NARASI Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul NARASI Adalah : Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh & Jenis, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini. narasi-adalah


Pengertian NARASI

Pengertian narasi adalah bentuk pengembangan paragraf dalam sebuah karangan atau karya tulis di mana menjelaskan serangkaian peristiwa secara berurutan dari waktu ke waktu; dari awal, tengah, hingga akhir.

Ada juga beberapa pendapat yang menjelaskan pengertian narasi yaitu sebuah karangan yang disajikan berdasarkan alur atau plot, di mana ada suatu peristiwa, tokoh dan konflik. Sebuah narasi dapat berisi cerita berdasarkan fakta (narasi ekspositoris) atau cerita fiksi (narasi sugestif).

Pengertian Narasi Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian narasi menurut kbbi adalah menyajikan sebuah kejadian yang disusun berdasarkan urutan waktu


Ciri-Ciri Narasi

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri narasi, yaitu :

  1. Versi Goys Keraf (2000:136)

  • Memperlihatkan unsur perbuatan atau tindakan
  • Berupaya menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”
  • Disusun dalam urutan waktu
  • Terdapat konfliks
  1. Versi Atar Semi (2003:31)

  • Berwujud cerita tentang peristiwa atau pengalaman penulis
  • Atas dasar konfliks, karena tanpa konfliks seringkali narasi tidak menarik
  • Kejadian atau peristiwa yang diberikan berupa peristiwa yang nyata terjadi, bisa berbentuk semata-mata imajinasi atau gabungan keduanya
  • Susunan secara kronologis sangat ditekankanPada pokoknya, ciri-ciri narasi adalah berisikan suatu cerita, menekankan suatu kronologis atau peristiwa dari waktu ke waktu yang mempunyai konfliks didalamnya.
  • Mempunyai nilai keindahan atau estetika
Lihat Juga:   Sumber Daya Alam Adalah

Jenis-Jenis Narasi

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis narasi, yaitu :

  • Narasi Informatif

    Narasi informatif adalah narasi yang bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat tentang suatu peristiwa untuk memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang.

  • Narasi Ekspositorik

    Narasi Eksposur adalah sebuah narasi yang bertujuan untuk memberikan secara akurat tentang informasi suatu peristiwa untuk memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang. Dalam narasi ekspositori ini, penulis menceritakan suatu peristiwa berdasarkan data nyata atau sesuai dengan fakta. Pelakunya dalam narasi ekspositirik ini biasanya hanya satu orang. Pelaku tersebut diceritakan tentang masa kecil sampai sekarang atau sampai akhir hidupnya.

  • Narasi Artistik

    Narasi artistik adalah narasi yang berupaya untuk bisa memberikan tujuan atau makna tertentu dengan mengirimkan pesan terselubung kepada pembaca atau pendengar sehingga ia tampak seolah-olah sedang melihat. Ketentuan-ketentuan ini menyangkut penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang tersedia, dan tidak memberikan unsur sugestif atau objektif.

  • Narasi Sugestif

    Naratif sugestif adalah narasi yang menceritakan hasil dari rekaan, imajinasi, atau khayalan penulis. yang fiktif. Narasi sugestif seperti itu selalu melibatkan imajinasi atau khayalan karena tujuan yang ingin dicapai adalah kesan dari peristiwa tersebut. Narasi sugestif Ini juga disebut narasi fiksi.


Struktur Narasi

Berikut dibawah ini merupakan struktur narasi yang harus anda ketahui :

  1. Pengenalan

    Di bagian ini berisi mengenai pengenalan tokoh suasan, latar belakang dan lainnya.

  2. Awal Pertikaian

    Bagian ini berisi konflik atau masalah awal yang ditampilkan oleh penulis.

  3. Pucuk Pertikaian

    Bagian ini berisi ilustrasi konflik utama atau inti cerita.

  4. Penyelesaian

    Pada bagian ini berisi mengenai penyelesaian dari masalah yang terjadi dalam cerita dan mengindikasikan akhir cerita.


Contoh Narasi

Suatu pagi yang cerah, Meri pergi untuk mengambil kayu bakar di hutan, dia tidak sendirian karena dia pergi dengan kakeknya. Tidak merasa bahwa dia telah tiba di hutan lebat, dia mendengar suara binatang yang berisik. Disini dia merasa takut karena itu adalah pengalaman pertamanya mencari kayu bakar di hutan.

Kisah di atas mengisahkan Meri, yang sedang mencari kayu bakar untuk pertama kalinya di hutan bersama kakeknya, karena dia merasa asing dengan suasana hutan, dia menjadi takut.

Selasa sepertinya hari yang sangat sulit bagiku, aku harus bangun lebih awal dari biasanya. Membantu keluarga adalah pekerjaan saya, terutama setelah kematian ayah saya, saya harus bekerja lebih keras saat di sekolah dan di rumah. Tapi demi ibuku setiap hari aku akan melakukannya.

Contoh di atas menunjukkan seorang anak yang siap bekerja keras untuk ibunya setelah kematian ayahnya, meskipun dia sedang sangat sibuk.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul NARASI Adalah : Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh & Jenis, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.