

Perlu bahwa masing-masing tim memiliki Kapten, dengan tujuan memiliki masalah dengan tim, maka Kapten akan berdiskusi dengan wasit.

  • Aturan untuk memakai aksesori

  1. Jersey, dalam permainan, kedua tim tidak diperbolehkan untuk memakai kaos satu warna. Setiap tim harus memiliki identitas yang berbeda, masing-masing tim harus memiliki 2 warna Jersey. 1 untuk permainan rumah (Home) dan lain untuk permainan tandang (away).
  2. Kaos Kaki, dalam pertandingan resmi warna sepak bola kaus kaki harus sama. Socks juga bertujuan untuk melindungi tulang kering dan mencegah cedera.
  3. Sarung tangan hanya dapat menggunakan kiper untuk membuatnya lebih mudah untuk menangkap bola dan melindungi tangan dari tendangan bola keras. Pemain lain diperbolehkan untuk memakainya, tetapi jika mereka berada di tempat dingin atau bersalju.
  4. Penutup kepala hanya dapat digunakan oleh pemain cedera.
  5. Aksesoris Dilarang, termasuk anting-anting, kalung, gelang dan banyak lagi.
  • Wasit

Wasit terus kursus penuh permainan dan membuat keputusan jika pemain bola melanggar aturan. Arbiter utama dibantu oleh 2 asisten arbiter.

  • Asisten Wasit

Asisten wasit disebut hakim garis. Beritahu arbiter utama dalam kasus offside dengan bendera dan memonitor dalam kasus lemparan ke dalam dan sudut.

  • Aturan waktu sepak bola

Permainan ini tentu 90 menit dan dibagi menjadi 2 putaran, masing-masing setengah memiliki waktu 45. Dengan waktu istirahat tidak lebih dari 15 menit.

Lihat Juga:   √Proxy Adalah

Jika 90 menit habis dan permainan memerlukan pemenang, maka waktu tambahan (waktu tambahan) dengan durasi 2 x 15 menit. Jika posisi tetap sama, maka penalti diadakan.

  • Peraturan Kick Off Peraturan-Kick-Off

Kick off dijalankan ketika permainan dimulai, dalam sepak bola dilakukan ketika:

  1. Memulai pertandingan
  2. Terjadinya gol
  3. Awal babak kedua
  4. Mulai tambahan waktu
  • Peraturan Gol

Perhitungan tujuan dibuat ketika bola masuk ke dalam jaring dan lolos gawang dan tidak ada pemain di sela, dalam pelanggaran atau di handball. Semua keputusan yang dibuat oleh arbiter yang menyatakan target yang sah atau tidak.

  • Aturan offside dan onside

Offside terjadi ketika teman tim transisi ke pemain lain tetapi berdiri di depan bek lawan.

Asisten wasit yang menentukan penampilan offside atau onside dengan menaikkan bendera. Aturan onside sebaliknya.

  • Aturan bola keluar

Jika bola keluar dari sisi lapangan, maka akan melemparkan masuk Dan ketika itu berjalan di samping gerbang, ada tendangan sudut.

Wasit berhak untuk menginstruksikan pemain untuk menetapkan bola jika pemain terluka.

  • Lemparan ke dalam (Throw In)

Ketika bola meninggalkan lapangan, tim yang mengambil lemparan ke tim tidak menghapus bola. Ketika melempar lemparan, pemain tidak harus membuang-buang panjang dan kaki tidak dapat dibangkitkan.

  • Tendangan gawang Tendangan-gawang

Dilakukan ketika bola melintasi garis gawang karena pemain lawan. Penjaga atau rekan tim dapat mencetak tendangan pada keadaan bola tidak melebihi area garis kiper.

  • Sudut

Dimainkan ketika bola datang ke garis gawang yang disebabkan oleh pembela, tendangan dibuat oleh lawan pemain. Posisi tendangan gawang sesuai dengan lokasi (kanan atau kiri) bola keluar.

  • Aturan Pergantian Pemain

Penggantian pemain hanya dapat dilakukan hingga 3 orang. Tetapi jika dalam kasus persahabatan maka substitusi dapat dilakukan 7 kali.

  • Peraturan Pelanggaran

Cedera dapat terjadi melalui tackles terlalu keras, tangan bola, mendorong lawan, menarik kaus lawan, mengganggu gerakan kiper, dan banyak lagi. Wasit mengeluarkan dua kartu dari kartu merah dan kuning.

Lihat Juga:   √ Pelanggaran HAM

Jika Anda menerima kartu merah, pemain meninggalkan lapangan. Jika mendapat kartu kuning, itu mendapat peringatan keras, dan jika bisa menjadi kartu kuning 2 kali, secara otomatis mendapat kartu merah.

  • Aturan tendangan bebas tendangan-bebas

Tendangan bebas dilakukan di tempat pelanggaran, ada 2 pilihan yang pemain digunakan untuk menendang langsung ke gawang atau lolos ke rekan setimnya.

  • Penalti

Hal ini terjadi karena pemain melakukan penghinaan di daerah kiper. Seperti bola tangan, mengatasi dan pelanggaran lainnya. Seorang pemain bernama sebagai orang menendang bola.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Materi Sepak Bola : Sejarah, Dasar, Peraturan, 10 Teknik, Ukuran, semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.