Pengertian Pantun Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Pantun Adalah: Ciri, Jenis, Struktur, Contoh Menurut Ahli, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Pengertian-Pantun-Adalah


Pengertian Pantun

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih terkenal hingga saat ini. Bukan hanya di dalam pelajaran bahasa Indonesia saja pantun dipelajari, namun juga di acara-acara adat atau hiburan sampai program televisi pantun masih eksis terdengar. Karena itulah tidak alasan bagi kalian semua untuk tidak mempelajari pantun. Dan dibawah ini adalah penjelasan mengenai pengertian pantun, cirri, jenis, struktur, contoh menurut ahli.


Pengertian Pantun Menurut Ahli

  1. Sunarti

Menurut Sunarti pantun adalah bentuk puisi lama yang mempunyai keindahan tersendiri dalam hal bahasa, dimana salah satunya ditandai oleh rima atau sajak a-b-a-b.

  1. Kaswan dan Rita

Penjelasan dari Kaswan dan Rita, pantun adalah jenis puisi Melayu lama, dimana dalam satu baitnya berisi 4 larik atau baris dengan sajak a-b-a-b, untuk larik pertama serta larik kedua merupakan sampiran dan untuk larik ketiga dan keempat adalah isi.

  1. Alisyahbana

Sedangkan menurut Alisyahbana, pantun adalah puisi lama yang telah sangat dikenal oleh orang-orang masa dulu atau dengan kata lain sangat dikenal dimasyarakat lama.

  1. Herman J. Waluyo

Menurut Herman J. Waluyo pantun itu merupakan salah satu bentuk puisi Melayu asli yang telah mengakar begitu lama di budaya masyarakat.

  1. Hidayat

Pantun merupakan salah satu puisi Melayu lama yang sudah dikenal secara luas di tanah air Indonesia sejak dahulu hingga sekarang.

Lihat Juga:   √Grafik Adalah

Ciri-Ciri Pantun

  1. Tiap Bait Terdiri Dari Empat Baris

Jika di dalam prosa ada paragraph untuk setiap rangkaian kalimat, maka puisi lebih mengenal dengan sebutan bait. Di dalam tiap bait itu sendiri berisi untaian kata-kata yang berada dalam satu gagasan dan mempunyai ciri khas tersendiri bergantung jenis puisinya. Dan terkhusus untuk pantun memiliki ciri khas kuat yaitu tiap baitnya selalu terdiri dari empat baris.

  1. Delapan Sampai Dua Belas Suku Kata Di Tiap Baris

Awalnya pantun tidak dituliskan namun disampaikan secara lisan. Oleh karena itulah, tiap baris pada pantun dibuat sangat singkat, biasanya tiap baris pada pantun terdiri atas 8-12 suku kata.

  1. Memiliki Sampiran Dan Juga Isi

Pantun menjadi unik dan mudah diingat  karena jenis puisi lama ini tidak hanya padat berisi melainkan juga memiliki pengantar yang puitis sampai terdengar lucu. Pengantar itulah yang sering disebut sebagai sampiran. Sampiran pada pantun akan selalu berada di baris pertama dan kedua. Lalu, isi pantun akan berada di posisi baris ketiga dan keempat.

  1. Berima a-b-a-b

Kesamaan bunyi yang terdapat dalam puisi disebut dengan rima atau sajak. Terkhusus untuk pantun memiliki ciri khas yaitu rimanya adalah a-b-a-b.


Struktur Pantun

Ada dua struktur yang membentuk sebuah pantun, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sampiran : Letak sampiran pada pantun biasanya berada di baris pertama dan kedua. Sampiran tidak berhubungan dengan bagian isi pantun.
  • Isi : Sedangkan isi pantun terletak di barisan ketiga dan keempat. Bagian isi inilah yang merupakan tujuan dari pantun itu sendiri.

Jenis-Jenis Pantun

Pantun itu sendiri dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu diantaranya adalah :

  1. Pantun Daerah

Pantun daerah adalah jenis pantun yang memakai bahasa daerah. Secara umum pantun ini juga berisi tentang adat istiadat atau kebudayaan dari daerah terkait.

  1. Pantun Perpisahan

Seperti namanya, pantun perpisahan adalah pantun yang membahas tentang perpisahan. Umumnya, kisah yang diangkat dalam pantun ini adalah perpisahan seseorang dengan orang terdekatnya.

  1. Pantun Berbalas

Apa yang dimaksud dengan pantun berbalas adalah pantun yang saling memberikan balasan kepada pantun lain. Oleh makacdari itu, pantun ini biasanya diucapkan oleh dua orang atau lebih yang isinya masih berkaitan satu sama lain.

  1. Pantun Tua

Pantun tua yaitu pantun yang memberikan gambaran mengenai karakter orang tua, jadi tidak heran jika ciri-ciri pantun tua yang utama ialah isinya sarat dengan petuah atau nasihat.

