√ Perbedaan Data dan Informasi

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Perbedaan Data dan Informasi : Pengertian, Menurut Para Ahli, Ciri, Fungsi, Persamaan, Contoh, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : √ Data dan Informasi : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Perbedaannya


Pengertian Data

Data merupakan fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diproses, terkadang tidak bisa diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, oleh sebab itu data harus diproses terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima. Data bisa berupa angka, karakter, simbol, gambar dan suara serta tanda-tanda yang bisa dipakai untuk dijadikan informasi.


Pengertian Informasi

Informasi merupakan hasil pengolahan data yang sudah bisa diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya bisa dipakai untuk pengambilan keputusan. Informasi bisa berupa hasil gabungan, hasil analisa dan hasil penyimpulan serta hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.


Pengertian Data Menurut Para Ahli

Berikut dibawah beberapa pengertian data menurut para ahli


1). John Dearden serta Robert N. Antony

Pengertian data menurut John Dearden Robert N. Antony ialah bentuk jamak dari kata datum atau data item


2). Jogyanto

Definisi data menurut Jogyanto ialah kenyataan yang menggambarkan suatu peristiwa dan kesatuan nyata.


3). Slamet Riyadi

Slamet Riyadi mendefinisikan data sebagai kumpulan informasi yang didapat dari pengamatan dimana data dapat berupa angka-angka dan lambang-lambang.


4). Arikunto

Pengertian data dalam pandangan Arikunto ialah semua angka dan fakta yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi.


Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini beberapa pengertian infomasi menurut para ahli


1). Anton M. Moeliono

Informasi menurut Anton M.Moeliono ialah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang bisa dijadikan dasar pengamatan analisis atau kesimpulan .


2). Joner Hasugian

Joner Hasugian mendefinisikan informasi ialah suatu konsep universal dalam jumlah muatan besar yang melibatkan banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing serta terekam pada sejumlah media.


3). Jordon B. Davis

Pengertian informasi menurut Jordon B. Davis ialah data yang telah diproses menjadi sebuah bentuk yang penting bagi penerima informasi dan nilai yang nyata serta bisa dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang atau masa yang akan datang.


4). Kusrini

Informasi menurut Kusrini ialah data yang telah diproses menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.


Ciri-ciri Informasi

Berikut dibawah ini Ciri-ciri Informasi yaitu :


1). Akurat

Akurat adalah informasi yang diberikan memang sesuai dengan kejadian yang sebenarnya atau fakta. Cara mengecek apakah sebuah informasi termasuk akurat atau tidak sebenarnya cukup gampang. Minta dua orang atau lebih untuk melakukan pengujian. Jika hasilnya sama maka informasi tersebut dapat dipastikan akurat.


2). Tepat Waktu

Informasi tidak bisa terlambat untuk disampaikan. sebab biasanya informasi mempunyai jangka waktu tersendiri.


3). Relevan

Informasi yang ditunjukan harus sesuai dengan permintaan penerimanya. contohnya seperti : menyampaikan bahaya narkoba pada kalangan remaja, menyampaikan informasi pemenuhan gizi kepada setiap ibu hamil dll.


4). Lengkap

Jangan sampai salah, informasi juga harus disampaikan secara lengkap, tidak bisa sebagian saja. sebab informasi yang tidak lengkap dapat menimbulkan salah paham serta mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan.


Fungsi Data

Suatu data tentunya mempunyai beberapa fungsi atau manfaat, fungsi data tersebut antara lain:


1). Sebagai dasar perencanaan

Adanya data yang valid maka seseorang atau suatu organisasi bisa membuat perencanaan atas dasar data yang telah dimilikinya. sebab data-data tersebut berisi tentang suatu fakta terkait kejadian yang perlu dianalisis dengan benar.


2). Alat pengendali suatu aktivitas

Kenapa data berguna sebagai alat pengendali? sebab dengan adanya data yang real atau asli dan benar, maka bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam menjalankan atau mengendalikan suatu aktivitas, hal ini tentunya untuk meminimalis jalanya aktivitas dari ketidaksesuaian visi dan misi yang sudah ditetapkan.


Fungsi Informasi

Ada pun fungsi Informasi ialah sebagai berikut


1). Menambah pengetahuan

]Informasi sebenarnya sangat bermanfaat sebab membuat seseorang jadi mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak ia ketahui.


