Pengertian Olahraga

Diposting pada

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Pengertian Olahraga Berikut adalah pembahasannya:


Pengertian Olahraga

Pengertian Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang mempunyai tujuan tertentu, seperti halnya melatih tubuh untuk kesehatan jasmani ataupun rohani. Jadi olahraga yang rutin bisa mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikarenakan metabolisme dalam tubuh bisa berjalan lancar.

Dengan begitu, penyerapan serta distribusi nutrisi bisa bekerja dengan efektif dan efisien. Jadi pengertian Olahraga secara umum adalah sebuah bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur, yang mana melibatkan gerakan tubuh secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang baik.

Dengan tujuan untuk peningkatan kebugaran jasmani ataupun rohani tiap manusia. Olahraga juga dapat dilakukan oleh orang dewasa, anak-anak, sampai lanjut usia selagi dia mampu. Olahraga juga sudah menjadi bagian hidup dari sebagian masyarakat perkotaan ataupun pedesaan.


Manfaat Olahraga

Olahraga juga mempunyai manfaat untuk seseorang. Manfaat olahraga itu yang bisa membantu seseorang untuk lebih percaya diri, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kinerja otak secara maksimal guna mendapat hasil konsentrasi yang baik. Sebab suplai oksigen menuju otak bisa beredar secara lancar.

Selanjutnya, tujuan dari Olahraga sendiri sangat banyak. Sampai mengeluarkan berbagai pengertian olahraga yang sangat luas. Serta banyak yang menganggap bahwa olahraga hanya sebagai hobi, mempercepat proses diet, serta keinginan membentuk otot tubuh. Dan juga sekedar bermain. Tapi, olahraga sendiri akan berbuah manis kalau seseorang melakukannya dengan rutin dan dalam terarah untuk mengikuti PORKAB, PORPROV, PON, SEA GAMES, dsb.


Macam-Macam Cabang Olahraga Olimpiade

1. Atletik

Olahraga ini adalah olahraga gabungan dari bermacam jenis olahraga yang dikelompokkan menjadi satu. Yakni olahraga lari, lompat dan lempar. Contoh olahraga atletik sendiri adalah lari jarah pendek, lari jarak menengah, lari maraton, tolak peluru, lempar lembing, lompat tinggi serta masih banyak lagi.

Lihat Juga:   √ Fungi Adalah

2. Permainan Bola

Untuk permainan bola yang di Olimpiadekan ialah permainan bola besar dan bola kecil. Permainan bola besar adalah bola basket, bola voli, futsal, golf, sofbol, tennis lapangan, boling, sepak bola, bola tangan dsb.

Permain bola, pada era ini tidak hanya disukai oleh kaum laki-laki saja. Namun, kaum perempuan juga juga banyak yang gemar bermain bola. Contoh bola basket, bola volli, bola tangan, tennis lapangan adalah contoh olahraga yang digemari oleh kaum perempuan. Sampai kini banyak perempuan yang menjuarai olahraga bola tersebut.

3. Seni Bela Diri

Cabang olahraga seni beladiri sekarang semakin menjadi idola baru dalam cabang Olahraga. Kemunculan untuk mempertahankan nilai seni dari bermacam daerah dapat berkembang dengan aktivitas dari adanya olahraga bela diri. Dari masa ke masa, seni bela diri tersebar ke semua penjuru dunia dan mempunyai ciri khas masing-masing.

Seperti halnya silat, bela diri silat ialah olahraga yang dikembangkan di Indonesia. Olahraga yang di perlombakan dalam tingkat Olimpiade ini mesti berkembang dan bersaing secara positif bersama seni beladiri aikido, judo, wushu, karate, gulat, kempo, wing tsun, serta taekwondo.

4. Berenang

Olahraga air ini, adalah cabang olahraga yang dilakukan di dalam air. Kompetisi tersebut selalu dimasukkan dalam segala pertandingan. Kelas renang yang biasa diperlombakan yakni gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Nantinya olahraga tersebut akan diperlombakan secara acak, sesuai dengan kecepatan waktu yang di tempuh.

Itulah macam-macam cabang Olahraga Olimpiade yang dipertandingkan pada semua kejuaraan yang ada. Dengan dibantunya pengurus pada setiap cabornya (cabang olahraga) membantu seseorang guna memilih bidang olahraga yang sesuai dengan kemampuan yang dipunyai masing-masing manusia.

Lihat Juga:   √ Ande Ande Lumut : Cerita Singkat

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Pengertian Olahraga Semoga Dapat Bermanfaat bagi kita semua!