Pengertian Ekonomi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Ekonomi Adalah: Sejarah, Manfaat, Prinsip, Motif, Tujuan, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Pengertian-Ekonomi-Adalah


Pengertian Ekonomi

Istilah “Ekonomi”  berasal dari bahasa Yunani, yaitu “oikos” dapat diartikan “Keluarga dan rumah tangga” dan “nomos” yang berarti “peraturan, aturan  dan hukum”. Secara garis besar ekonomi dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga atau bisa disebut manajemen rumah tangga. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi yaitu orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Pengertian Ekonomi adalah suatu kegiatan manusia yang berkaitan dengan aktivitas produksi, konsumsi, dan distribusi terhadap jasa dan barang. Definisi ekonomi adalah semua yang berkaitan dengan upaya dan daya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran.

Pada perkembangannya ilmu ekonomi ini mencakup beberapa ilmu sosial yang lain seperti sejarah, geografi, sosiologi maupun antropologi yang kesemuanya saling berkaitan dan saling menimbulkan sebab akibat.

Mengikuti era perkembangan zaman sesuai dengan penerapan bidang-bidang baru, ilmu ekonomi juga berkembang dalam cakupan ilmu keuangan, ilmu administrasi, ilmu perdagangan, ilmu bisnis, ilmu produksi, ilmu distribusi, ilmu manajemen dan lain-lain.

Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya manusia mengelompokkan 5 sektor ekonomi kebutuhan yaitu :

  1. Sektor Primer
  2. Sektor Sekunder, dan
  3. Sektor Tersier
  4. Sektor Quartener
  5. Sektor Quiner

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

  1. Definisi Ekonomi menurut John Stuart Mill

    Pengertian ilmu Ekonomi yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang pengeluaran dan penagihan ekonomi.

  2. Definisi Ekonomi menurut Oscar Langen

    Pengertian ilmu Ekonomi yaitu suatu ilmu yang mempelajari tata administrasi dan berbagai sumber baik kecil maupun besar dan dianalisa sedemikian rupa, sehingga bisa dipergunakan bagi kehidupan manusia secara maksimal dan sebaik-baiknya.

  3. Definisi Ekonomi menurut Suherman Rosydi

    Pengertian ilmu Ekonomi yaitu ilmu pengetahuan yang memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.


Manfaat Ekonomi

Berikut dibawah ini merupakan manfaat ekonomi, yaitu :

  1. Mengoptimalkan sumber daya untuk memperoleh keuntungan maksimal.
  2. Bekerja hemat tepat dan cepat untuk memperkecil risiko kerugian dan kerusakan.
  3. Mencapai tujuan dengan tepat waktu dan berhasil untuk mencapai tingkat kemakmuran yang diinginkan.
  4. Mencapai hasil kerja yang terjamin mutunya untuk memenuhi tingkat kepuasan pelaku ekonomi.
  5. Hidup lebih maju dalam persaingan yang sehat.

Tujuan Ekonomi

Secara umum Tujuan ekonomi yaitu:

  1. Memaksimalkan keuntungan di mana kita mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya.
  2. Meminimalkan kerugian dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.

Prinsip-prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi adalah suatu pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang terkandung asas dengan pengorbanan tertentu maka dapat diperoleh hasil yang sangat maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecil nya untuk memperoleh hasil tertentu atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

Ada beberapa macam prinsip-prinsip eknomi yaitu:

  1. Prinsip Produksi

Prinsip Produksi dalam ekonomi yaitu perekonomian memiliki peran dalam pengadaan produk, baik itu barang maupun jasa. Proses produksi membutuhkan biaya dan usaha dalam pelaksanaannya. Aktivitas produksi akan membukaan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk tertentu.

  1. Prinsip Distribusi

Prinsip Distribusi dalam ekonomi yaitu kegiatan penyaluran atau distribusi suatu produk kepada para konsumen. Kegiatan distribusi ini harus dilakukan dengan perhitungan waktu yang baik agar produk yang disalurkan tiba di lokasi penjualan dengan tepat waktu.

Misalnya dalam pengiriman  sayur-sayuran dan buah-buahan dari para petani ke para penjual di pasar. Proses distribusi dilakukan pada saat dini hari agar kualitas sayur dan buah tetap baik saat konsumen membelinya.

  1. Prinsip Konsumsi

Prinsip Konsumsi dalam ekonomi yaitu segala aktivitas penggunaan suatu produk yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya seorang pemilik rumah membeli genteng untuk mengganti genteng rumahnya yang rusak. Tujuannya agar atap rumahnya tidak bocor ketika hujan dan merasa nyaman.


Motif Ekonomi

Motif ekonomi yaitu alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan suatu tindakan ekonomi. Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek yaitu :

  1. Motif Intrinsik

    Yaitu suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas kemauan sendiri.

  2. Motif Ekstrinsik

    Yaitu suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain.

Pada praktiknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:

  1. Motif memenuhi kebutuhan
  2. Motif memperoleh keuntungan
  3. Motif memperoleh penghargaan
  4. Motif memperoleh kekuasaan
  5. Motif sosial / menolong sesama

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Ekonomi Adalah: Sejarah, Manfaat, Prinsip, Motif, Tujuan, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   √Bursa Efek Adalah