Pencemaran Lingkungan

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pencemaran Lingkungan : Macam, Penyebab, Contoh, Dampak, Solusi, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Pencemaran-Lingkungan


Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pengertian pencemaran lingkungan secara umum adalah perubahan yang tak dikehendaki, tetapu dialami oleh lingkungan. Perubahan itu berpotensi merusak kesehatan, keselamatan, juga keberlangsungan hidup setiap makhluk hidup di sekelilingnya. Karena pencemaran lingkungan adalah sebuah proses masuknya zat yang bisa merusak alam dari fungsi sebenarnya.

Sebab dari pencemaran lingkungan seringkali dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab, juga bahan-bahan pencemar lainnya yang berasal dari alam itu sendiri. Misalkan beberapa perbuatan manusia yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yaitu asap kendaraan motor yang berlebih, limbah, sampah, polusi pabrik, dan lain-lainnya. Sedangkan itu bahan pencemar yang berasal dari alam yaitu debu dan gas yang berasal dari gunung meletus.

Pencemaran lingkungan tentu akan merugikan sekelompok orang serta makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Sehingga setiap manusia atau sekelompok manusia yang tinggal didalam lingkungan itu harus bisa menjaga dan merawat kebersihan lingkungan dengan baik.


Kategori Pencemaran Lingkungan

Kategori pencemaran lingkungan terbagi atas beberapa bagian, yaitu diantaranya :

  1. Pencemaran lingkungan sesuai dengan partikel pencemarannya atau polutan, dibagi menjadi :
  • Pencemaran Suara.
  • Pencemaran Fisik.
  • Pencemaran biologi.
  • Pencemaran Kimia.
  1. Pencemaran lingkungan sesuai dengan tingkatannya, dibagi menjadi :
  • Pencemaran Ringan.
  • Pencemaran akut.
  • Pencemaran Kronis.

Macam-Macam Pencemaran Lingkungan

  1. Pencemaran Air

Air adalah salah satu sumber kebutuhan hidup bagi setiap makhluk hidup di dunia. Akan tetapi terkadang ada beberapa manusia yang melakukan perbuatan yang tidak bertanggung jawab dan menyebabkan pencemaran air. Bahkan bukan hanya itu saja, terkadang pencemaran air juga disebabkan oleh penurunan fungsi alam, sehingga tidak bisa memberikan manfaat yang baik lagi.

Air yang tercemar adalah air yang sudah terkontaminasi oleh zat kotor organik yang menyebabkan air menjadi tidak berguna. Bahkan pencemaran air juga bisa menyebabkan lingkungan sekitar menjadi tempat yang tidak sehat, bau, serta menyebabkan bencana alam.

Pencemaran air juga dapat mematikan populasi makhluk hidup didalamnya, seperti ikan. Hal tersebut disebabkan karena air tidak bisa memberikan manfaat yang semestinya untuk makhluk hidup didalamnya.

Lihat Juga:   Pengertian Lembaga Keuangan

Sekarang ini, kasus pencemaran air susah di kendalikan dan terus-menerus terjadi, seperti sungai yang kotor. Hal itu dikarenakan banyak pabrik yang membuang limbah kotor sembarangan, sehingga masuk ke dalam aliran air sungai dan mencemarinya.

Hal tersebut tentu menjadi tugas kita semua dalam menjaga kebersihan lingkungan air. Karena tanpa air bersih kebutuhan hidup sulit untuk dipenuhi.


  1. Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah suatu bentuk pencemaran lingkungan yang sangat berbahaya bagi kehidupan. Dimana hal tersebut terjadi, akan ada perubahan udara akibat banyak zat yang berupa biologi, fisik, ataupun kimia melapisi atmosfer bumi. Bila jumlah zat tersebut melebihi takaran yang ada pada umumnya, tentu dapat membuat ketidaknyamanan dalam kehidupan di bumi.

Untuk menjaga kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi ini, kita semua harus menjaga kebersihan udara. Dikarenakan ketika udara sudah tercemar, dapat menimbulkan berbagai penyakit dan memberikan kerugian yang tidak diinginkan.


  1. Pencemaran Tanah

Pencemaran lingkungan pada tanah terjadi saat banyak zat kimia yang berbahaya masuk ke dalam tanah dan merusak struktur tanah. Penyebab pencemaran ini juga bisa dikarenakan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, contohnya membuang limbah cairan kimia ke dalam tanah, penggunaan pestisida secara berlebihan, juga tidak mengolah dengan baik sampah rumah tangga. Tanah yang telah tercemar tentu bukanlah tanah yang subur, sehingga tidak dapat ditanami berbagai tumbuhan.