2). Mengurangi informasi yang tidak pasti

Informasi dapat membantu kita untuk mengetahui secara pasti apa yang sedang terjadi. Contohnya seperti informasi tentang perekrutan CPNS pada bulan Agustus. Informasi ini sangat membantu para pelamar kerja sebab mereka jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan serta mengajukan surat lamaran CPNS.


3). Mengurangi resiko kegagalan

Karena informasi dapat memberikan prediksi tentang apa yang akan terjadi, hal ini akan membantu kita dalam mengantisipasi resiko dan bahaya tertentu. Contohnya sperti di televisi menampilkan informasi tentang gempa yang dapat berpotensi tsunami. Para korban gempa yang mengetahui informasi tersebut bisa segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.


4). Memberi standar tertentu

Informasi juga berguna untuk memberi standar atau acuan tertentu sehingga keputusan yang diambil dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Contohnya seperti informasi tentang syarat pengajuan calon kepala daerah. Hal ini akan membantu dalam proses pemilihan kepala daerah agar sesuai dengan standar serta tujuan yang telah diterapkan sebelumnya.


Persamaan Data dan Informasi

  • Memberi Laporan Penting

Data dan informasi memiliki kesamaan dalam memberi sebuah laporan kepada seseorang atau banyak orang. Demikian juga, isinya telah diberitakan atau disampaikan. Data dan posisi informasi sama pentingnya dan harus dalam arsip. Baik data dan informasi adalah laporan yang diperlukan dalam dunia pendidikan, kerja, usaha dan banyak lagi.

  • Memudhkan Kelangsungan Kegiatan

Kedua hal ini yaitu data dan informasi memiliki kesamaan lain dalam hal kemudahan. Saat seseorang atau kelompok menerima data dan informasi, akan ada laporan yang masuk dan dapat diterapkan. Oleh karena itu ada kegiatan yang lebih mudah dilakukan karena telah menerima laporan yang telah diserahkan.


Perbedaan antara Data dan juga Informasi

Berikut dibawah ini perbedaan antara Data dan Informasi


1). Data

  • Data tidak mempunyai makna apapun
  • Data bisa berbentuk fakta, rincian dan juga segala bentuk pengamatan empiris (observasi dan wawancara) terhadap sebuah peristiwa
  • Bagi orang awam, data tidak bisa dimengerti maksudnya

2). Informasi

  • Informasi telah mempunyai sebuah makna tertentu
  • Informasi ialah data yang telah diproses dengan menggunakan beragam teknik tertentu
  • Bagi orang awam, pada saat membaca suatu informasi, maka mereka sudah bisa memahami arti dari informasi tersebut.

Contoh Data dan Informasi


Contoh Data

  • Seorang akuntan yang mengeluarkan laporan keuangan akan melihat riwayat transaksi perusahaan. Riwayat transaksi perusahaan merupakan data karena tidak mempunyai masalah sebelum diproses.
  • Ketika kita mengambil data menggunakan kuesioner, hasil evaluasi pada kuesioner dan juga hasil dari kuesioner selesai adalah data. Kuesioner tidak memiliki arti jika mereka tidak diproses terlebih dahulu.
  • Karyawan X masuk hanya 10 hari dalam sebulan, itu juga merupakan data, tapi terkadang itu disalah artikan dengan informasi.

Contoh Informasi

  • Pengolahan data keuangan kantor akan bermanfaat setelah diproses. Informasi yang diterima, seperti keuntungan, kerugian, dan segala bentuk transaksi keuangan, bermanfaat ketika data keuangan diproses menjadi laporan keuangan.
  • Kueseioners yang berfungsi sebagai data diproses menggunakan metode tertentu yang memberikan hasil, baik diterima atau ditolak hipotesis, sehingga bermanfaat bagi para peneliti atau lingkaran lain
  • Dalam proses penyidikan dan investigasi polisi, data menemukan dan juga fakta yang diproses dan dianalisis di tempat, sehingga menjadi informasi yang berguna untuk mengungkap siapa pelaku, tersangka dan juga orang yang bertanggung jawab atas kejahatan Pidana.

Demikianlah artikel tentang Perbedaan Data dan Informasi : Pengertian, Menurut Para Ahli, Ciri, Fungsi, Persamaan, Contoh dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   Kerajaan Banten

Lihat Juga:   √Animasi Adalah

Lihat Juga:   Pengertian Pantun Adalah

Lihat Juga:   √Biosfer Adalah