Opini Adalah

Diposting pada

Kesempatan Kali ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Opini Berikut Penjelasannya:

Opini Adalah


Pengertian Opini Adalah

Opini adalah sebuah pendapat, tanggapan, pandangan, serta hasil pikiran seseorang dalam menjelaskan dan menyikapi sebuah hal namun bersifat tidak objektif yang belum pasti kebenarannya.

Opini bisa dikatakan sebuah pendapat, pikiran, atau tanggapan seseorang atau kelompok yang belum dianggap kebenarannya. Dengan kata lain, opini sifatnya subjektif dan setiap orang bisa saja mempunyai pendapat yang berbeda-beda tentang sebuah peristiwa atau objek.

Opini adalah sebuah pandangan atau pendapat pribadi seseorang guna menjelaskan sebuah peristiwa atau hal tertentu, baik yang belum terjadi ataupun yang sudah terjadi.


Ciri-ciri Opini

1. Bersifat Subjektif

Isi sebuah opini adalah pemahaman dari penilaian seseorang tentang sebuah kejadian yang mana pendapat itu berasal dari pengetahuan, pengalaman, harapan serta keinginan. Dengan kata lain, setiap orang kemungkinan besar akan mempunyai pendapat yang berbeda-beda tentang sebuah kejadian yang sama.

2. Menjelaskan Terkait Hal Tertentu

Isi sebuah opini menjelaskan tentang sesuatu hal (peristiwa dan objek), dengan memperhatikan gejala-gejala kemudian memberikan prediksi, harapan, serta saran pada hal itu.

3. Kebenarannya Masih Diragukan

Isi sebuah opini belum bisa dipastikan kebenarannya sehingga mesti diuji dan dibuktikan. Itulah sebabnya dalam mengungkapkan opini biasanya selalu memakai kata mungkin, misal, menurut saya, dsb.


Unsur-unsur Opini

1. Nilai Kepercayaan

Biasanya seseorang mengungkapkan opini pada sebuah hal didasari oleh adanya kepercayaan. Nilai kepercayaan tersebut terbentuk bisa dipengaruhi oleh Agama, Politik, Budaya, dsb.

Lihat Juga:   Konjungsi Korelatif

Nilai kepercayaan mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk seseorang saat menyampaikan pendapatnya. Itulah asalan mengapa orang-orang yang memiliki latar belakang kepercayaan yang sama cenderung mempunyai opini yang sama.

2. Sikap

Sikap seseorang dalam menyikapi sebuah peristiwa akan melahirkan sebuah opini. Adapun pernyataan sikap itu bentuknya dapat membenarkan atau menyanggah informasi lain yang dilihat atau didengar lewat sebuah media.

3. Persepsi

Opini publik bisa terbentuk karena adanya persepsi pemberian makna terhadap sebuah peristiwa. Saat seseorang mendapatkan informasi tertentu maka ketika itu akan terjadi penilaian pada penyebab serta kemungkinan yang bisa terjadi, serta pada akhirnya akan menghasilkan sebuah opini.


Jenis-jenis Opini

1. Opini Pribadi

Opini pribadi adalah sebuah pendapat atau pandangan seseorang pada sebuah hal yang tidak dipengaruhi oleh pendapat dari orang lain. Biasanya opini pribadi tidak diungkapkan secara publik karena sifanya pribadi, walaupun pada kasus tertentu hal itu dilakukan.

2. Opini Kelompok

Opini kelompik adalah sebuah pendapat atau pandangan sekelompok orang pada sebuah hal yang menyangkut kepentingan orang banyak. Opini kelompok tersebut terdiri dari mayoritas serta minoritas, yang ditandai dengan kuantitas (jumlah) pro dan kontra pada sebuah peristiwa.

3. Opini Publik

Opini publik adalah sebuah pandangan atau pendapat yang timbul di dalam diri seseorang sesudah adanya perbincangan dengan orang lain. Dengan kata lain, opini publik muncul dari sebuah diskusi dalam menyikapi hal tertentu serta menghasilkan sebuah kesimpulan lalu menjadi opini bersama.

4. Opini Umum

Opini umum adalah sebuah pandangan atau pendapat yang ada secara umum serta dipahami dengan bersama-sama oleh masyarakat. Dengan kata lain, masyarakat mempunyai pandangan yang sama tentang sebuah kejadian sehingga tak ada pro dan kontra.

Lihat Juga:   Memo Adalah

Contoh Kalimat Opini

  1. “Pendapat saya, guru dan orang tua murid mesti keras dalam mendidik anak supaya menghasilkan pribadi yang baik.”
  2. “Kamu pagi ini cantik sekali.”
  3. “Kamu cocok sekali memakai baju itu. “
  4. “Karena angin sangat kencang menurut saya akan turun hujan nanti.”
  5. “Menurut saya pasti guru kita tidak masuk.”

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Opini Semoga Bermanfaat