Penyebab Terjadinya Pencemaran Lingkungan

Penyebab Pencemaran Lingkungan Air

Ada beberapa penyebab yang bisa mencemari lingkungan air, yaitu diantaranya :

  1. Limbah Pabrik

Limbah pabrik termasuk menjadi penyebab terjadinya pencemaran air. Limbah pabrik itu sendiri merupakan zat kimia berbahaya yang berasal dari pabrik dan mencemari lingkungan air. Kandungan berbahaya yang ada didalam zat limbah dapat membuat kandungan oksigen dalam air tercemar.

Adapun limbah yang berbahaya diantaranya adalah limbah nutrien, limbah organik, limbah logam berat dan limbah padatan. Air yang telah tercemar dengan limbah tidak dapat digunakan kembali apalagi untuk diminum. Dikarenakan air telah terkontaminasi dengan racun dan tidak sehat.

  1. Sampah Rumah Tangga

Selain limbah pabrik yang dapat mencemari air, limbah sampah yang berasal dari rumah tangga seperti sabun, plastik, deterjen, dan sampah bekas bungkus makanan lainnya juga merupakan penyebab pencemaran lingkungan air. Terlebih saat sampah rumah tangga dibuang sembarangan dan menyumbat aliran air sungai.

  1. Kandungan Nutrien Yang Meningkat

Kandungan nutrien yang meningkat dalam air juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan air, dan juga terjadinya eutrofikasi.

  1. Pemakaian Bahan Peledak

Terdapat beberapa orang dan oknum yang tidak bertanggung jawab, menggunakan bahan peledak untuk mendapatkan ikan secara instan. Kebanyakan manusia menggunakan cara tersebut agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan secara lebih banyak dan mencari kepuasan. Tentu saja penggunaan bahan peledak dapat mencemari lingkungan air dan merusak ekosistem.

Lihat Juga:   Teks Ceramah Adalah

Bukan hanya bisa menghancurkan kehidupan ikan dalam air saja, namun berbagai makhluk hidup didalamnya. Masih banyak sekali manusia yang menggunakan bahan peledak untuk mendapatkan ikan. Mereka tidak menyadari bahwa perbuatan tersebut adalah cara yang tidak baik dan bisa merusak alam.


Penyebab Pencemaran Lingkungan Udara

Secara umum, pencemaran lingkungan udara dapat disebabkan karena beberapa faktor, baik berasal dari tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, atau juga karena fenomena perubahan alam yang tidak bisa kita hindari. Terdapat pula berbagai jenis pencemaran udara, beberapa diantaranya seperti polusi udara, polusi suara, polusi perubahan cuaca menjadi lebih panas dari sebelumnya.

Pencemaran udara dapat terjadi dikarenakan oleh dua sumber yang berbeda, yaitu sumber sekunder dan sumber premier. Sumber yang berasal dari secara premier yaitu ketika sumber berkontraksi dengan udara secara langsung hingga menjadi kotor dan tercemar. Misalkan zat karbondioksida yang ada pada kendaraan, berkontak langsung dengan udara dan pembakaran limbah yang dapat merusak lingkungan udara.

Lalu ada sumber sekunder, yaitu suatu sumber yang berasal dari turunan primer di mana terdapat pencemaran lingkungan pada atmosfer bumi. Adapun beberapa sumber pencemaran udara yang berasal dari manusia dan alam, yaitu diantaranya :

  1. Perbuatan Manusia

  • Banyaknya asap kendaraan.
  • Asap pabrik yang dibuang dengan cara tidak semestinya.
  • Banyaknya pembakaran sampah plastik.
  • Adanya pembangkit listrik.
  • Terdapat alat pembakaran, seperti kompor.
  • Berbagai alat yang memiliki kandungan CFC didalamnya.

  1. Aktivitas Alam

  • Terjadinya gunung meletus.
  • Gunung yang mengeluarkan asap tebal.
  • Banyaknya debu di musim kemarau.
  • Sering terjadi kebakaran hutan di musim kemarau.
  • Terdapat beberapa tumbuhan yang mengeluarkan volatil organik.

Penyebab Pencemaran Lingkungan Tanah

Ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan tanah, yaitu diantaranya :

  1. Pembuangan limbah cair

Pembuangan limbah cair yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada tanah. Limbah cair itu sendiri adalah hasil pembuangan industri yang bentuknya cairan. Misalnya, limbah hasil pengolahan logam atau sisa hasil pengolahan limbah kimia. Limbah cair sangat merugikan kehidupan manusia, dikarenakan dapat menggangu kesehatan dan merusak ekosistem.

  1. Pembuangan limbah padat

Pembuangan limbah padat yang berasal dari hasil industri pabrik adalah berupa lumpur, padatan bubur, serta beberapa hasil olahan pabrik lainnya. Misalnya pabrik pengawet buah, pabrik rayon, pabrik gula, pabrik ikan, dan lain sebagainya.