  1. Pantun Muda
Lihat Juga:   Pengertian Logika Adalah

Maksud dari pantun muda adalah pantun yang isinya membahas kehidupan para kaum muda yang biasanya masih dipenuhi oleh gairah baik dalam hal asmara, perjuangan mencapai sesuatu atau pergaulan.

  1. Pantun Teka-Teki

Seperti halnya dengan namanya, pantun ini adalah pantun yang isinya berupa tebak-tebakan. Oleh karena itu, pada bagian terakhir pantun teka-teki umumnya berisi pertanyaan. Biasanya pantun ini digunakan dalam permainan.

  1. Pantun Percintaan

Pengertian dari pantun percintaan adalah pantun yang isinya menyinggung masalah cinta serta kasih sayang. Umumnya, jenis pantun yang satu ini begitu populer di kalangan muda-mudi terutama berhubungan dengan upaya mereka untuk menyampaikan perasaan kepada orang yang disukainya.

  1. Pantun Nasihat

Pantun nasihat memiliki tujuan untuk memberikan nasihat, anjuran serta imbauan pada pembaca maupun pendengar untuk melakukan hal-hal yang sifatnya baik saja.

  1. Pantun Kias

Kiasan pasti mengandung makna, seperti halnya pantun kias yang di dalamnya terdapat makna konotasi. Karena memiliki nama pantun kias, dalam penulisannya pantun ini menggunakan majas sebagai gaya bahasanya.

  1. Pantun Kepahlawanan

Pantun kepahlawanan adalah pantun yang berisi tentang bahasan perjuangan para pahlawan, semangat kebangsaan serta jiwa patriotisme.

  1. Pantun Anak-Anak

Pantun anak-anak mempunyai tujuan agar anak-anak mulai akrab dengan pantun sekaligus juga memberikan pendidikan kepada mereka. Dengan menggunakan bahasa yang ringan dan menyenangkan yang ditujukan kepada anak-anak.

  1. Pantun Jenaka

Pantun jenaka ialah memiliki tujuan untuk menghibur pendengarnya. Ciri-ciri pantun jenaka ini yang paling utama ialah isinya menarik dan lucu, bahkan tidak jarang jenis pantun satu ini dimanfaatkan untuk menyindir kondisi masyarakat tetapi dalam nuansa yang ringan dan tidak menegangkan.

  1. Pantun Agama

Pantun agama adalah pantun yang berkaitan dengan hubungan serta kehidupan manusia dengan penciptanya.

  1. Pantun Adat

Yang dimaksud dengan pantun adat adalah pantun yang isinya tentang kebudayaan atau adat istiadat yang dimiliki oleh suatu masyarakat atau suatu daerah.

  1. Pantun Persahabatan

Jenis pantun selanjutnya adalah pantun persahabatan merupakan pantun yang mengusung tema tentang persahabatan.

  1. Pantun Perkenalan

Merupakan pantun yang memiliki isi untuk mengajak seseorang untuk berkenalan.

  1. Pantun Dagang atau Pantun Nasib

Selanjutnya adalah pantun dagang atau pantun nasib merupakan pantun yang memberikan gambaran mengenai nasib atau kondisi seseorang. Pantun ini biasa digunakan untuk mengisahkan tentang nasib seseorang saat berada di perantauan.

  1. Pantun Duka Cita

Pantun ini berkisah mengenai kesusahan atau kesedihan. Dan biasanya pantun ini memberikan gambaran mengenai kehidupan pada masa kanak-kanak yang dilingkupi oleh kesengsaraan karena alasan tertentu.

  1. Pantun Suka Cita

Dan yang terakhir adalah pantun suka cita, merupakan pantun yang membahas kegembiraan serta kebahagiaan.

Lihat Juga:   Pengertian Pajak adalah

Contoh Pantun

  1. Pantun Jenaka

Buah rambutan buah belimbing

Amat manis gula jawa

Senang sekali punya teman sumbing

Walau marah tetap tertawa


  1. Pantun Teka-Teki

Burung kenari burung prenjak

Terbang sejenak hinggap di tali

Kalau saudara memang bijak

Hewan apa yang bertanduk di kaki


  1. Pantun Nasihat

Bagai pinang dibelah dua

Tangan bengkak disengat lebah

Sejak muda hingga tua

Ajaran baik jangan diubah


  1. Pantun Kiasan

Bunga melati baunya harum

Bisa dipetik di pagi hari

Bunga berseri merekah ranum

Layaknya bidadari surga Andini


  1. Pantun Anak-anak

Makan nasi sayur rebung

Ditambah sambal juga lalapan

Rajinlah engkau menabung

Bekal untuk masa depan


  1. Pantun Muda-Mudi

Ke Surabaya bersama dia

Membeli kue dan boneka

Bergeraklah hai jiwa muda

Bekerja dengan semangat yang membara


  1. Pantun Agama

Letakkan benang dalam peti

Jarum di pasir takkan terlihat

Bersifat jujur kan bersihkan hati

Kemana pergi pasti selamat


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Pantun Adalah: Ciri, Jenis, Struktur, Contoh Menurut Ahli, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.