Media Komunikasi Adalah

Diposting pada

Pengajar.co.id kali ini ingin membagikan artikel tentang Media Komunikasi mari simak dibawah ini:

Media Komunikasi Adalah


Pengertian Media Komunikasi Adalah

Media Komunikasi Adalah sarana atau alat yang dipakai guna menyampaikan pesan dari komunikator pada publik. Media yang ada di dalam berkomunikasi adalah panca indera manusia contohnya telinga serta mata.

Media pula merupakan jendela yang sangat mungkin untuk bisa melihat lingkungan yang lebih jauh, menjadi tafsiran yang bisa membentuk serta memahami pengalaman, untuk landasan penyampai informasi, untuk komunikasi interaktif yang berisi pendapat audien, sebuah pemberi tanda intruksi atau petunjuk, untuk penyaring atau pembagi pengalaman serta fokus pada orang lain, cermin yang memberikan refleksi diri serta penghalang yang menutup kebenaran.

Media komunikasi umumnya dipakai untuk memproduksi, reproduksi, mengolah serta mendistribusikan dalam penyampaian sebuah informasi. Media komunikasi mempunyai peran amat penting dalam hidup masyarakat.

Sederhananya, media komunikasi adalah perantara di dalam penyampaian sebuah informasi dari komunikator pada komunikan. Yang tujuannya supaya efisien dalam menyebarkan informasi atau pesan.

Lihat Juga:   SENI KRIYA adalah

Teori Media Komunikasi

1. Teori Semiotik Pesan

Media memiliki daya tarik dari sudut pandang semiotik atas campuran simbol yang diatur dengan spasial serta kronologis, dalam membuat sebuah pesan, kesan serta menyampaikan gagasan dalam menunjukkan arti dari publik.

2. Teori Sosiokultural Pesan

Media yang disiapkan di dalam sosialisasi dan kulturisasi serta penempatan arti yang dapat menimbulkan suatu argumentasi publik pada media, supaya dapat memberi informasi yang berkarakter serta tidak timbulnya SARA.

3. Teori Sosiopsikologis

Teori yang menggabungkan sosial dengan pesikologis dari audien yang menikmati suatu media. Kalau status sosial digabungkan di dalam psikologis dari audien bisa dicontoh menjadi suatu konten atau isi acara yang sifatnya segmented atau segmentasi acara.

4. Teori Sibernitika

Pengaruh dari opini publik dari isi media adalah fenomena yang membuat tertarik atau dapat disebut dengan teori spiral ketenangan, yang mendefinisikan bahwa komunikasi interpersonal serta media berjalan bersama di dalam perkembangan opini di masyarakat.

5. Teori Kritis

Implikasi budaya yang sangat luas di dalam separuh teori kritis dibicarakan bahwa banyak ideology atau paham dari pemilik media, yang semestinya bisa dikritik oleh publik agar tak ada keberpihakan di dalam menyampaikan informasi.


Fungsi Media Komunikasi

1. Efektifitas

Media komunikas akan menjadi mudah kelancaran dalam penyampain informasi.

2. Efisiensi

Media komunikasi akan menjadikan cepat penyampaian terhadap sebuah informasi.

3. Konkrit

Media komunikasi akan membantu mempercepat topik pesan yang memiliki sifat abstrak.

4. Motivatif

Media komunikasi akan lebih atraktif serta memberikan sebuah informasi yang dapat dipertanggung jawabkan.

5. Efisiensi Penyebaran Informasi

Penghematan dari sisi biaya, tenaga, pemikiran serta waktu.

6. Memperkuat Eksistensi Informasi

Media komunikasi yang hi-tech dapat membuat informasi ataupun pesan lebih mempunyai kesan kepada komunikan.

Lihat Juga:   √Bentuk Badan Usaha : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Perbedaan

7. Menghibur

Media komunikasi dapat membuat senang serta lebih menarik untuk penonton.

8. Kontrol Sosial

Media komunikasi adalah pengawasan dalam sebuah kebijakan sosial.

9. Fungsi Produksi

Memiliki kegunaan supaya menghasilkan informasi.

10. Fungsi Reproduksi

Memiliki kegunaan untuk bisa memproduksi ulang serta memperbanyak atau menggandakan informasi.

11. Fungsi Penyampai Informasi

Fungsinya adalah guna bisa mengkomunikasikan serta menyebarluaskan pesan terhadap komunikan yang menjadi tujuan informasi.


Karakteristik Media Komunikasi

1. Karakteristik Dalam Media Intra Personal

Pikiran adalah umpan balik yang diperoleh dari pribadi seseorang serta hanya berputar di dalam diri sendiri, arus pesan yang disampaikan menjadi persepsi yang terpusat, efek yang diberikan di dalam karakteristik intrapersonal ialah sikap serta perilaku.

2. Karakteristik Inter Personal

Seluruh panca indera berfungsi untuk menjadi umpan balik dari suatu informasi yang disampaikan, dengan cara kode tertulis, lisan, isyarat serta arus pesan dua arah dan memiliki efek pada sikap yang tinggi serta rendah pada kognitif.

3. Karakteristik Media Massa

Sifatnya lembaga, satu arah, meluas serta bersamana dan juga memakai peralatan teknis atau mekanis yang sifatnya terbuka.

4. Karakteristik Media Publik

Diperoleh oleh semua indera baik lisan atau isyarat siklus pesan yang disampaikan, bisa 1 atau 2 arah banyak serta terbatas serta mempunyai efek yang tinggi pada perilaku, namun demikian rendah pada kognitif.


Bentuk Media Komunikasi

1. Media Cetak

Semua jenis barang atau media komunikasi yang bisa dilakukan dengan proses percetakan serta bisa dippakai sebagai sarana penyampai pesan atau informasi. Contohnya: Surat kabar, buku, brosur, majalah serta buletin

2. Media Visual atau Media Pandang

Penerimaan pesan yang ditujukan dengan lewat panca indera dan dapat dilihat. Contohnya: gambar dan foto

Lihat Juga:   Dongeng Adalah

3. Media Audio

Penerimaan pesan yang disampaikan dengan lewat indera pendengaran. Contohnya: Radio dan tape recorder

4. Media Audio Visual Aid (AVA)

Media komunikasi yang dapat dilihat serta dapat didengar guna memperoleh informasi secara bersamaan. Contohnya: Televisi, Laptop

Demikianlah artikel tentang Media Komunikasi  dari Pengajar.co.id Semoga bermanfaat