  1. Pembuangan limbah anorganik

Sampah anorganik adalah jenis limbah yang tidak bisa diuraikan dengan baik oleh mikroorganisme dalam tanah, seperti jamur ataupun bakteri. Selain dapat mencemari lingkungan tanah, limbah anorganik juga sangat mengganggu kehidupan manusia. Misalnya sampah yang termasuk kedalam jenis limbah anorganik yaitu, kertas, plastik, kaleng, botol, dan lainnya.

  1. Pembuangan limbah organik

Sampah atau limbah organik adalah sampah yang dapat diurai dengan baik oleh mikroorganisme. Sehingga sampah organik tidak terlalu berbahaya untuk tanah. Tetapi, ketika pembuangan limbah organik terlalu banyak, dapat merusak struktur tanah dan menghambat penguraian sampah oleh bakteri.

  1. Pembuangan limbah industri

Jenis limbah industri yaitu berupa limbah cair, dan limbah padat. Biasanya limbah ini berasal dari pabrik domestik dan juga perumahan. Tetapi tidak jarang pula pembuangan limbah industri seringkali ditemukan pada rumah makan, perhotelan, instansi pemerintahan, tempat makan, tempat wisata, dan sebagainya.

  1. Pembuangan limbah pertanian

Pembuangan limbah pertanian yang berupa pupuk dan pestisida dapat menyebabkan pencemaran lingkungan pada tanah. Sehingga menyebabkan pertumbuhan tanaman yang ada pada lahan tanah tersebut tidak bisa berkembang dengan baik.

Lihat Juga:   15 Contoh Surat Kuasa Tanah, Bank, Perwakilan, Bermaterai

Dampak Pencemaran Lingkungan

  1. Dampak Pencemaran Air

Adapun dampak yang bisa terjadi akibat pencemaran lingkungan, yaitu :

  • Tanah longsor.
  • Kelangkaan air bersih.
  • Erosi tanah.
  • Ekosistem menjadi rusak.
  • Nelayan Rugi.

  1. Dampak Pencemaran Udara

Lalu, ada juga dampak yang bisa terjadi akibat pencemaran udara, yaitu :

  • Dampak pada tumbuhan yang terkontaminasi dengan udara kotor.
  • Kesehatan manusia terancam.
  • Efek rumah kaca.

  1. Dampak Pencemaran Tanah

Sedangkan itu terdapat akibat yang bisa terjadi saat tercemar, yaitu diantaranya :

  • Menyerang kesehatan manusia.
  • Ekosistem menjadi terganggu.
  • Merugikan pertanian.

Pencegahan Pencemaran Lingkungan

  1. Pencegahan pencemaran air yaitu dengan cara :

  • Tidak memakai bahan peledak.
  • Tidak membuang sampah ke sungai.
  • Melakukan pembersihan secara rutin.

  1. Pencegahan pencemaran lingkungan udara, bisa dilakukan dengan cara :

  • Penanaman pohon.
  • Membangun cerobong asap yang tinggi.

  1. Pencegahan pencemaran tanah, dapat dilakukan dengan cara :

  • Remidiasi, yaitu dilakukan dengan membersihkan permukaan tanah yang sudah tercemar.
  • Bioremediasi, yaitu pencegahan pencemaran lingkungan tanah dengan teknik memberikan berbagai mikroorganisme ke dalam tanah seperti bakteri dan jamur.

Contoh Pencemaran Lingkungan

  1. Contoh Pencemaran Lingkungan Air, diantaranya :

  • Kurangnya air bersih.
  • Banyak sampah disungai.
  • Pembuangan limbah sembarangan.
  1. Contoh pencemarang lingkungan udara, yaitu diantaranya :

  • Asap pabrik yang dibuang dengan kapasitas berlebihan.
  • Kebakaran hutan.
  • Kerusakan lapisan ozon.
  • Hujan asam.
  1. Contoh pencemaran lingkungan tanah, yaitu diantaranya :

  • Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan.
  • Sampah plastik yang banyak tertimbun ditanah.

Solusi

Lingkungan yang aman, bersih, dan juga nyaman pastinya memberikan dampak positif bagi kehidupan. Begitu pula sebaliknya, Maka dari itu solusi untuk mendapatkan kebersihan dan kenyamanan itu kita perlu menjaga lingkungan dengan tidak melakukan hal yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan. Tanamkan jiwa untuk mencintai alam. Dengan itu kita tidak akan melakukan hal-hal yang merusak alam.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pencemaran Lingkungan : Macam, Penyebab, Contoh, Dampak, Solusi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.